Laporkan Penyalahgunaan

Pengikut


About

Hidup bukan tentang seberapa panjang usia kita, namun seberapa bermanfaatnya hidup kita di dunia. Karena perjalanan setelah kehidupan dunia, jauh lebih panjang dan abadi.

Ayah, Ibu, Gendong Anakmu

Untuk orang tua, tentu sering mendapati anaknya batuk pilek bukan? Bahkan tak jarang, orang dewasa di sekitarnya ikut tertular. Melihat kondisi anak yang tengah malam tak bisa tidur karena batuk atau sepanjang hari beringus dengan dahak yang tak bisa keluar, tentu membuat hati tak tega dibuatnya. Jadilah si anak dilarikan ke rumah sakit saat itu juga.

Nasihat untuk para ibu tangguh, jangan lupa bahwa common cold (flu atau demam batuk pilek) adalah infeksi virus yang tentunya tidak membutuhkan antibiotik. Pahami juga, bahwa demam batuk dan pilek adalah suatu gejala, bukan penyakit. Itulah kenapa, anak demam tidak perlu buru-buru diberikan obat penurun panas. Cukup berikan air putih/air kelapa untuk minumnya sebagai penambah cairan, karena semakin tinggi demam anak resiko dehidrasi semakin tinggi. Obat penurun panas sebaiknya diberikan ketika anak sudah tidak nyaman atau rewel dengan kondisinya.

Nyatanya, tidak ada anak yang tidak rewel ketika kurang enak badan. Nangis semalaman, tidak mau makan, bahkan muntah sering didapati orangtua ketika suhu tubuh anak tinggi. Ketika anak-anak dibawa ke dokter, sebagian besar dokter akan memberikan antibiotik dan obat penurun panas setelah mendengar penuturan sang ibu, padahal obat tersebut justru akan berdampak kerusakan pada hati dan sistem pencernaan anak jikan diberikan dalam dosis tertentu. Ketika anak dalam kondisi tersebut, sebaiknya orangtua tidak panik.

Anak-anak memang belum bisa membuang dahak seperti orang dewasa. Kental atau encer, dahak akan tertelan juga dan tidak akan masuk saluran pernafasan. Obat terbaik ketika anak mengalami common cold adalah sabar dan menggendong.

Ketika orang dewasa (orang tua) menggendong anak, terjadi kegiatan skin to skin. Dimana hal ini mengakibatkan terjadinya perpindahan suhu tubuh melalui sentuhan kulit. Terlebih lagi, anak akan merasa nyaman ketika berada di gendongan orang tua dan merasakan pelukannya. Menggendong anak semalaman tentu menjadi kewajiban yang harus dihadapi setiap orang tua. Ayah dan ibu atau anggota keluarga yang lain bisa bergantian menggendongnya.

Janhan buru-buru memberikan anak kita obat-obatan, kenali dulu setiap gejala yang dialami dan jadilah orang tua pembelajar.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Related Posts

Posting Komentar

Pengikut