Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Internet Provider yang Responsif untuk Pekerja Digital

Internet provider bagi pekerja digital sepertiku adalah sesuatu yang sangat penting. Karena semua pekerjaan aku lakukan secara daring, maka jaringan internet yang cepat dan stabil adalah modal utama.

Namun, ketika menggunakan internet provider tentulah harus tahu juga bagaimana respon mereka terhadap berbagai masalah yang dikeluhkan pelanggan? Benar, kan?
 
internet provider
Source : canva.com


Coba dibayangkan saja, ketika tengah menyelesaikan satu pekerjaan tiba-tiba jaringan internet terputus atau bahkan macet di tengah jalan? Siapa coba, yang nggak emosi? :(

Jika sudah begini, maka satu-satunya tujuan kita adalah menghubungi layanan pelanggan internet provider tersebut. Yap. Bagiku, internet provider yang solutif dan gercep adalah paket lengkap untuk jaringan internet yang cepat, ya.

Tips Memilih Internet Provider yang Responsif dan Solutif

Ada beberapa cara memilih internet provider yang menurutku nggak akan buat kita merasa “bagai mengambil kucing dalam karung” (hahaha). Yuk kita tengok aja, ya.

Ketahui Sepak Terjang Provider

Sebelum memilih internet provider, pastikan teman-teman sudah melakukan riset tentang penyedia tersebut. Terlebih lagi, bagaimana cara mereka mengatasi berbagai masalah pelanggan.

Saat ini, hampir semua penyedia internet provider sudah memiliki website resmi. Jadi, teman-teman bisa mengumpulkan informasi dari sana.

Sedangkan untuk informasi yang lebih meyakinkan, cobalah bertanya pada teman atau saudara yang telah lebih dulu menggunakan jaringan tersebut.

Memiliki Layanan Komunikasi yang Mudah Dijangkau

Di era digital ini, membuat kita harus melakukan banyak hal secara cepat. Termasuk juga dalam mencari informasi.

Layanan internet provider yang mudah dijangkau, tentu akan memudahkan pelanggan untuk mengadukan berbagai kendala. Mudahnya menjangkau layanan komunikasi juga sebanding dengan cepat tersampaikannya keluhan.

Selain menggunakan website, kita juga bisa menggunakan media sosial penyedia internet provider untuk menyampaikan keluhan dan mengamati bagaimana mereka merespon berbagai keluhan dari pelanggannya.

Layanan Pelanggan dan Pengaduan User Friendly

Yang dimaksud dengan user friendly adalah mudahnya pelanggan menggunakan media digital tersebut. Layanan yang user friendly tentu memudahkan pelanggan untuk melakukan monitoring terhadap pengaduan yang disampaikannya.

Salah satu internet provider yang menurutku memiliki hal-hal tersebut adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.

Responsible dan Utamakan Pelanggan, adalah Keharusan


cara lapor gangguan IndiHome
Source : CNBC Indonesia


IndiHome telah menunjukkan adaptasinya yang mumpuni di tengah berbagai inovasi digital. Menjangkau banyak pelanggan sampai pelosok Indonesia, menjadikan ruang digital salah satu media terbaik untuk membangun komunikasi dengan para pelanggan.


Lapor Gangguan IndiHome Kemana?

Ada beberapa kanal yang disediakan IndiHome untuk menyampaikan keluhan secara langsung, antara lain :

Live Chat

Media ini membantu kita untuk berkomunikasi secara langsung dengan Indita, yaitu personal assistant yang membantu menyelesaikan masalah kita.

Call Center/Email

Ada masalah yang sangat mendesak? Maka menghubungi call center adalah solusi terbaik. Ketika teman-teman menghubungi nomor pusat (147), jangan lupa untuk menambahkan nomor kode area daerah kita, ya.

Namun untuk beberapa kondisi, teman-teman juga bisa menggunakan kanal email untuk menyampaikan pengaduan tertulis secara digital.

IndiHome Care

IndiHome Care adalah salah akun media sosial milik IndiHome yang secara khusus dibuat untuk mengelola berbagai masalah konsumen melalui aplikasi Instagram.

Kehadiran layanan aduan berbasis media sosial ini tentu saja memudahkan pelanggan yang memiliki keterbatasan tertentu. Selain IndiHome Care di Instagram, IndiHome juga hadir di berbagai media sosial lainnya, yakni Facebook dan Twitter.

Plasa Telkom

Teman-teman lebih suka bertatap muka secara langsung untuk menyampaikan masalah? Silakan coba berkunjung ke Plasa Telkom. Tempat ini tentu saja berada di gedung Telkom Indonesia.

Nantinya, setelah selesai membuat laporan terkait masalah internet, pihak teknisi akan datang ke lokasi kita untuk mengecek atau memperbaiki perangkat kerasnya.

my IndiHome

my IndiHome merupakan pilihan terakhir bagi kita pelanggan IndiHome yang ingin melaporkan berbagai kendala. Berbeda dari media-media sebelumnya, my IndiHome ini bisa kita unduh dan instal di gadget karena berbasis aplikasi.

Berkat navigasi website IndiHome yang mudah dan sederhana, kita akan dengan mudah mengakses berbagai media tersebut, seperti live chat, my IndiHome maupun lokasi Plasa Telkom.

Jika kita lihat bersama dari berbagai platform pengaduan yang disediakan IndiHome sebagai internet provider terpercaya di Indonesia, maka terlihat bagaimana usaha mereka memberikan pelayanan yang terbaik untuk mengatasi masalah-masalah konsumen.

Bagi pekerja digital sepertiku, aku sangat terbantu dengan banyaknya pilihan platform pengaduan digital tersebut. Karena pengaduan bisa aku sampaikan ke IndiHome secara langsung tanpa harus meninggalkan rumah dan menghabiskan waktu di jalanan.


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

53 comments for "Cara Memilih Internet Provider yang Responsif untuk Pekerja Digital"

deamerina March 6, 2023 at 11:06 AM Delete Comment
Sekarang lapor gangguan bisa lebih mudah dengan aplikasi my IndiHome ya. Jadi nggak perlu bingung lagi 😁
Hallowulandari March 6, 2023 at 3:43 PM Delete Comment
betul banget, aku yang klo kerja ga bisa lepas dari internet, ngerasain banget merasa sangat-sangat terganggu klo internetnya bermasalah. Enak yaa bantuan keluhan IndiHome ada banyak channel, jadi bisa lapor dari mana aja
Sabrina March 6, 2023 at 6:51 PM Delete Comment
saya sebagai pengguna IndiHome memang IndiHome ini sangat powerful membantu saya bekerja. semuanya menjadi lancar dan pernah kejadian mati jaringannya gara-gara kabelnya putus pas ujan deras, pas kita call petugasnya langsung datang sigap banget
Yonal Regen March 7, 2023 at 5:57 AM Delete Comment
Banyak cara untuk menghubungi IndiHome apabila terjadi gangguan. Para pelanggan pastinya senang dengan ragamnya cara IndiHome melayani demi kepuasan kita sebagai penggunanya
Bambang Irwanto March 7, 2023 at 10:23 AM Delete Comment
Namanya perangkat, pasti suatu ketika akan bermasalah ya, Mbak. Dan kerennya sudah ada aplikasi MyIndiHome nih. Jadi begitu ada gangguan, langsung kontak saja. Enaknya sekarang bisa lewat aplikasi. jadi lebih cepat.
Han March 7, 2023 at 1:42 PM Delete Comment
Bersyukur sekarang tuh ada internet cepat yang bisa diakses dari rumah sekalipun, cari kerja jadi lebih mudah, dan efektif waktunyaaa.. bahkan job fair pun skrg bisa diakses online ya kak
Fatimah Aqila March 7, 2023 at 3:40 PM Delete Comment
Bener banget, aku sih suka banget sama layanan pengaduan IndiHome ini. Karena, kalau internet di rumah bermasalah mereka gercep langsung respon sih sepengelamanku selama ini.
Didik Purwanto March 7, 2023 at 5:38 PM Delete Comment
Internet jadi kebutuhan wajib pekerja digital ya kak. Soalnya ini menyangkut browsing2 hingga kirim2 ke klien. Kalo internet cepat dari IndiHome pasti ngebut banget tuh. Apalagi ini bisa pantau pemakaian, daftar, pembayaran hingga komplain di satu aplikasi. Kereen.
Fenni Bungsu March 7, 2023 at 6:42 PM Delete Comment
Nah itu memang gak enakin kak, lagi asik kerja terus internetnya ngadat. Pasti mengesal dirasa. Makanya internet cepat ini bisa jadi solusinya
Hamimeha March 7, 2023 at 8:17 PM Delete Comment
aku jadi teringat saat masuk ke layanan indiHome di Surabaya, masya ALlah nayman banget ruangannya dan pelayanannya itu juga oke. AKu berasa di rumah sendiri lho saking nyamannya dan emang bener akupun membuktikan hingga dua kali pasang wifi di rumah pakai IndiHome semua
Happy Hawra March 7, 2023 at 8:53 PM Delete Comment
user friendly penting banget sih buat aku, karena kalau udah gak nyaman ruwet rasanya wkwk
Yuni Bint Saniro March 7, 2023 at 9:19 PM Delete Comment
Asli sih. Rasanya tuh emang nggak enak pas lagi asyik kerja eh ternyata internetnya ngadat. Sebel. Kayak pingin banting laptop. Tapi masih sayang. Hehehe
Ayu Natih Widhiarini | natih.net March 7, 2023 at 9:42 PM Delete Comment
aku sekarang bisa dibilang sudah ketergantungan sama internet, karena apa-apa memang perlu internet untuk mempermudah pekerjaan
Dee_Arif March 7, 2023 at 10:05 PM Delete Comment
wah iya, pekerja digital itu sangat membutuhkan akses internet cepat
biar apa? biar pekerjaannya bisa diselesaikan dengan baik dan sesuai deadline
Wahyuindah March 7, 2023 at 10:12 PM Delete Comment
Banyak juga ya fasilitas IndiHome. Pantas jadi provider idaman. Internetnya kencang dan jaringannya juga luas
Wahyu Eko C March 7, 2023 at 11:30 PM Delete Comment
betul, turut merasakan juga pentingnya kehadiran internet sebagai seorang pekerja digital
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist March 8, 2023 at 5:13 AM Delete Comment
Internet memang selalu jadi kebutuhan pokok dan saya memilih beli kuota daripada menuhin lemari sama baju
Yonal Regen March 15, 2023 at 4:20 PM Delete Comment
Penting banget ya Kak Yun internet ini untuk kerjaan kita. Pokoknya klau punya jaringan internet yang cepat dan stabil, kerjaan lancar hatipun tenang, ya
Fenni Bungsu March 15, 2023 at 7:47 PM Delete Comment
Jadi kebutuhan penting ya internet di jaman now. Oleh karenanya memang perlu yg mendukung dan stabil jaringannya
Kanianingsih March 15, 2023 at 10:06 PM Delete Comment
kalau IndiHome sih memang sudah tidak diragukan ya kualitas internetnya, karena produk Telkom Indonesia yang pengalamannya sudah banyak di bidang telekomunikasi
Nurul Fitri Fatkhani March 16, 2023 at 9:24 AM Delete Comment
Setuju Mbak, pekerja digital seperti kita memang butuh jaringan internet yang cepat.Membantu sekali supaya kerjaan kita lebih cepat dan efisien yaa..
Sebagai pengguna IndiHome saya juga terbantu banget dengan jaringannya yang lancar
atiq - catatanatiqoh March 16, 2023 at 10:43 AM Delete Comment
seneng nih kalau ada jaringan internet yang cepat dan stabil, apalagi indihome nih, dari jaman pertama langganan sampai sekarang, jarang banget ada keluhan atau gangguan, mantap deh
Allaely Hardhiani March 16, 2023 at 11:52 AM Delete Comment
Untuk jangkauan, IndiHome emang juaranya. Sudah sampai pelosok Indonesia. Dan sebagai pekerja digital, internet cepat dan stabil adalah keharusan. Paling males, kalau lagi ada deadline dan butuh koneksi internet yang cepat dan stabil tapi malah lemot dan eror.
Nabilla DP March 16, 2023 at 3:04 PM Delete Comment
betul ya yang namanya internet cepat itu udah pasti mendukung pekerjaan kita di dunia digital. banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, apalagi sudah ada indihome dengan myindihome dan program lainnya
Sugianto March 16, 2023 at 3:44 PM Delete Comment
Wah betul sekali, Kak untuk memilih internet provider butuh banyak pertimbangan, dan paling penting juga itu fast respon saat ada laporan. Beruntung ya IndiHome sekarang sudah aa aplikasi myIndiHome yang bikin makin mudah dijangkau pelanggan
Arai Amelya March 16, 2023 at 7:18 PM Delete Comment
Yak, sebagai pengguna IndiHome angkatan senior (sejak Speedy), aku bisa bilang sih kalau IndiHome emang ngebantu banget aktivitas digitalku. Apalagi sejak resign dari budak korporat dan fokus freelance gini, internet kalau ngga yahud ya bakal bermasalah tuh kegiatan online-nya. Cocok sih IndiHome jadi teman para digital nomad
Han March 16, 2023 at 8:52 PM Delete Comment
paling kesel dan emosyiii banget sih kalo lagi kerjaa on fire terus internetnya kayak keong wkwkwk itu jadi bad moment dan akan bikin bete seharian hahaha untungnya selama kerja pakai IndiHome terselamatkan dari bad moment hahaha
Witri Prasetyo Aji March 16, 2023 at 9:05 PM Delete Comment
Sebelum menggunakan internet cepat dari IndiHome, pernah ngerasain banyak kerjaan tapi akses internet lambat dan jujur yaaa emosi banget. Padahal dikejar deadline.
Ria Nugros March 16, 2023 at 9:35 PM Delete Comment
IndiHome sih udah yakin pasti bagus kenceng internetnya, produk Telkomsel biasanya pasti memuaskan
Eko Prasetyo March 16, 2023 at 10:21 PM Delete Comment
IndiHome sih juaranya internet cepat kak.
Tapi saya selalu pilih provider yang gacor, murah dan live chat 24jam biar kalau ada kendala langsung di respon / ditangani.
Erin Herlina March 16, 2023 at 11:14 PM Delete Comment
Sebagai pekerja digital memang gak bisa sembarangan nih menggunakan provider internet. Harus memiliki layanan terbaik dan akses yang mudah seperti IndiHome yang sekarang sudah ada aplikasinya myIndiHome.
lendyagassi March 17, 2023 at 4:29 AM Delete Comment
Terbantu sekali dengan adanya internet cepat dari IndiHome.
Dan kini gak perlu risau karena pelayanannya pun sangat memuaskan.
Lita Lestianti March 17, 2023 at 5:11 AM Delete Comment
Kalo mau komplen pilihannya banyak. Jadi enak nggak merasa di-php-in dan bisa cepat teratasi..
R Palupi March 17, 2023 at 6:36 AM Delete Comment
Betul banget mbak. Tapi alhamdulillah di tempatku IndiHome jarang banget terjadi gangguan.
Nengsi March 20, 2023 at 3:22 PM Delete Comment
Betul banget! Wajib hukumnya memperhatikan kredibilitas provider yang bakal kita pilih. Karena kalau salah, nanti bakal menggangu pekerjaan kita. Tau sendiri, kan. Sekarang apa-apa mesti make internet cepat. Dan Indihome adalah provider tepat untuk kita pilih😊
lendyagassi March 20, 2023 at 8:56 PM Delete Comment
Ada banyak banget internet provider di zaman sekarang. Tapi yang memberikan kenyamanan dengan Lapor Gangguan IndiHome, ini hanya IndiHome yang sangat responsif dan bisa dihubungi melalui berbagai cara. Sangat efisien dan memudahkan.
Lintang March 20, 2023 at 11:11 PM Delete Comment
Aku pernah juga gangguan IndiHome ya kan. Aku langsung masuk aplikasi buat pengaduan. Eh responnya gercep, sorenya ada teknisi datang ke rumah buat maintenance lho.
Hastin Pratiwi March 20, 2023 at 11:18 PM Delete Comment
Nah, iya Mbak... Salah satu poin penting yang jadi pilihanku saat memilih provider internet adalah kecepatan layanan pelanggannya.
IndiHome numero uno deh soal ini.
Diaz Bela March 21, 2023 at 5:22 AM Delete Comment
Memang sekarang internet itu krusial banget ya dimiliki oleah seluruh lapisan masyarakat. IndiHome selalu menyediakan kualitas internet yang OKE sih menurutku
hani March 21, 2023 at 8:52 AM Delete Comment
Aku pernah ngalamin nih, IndiHome engga nyambung, error. Telepon 147 lama responnya, ternyata lewat twitter cepet. Langsung ada petugas, ternyata harus ganti alat (lupa namanya). Beres deh...wuz-wuz lagi. Apalagi sekarang ada WA dan aplikasi, makin cepet deh layanannya...
ANGGITA RAMANI March 21, 2023 at 10:26 AM Delete Comment
Aku juga ngga bisa lepas dari internet karena ya pekerjaan freelance yang aku jalani membutuhkan internet. Aku juga pakai IndiHome di rumah, kalau ada trouble seperti pernah kena gangguan sinyal dulu gampang laporinnya lewat live chat di aplikasi MyIndiHome
Aldhi Fajar March 21, 2023 at 11:12 AM Delete Comment
Jaman sekarang pekerjaan lebih didominasi dengan koneksi internet, karena memang era digital ini semua akan online pada waktunya. Internet kencang dan stabil macam IndiHome jadi ngebantu banget semua profesi
Sabrina March 21, 2023 at 1:05 PM Delete Comment
Saya juga di rumah menggunakan paket internetd ari IndiHome pastinya sangat terbantu dengan adanya internet IndiHome ini karena sangat cepat dan stabil
Nabilla DP March 21, 2023 at 1:26 PM Delete Comment
enaknya indihome itu karena jaringannya luass dan ada di banyak tempat. harganya juga bisa terbilang kompetitif ya apabila dibandingkan dengan yang lain juga
Han March 21, 2023 at 5:16 PM Delete Comment
Bener banget mb, bahkan menjangkau desa desa yaa skrg ini, jadi mereka yang di desa pun bisa ngerasain digitalisasi
Tukang Jalan Jajan March 21, 2023 at 7:48 PM Delete Comment
Kalau internet lancar dan cepat, semua pekerjaan dirumah jadi bisa dikerjakan dengan cepat dan pasti bakalan memudahkan juga buat pekerja digital dirumah
atiq - catatanatiqoh March 21, 2023 at 8:08 PM Delete Comment
bener nih buat para pejuang content di dunia digital, internet cepat dan stabi adalah kunci hehe
Shyntako March 21, 2023 at 9:37 PM Delete Comment
internet cepat itu adalah koenci sukses jaman now yaa, semua serba digital skrg jd memang internet cepat sdh jd kebutuhan tersendiri
Ranggi's Travel Story March 21, 2023 at 11:23 PM Delete Comment
Internet sdh menjadi hal yang tidak bisa lepas dr jenjang manapun (anao.rrmaja ortu)

Bismilpah yaaa.tmnmu dpt.gratisan ayooo


Ayah Ugi March 22, 2023 at 12:07 AM Delete Comment
Menjadi catatan paling penting selain melihat jangkauan adalah melihat bagaimana portofolio dari provider itu sendiri ya, Kak
Damar Aisyah March 22, 2023 at 4:04 AM Delete Comment
Alternatif layanan aduan yg bervariasi dan user friendly ini penting banget untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.
Yuni Bint Saniro March 22, 2023 at 5:22 AM Delete Comment
Aku setuju. Apalagi kalau pekerja digitalnya dikejar deadline. Sementara internetnya lemot tuh emang sangat menyebalkan sekali. Plus customer care yang sulit dihubungi.
Nengsi March 24, 2023 at 5:27 AM Delete Comment
Internet memang tidak bisa dilepaskan sih dari para pekerja digital. Udah jadi salah satu kebutuhan primer. Internet yang bayarannya murah, namun lancar..