2048: GAME GRATIS NAN EDUKATIF

Suka main puzzle? Sudah pernah menggunakan 2048?
Mari berkenalan sebentar dengan 2048. Sebuah game gratis yang dirilis pada 9 Maret 2014 oleh seorang pemuda pengembang web Italia berusia 19 tahun, bernama Gabriele Cirulli. 2048 adalah sebuah sebuh game yang harus diselesaikan dengan cara menggeserkan kotak-kotak bertuliskan angka tertentu ke kanan, kiri, atas maupun bawah. Setiap kotak yang bertemu angka sama, otomatis akan menjumlahkan dang menghasilkan angka baru. Permainan akan terus berlangsung sampai pemain menghasilkan 2048 pada papan permainannya.
Untuk pemain yang sudah berhasil menghasilkan 2048, maka permainan akan tetap berlangsung dengan menghasilkan angka-angka melebihi 2048. Permainan juga otomatis akan berhenti (game over) ketika kotak-kotak pada papan permainan sudah tidak bisa digeser ke 4 arah tadi.
clip_image001
2048 hadir dalam beberapa mode, seperti 3x3, 4x4, 5x5, 6x6, dan 8x8. Saya sendiri lebih suka dengan mode 8x8, karena lebih banyak angka dan waktu bermainnya lebih lama (termasuk kemungkinan menangnya).




Saya memainkan game gratis ini, sudah sejak 2014 lalu ketika masih menjadi mahasiswa. Beberapa kali sempat hapus dan pasang kembali, game ini ternyata tidak pernah membuat saya bosan, malah cenderung kecanduan. Game ini mampu membuat pemainnya menghabiskan waktu dnegan baik, karena tidak saja bermain, namun pemain juga menggunakan akalnya untuk menyelsaikan permainan.
Jelas, selain menyenangkan game ini tentunya edukatif.
Lalu, apakah 2048 ini memiliki manfaat seperti puzzle pada umumnya?
Puzzle adalah sebuah permainan bongkar pasang yang sudah ada sejak abad 18. Dalam perjalanannya, secara manfaat puzzle diyakini sebagai salah satu permainan yang edukatif. Selain mengasah memori dan meningkatkan kemampuan problem solving, manfaat lainnya adalah untuk mengasah kemampuan visuospasial dan koordinasi antar mata dan tangan.
Mengasah Kemampuan Visiospasial. Visuospasial sendiri adalah suatui kemampuan untuk menganalisa dan menghubungankan ruang-ruang. Karena mata terbiasa melihat bentuk, warna dan ruang. Sama halnya di 2048, mata kita akan dilihatkan pada warna-warna yang berbeda pada papan permainannya juga angka-angka yang tercetak di atasnya. Ketika melihat sekumpulan angka dengan warna yang berbeda, maka otak akan terkoordinasi untuk menggerakkan kotak dengan angka yang sama.
Koordinasi Antar Mata dan Tangan. Ketika bermain puzzle, sudah dipastikan jika yangbekerja lebih banyak adalah mata dan tangan. Untuk 2048 sendiri, kita pun akan melakukan hal yang sama. Dimana mata melihat kotak bertuliskan angka, dan tanga meresponnya dengan menggesernya ke arah kotak yang bernomor sama.
Ternyata, 2048 pun memiliki manfaat yang sama seperti puzzle pada umunya.
Selain konsep, tampilan yang diusung pun cenderung sederhana. Sehingga mengoptimalkan perangkat dan menunjang kesan responsifnya (perpindahan anatar kotak). Selain itu, kita tak perlu mencari menu save, karena permainan akan otomatis tersimpan ketika keluar dari aplikasi.
Diperbarui terakhir pada 2018, game ini memiliki menu undo untuk gerakan terakhir. Jadi memungkinkan kita untuk memperbaiki gerakan kotaknya. Kemudian bagian Daftar Tertinggi, adalah bagian dari permainan yang menampilkan seluruh nilai kita dalam kurun waktu tertentu. Untuk saya sendiri, adanya bagian ini cukup memotivasi untuk menambah nilai.
Beberapa orang mungkin akan merasa kesusahan ketika pertama kali memainkan permainan ini. Namun, ketika sudah menikmatinya, mungkin mereka pun akan selalu ingin memainkannya, itulah mengapa kemudian beberapa pemain 2048 menyebut, jika ini adalah game adiktif. Tidak menepis kenyataan, bahwa di internet sangat mudah ditemui video-video yang berisi tentang how to hack 2048. Tapi, sebagai pemain 2048, saya tidak menyarankan untuk mengaplikasin video tersebut. Karena selain menghilangkan kesan tantangan, tentu rasa senang dan puas ketika menghasilkan 2048 akan terasa biasa saja.
image
Lalu, berbicara tentang kekurangan dari game ini. Mengingat bahwa 2048 adalah sebuah game gratis, maka adanya iklan menjadi sebuah kewajaran (kerana memang juga tidak terlalu mengganggu). Karena untuk kapasitasnya penyimpanannya pun terbilang kecil, sekitar 6 MB saja.
Demikianlah review saya tentang 2048. Pada dasarnya, 2048 adalah sebuah game gratis yang tidak hanya menyenangkan namun juga mengedukasi pemainnya. Bukan sekedar menghabiskan waktu, namun juga ada perhitungan matematika yang harus diselesaikan, serta pengembangan soft skill yang juga ikut terasah. Namun sekali lagi, tetap perlu dibatasi durasi penggunaan ponselnya. Silakan dicoba dan selamat menikmati pengalaman baru dalam menyelesaikan puzzle.

#odopBATCH6 #nonfiksi #bukareview #2048



















Posting Komentar

0 Komentar