Nimas

Camping Bersama Anak Di Camping Ground Umbul Sidomukti


Sebenarnya, rencana untuk camping bersama anak sudah ada sejak tahun lalu. Namun karena pandemi, tentu saja ini sangat membuat saya bimbang.

Tentu saja kami punya alasan kenapa ingin mengajak anak kami yang berusia dua tahun ini camping. Salah satunya karena ingin membawanya ke lingkungan yang baru dan lebih dekat dengan alam.

camping bersama anak

Kami jarang sekali membawa anak ke playground, rasanya baru sekali dia main di sana. Membawanya ke tempat-tempat yang terbuka jauh lebih menyenangkan buat anak kami. Benar, karena di bisa eksplor jauh lebih banyak.

Nah kebetulan, awall tahun ini, rencana berlibur ke camping ground ini terwujud tanpa sengaja. Tentu saja saya sangat excited. Begitu dikabari suami, tanpa pikir panjang langsung mengiyakan undangan tersebut hahahaha.

Karena ini adalah pengalaman pertama kami bermalam di camping ground, di alam terbuka, maka ada beberapa persiapan yang jauh-jauh hari kami persiapkan. Berikut ini ada beberapa tips ketika mengajak anak berlibur di camping ground. Cek ulasan di bawah ya!

Tips Asik Camping Bersama Anak

Mengumpulkan informasi terkait camping ground tujuan

Begitu dapat informasi tentang camping ground yang akan dituju, maka saya otomatis langsung mencari informasinya. Ketika tahu tujuannya, semakin tidak sabar untuk segera berangkat hahaha.

Beberapa hal yang cukup saya perhitungkan adalah lokasi kamar mandi, keamanan, hingga berbagai fasilitas pendukung camping ground seperti layanan katering.

Ketersediaan tenda juga bisa teman-teman pertimbangkan, loh. Apakah sudah termasuk fasilitas pengunjung atau perlu menambah biaya penyewaan lagi. Beruntungnya, camping ground kami sudah satu paket dengan tenda.

umbul sidomukti bandungan

Bawa perlengkapan selengkap mungkin

Karena kami membawa anak berumur dua tahun, maka bisa dibilang perlengkapan yang dibawa cukup banyak. Namun, sekali lagi kami cukup tertolong karena ada beberapa barang yang sudah disediakan oleh pengelola.

Beberapa barang yang perlu dibawa untuk camping bersama anak, tapi kebetulan tidak kami bawa antara lain : matras, sleeping bag dan tentu saja tenda.

Perlengkapan camping bersama anak

Baju hangat, jaket

Tentu saja ini perlengkapan yang cukup penting, ya. Terlebih kami kemarin bermalam ketika sudah masuk musim penghujan.

Selain baju dan jaket, teman-teman juga bisa membawa celana ganti. Cobalah membawa celana yang nyaman untuk anak-anak, sebaiknya memang tidak memilih yang berbahan jeans ya.

Stok baju ganti dan pakaian dalam

Baik datang ketika musim penghujan ataupun tidak, memang sudah seharusnya kita membawa stok baju ganti yang cukup. Bahkan tidak ada salahnya, untuk melebihkan stok ganti.

Karena kita semua tahu, anak-anak ini masih sering dan sangat suka melakukan hal-hal yang cukup mengejutkan, bukan? Hahaha

Selain baju ganti, teman-teman juga perlu membawa popok yang jumlahnya sedikit lebih banyak dari hari biasa. 

Sepatu, kaos kaki, topi dan sandal

Sebenarnya tidak masalah jika hanya membawa salah satunya saja. Namun yang harus tetap dibawa adalah kaos kaki, sih.

Penerang tambahan

Penerangan tambahan yang bisa teman-teman bawa seperti senter atau head lamp. Tapi, kebetulan kami memang tidak bawa hahaha. Sengaja tidak membawa lebih tepatnya.

Alat mandi

Karena camping ground tujuan kami ada fasilitas kolam renang dan berencana untuk berenang, maka membawa peralatan mandi adalah sebuah keharusan.

Usahakan juga untuk membawa dengan ukuran travel pack atau seringkas mungkin, ya. Sebaiknya memang tidak membawa barang-barang dalam ukuran besar.

Minyak telon, minyak balur atau sejenisnya jangan sampai lupa. Ini cukup membantu menghangatkan tubuh anak dan orang tuanya juga.

Buku bacaan dan mainan kesukaan anak

Tentu saja ini adalah senjata ketika anak mulai rungsing. Karena anak kami tidak kenal gadget, maka membawa barang-barang ini adalah sebuah keharusan juga.

Menjaga mood anak

Sebenarnya saya sedikit bingung perlu memasukkan ini ke bagian mana hahaha. Jadi, saya tambahkan di bagian ini saja.

Ini sangat penting dilakukan oleh orang tua, ya. Karena kalau anak sudah tidak mood, maka biasanya orang tua juga akan terbawa suasana, kan? Apalagi ketika anak tantrum. Hmmm.

Jadi, ketika anak sudah menunjukkan gejala penurunan mood, maka bersegeralah untuk membangunnya kembali.

Perlengakapan lain yang juga perlu dibawa adalah obat-obatan pribadi. 

Bawa perbekalan secukupnya

Karena kami dan rombongan tidak menggunakan fasilitas katering dari camping ground, maka membawa perbekalan ini cukup krusial. Namun, perbekalan makan yang kami utamakan adalah kepunyaan anak.

Mengingat dia tidak menyukai beberapa jenis bahan makanan, maka ini kewajiban saya untuk membawakan makanan kesukaan dia.

Terlebih ketika anak-anak kita memiliki alergi tertentu, maka sebaiknya memang membawa perbekalan sendiri.

Bahkan, teman-teman juga bisa membawa nesting dan lain-lain. Kebetulan kami tidak membawa, karena makan memang beli di warung penduduk sekitar camping ground.

Itu adalah beberapa tips camping bersama anak. Jangan khawatir, suhu di tempat camping tidak selalu dingin menyengat kok. Jadi, teman-teman tetap bisa menggunakan pakaian yang tidak selalu tebal.

camping ground umbul sidomukti

Camping Ground Umbul Sidomukti Bandungan, Tempat Camping Yang Sangat Nyaman


Nah, ini dia tempat kami kemarin bersama dengan teman kerja suami. Camping ground umbul sidomukti ini terbilang sudah cukup dikenal di Semarang.

Untuk teman-teman yang tinggal di luar Semarang atau belum pernah ke daerah ini dan penasaran Umbul Sidomukti daerah mana. Umbul Sidomukti berada di daerah Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya tepat sebelum Pondok Kopi Bandungan.

Meski terbilang cukup mudah diakses dengan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya menggunakan maps untuk menuju lokasi.

Tempat bersih

Meski berada di alam terbuka, tapi lingkungan tenda terbilang cukup bersih dan penataannya yang yang rapi. Di beberapa tempat, kita juga akan dengan mudah menemukan tempat sampah.

Tidak hanya area tenda, kamar mandi umumnya juga bersih dan yang paling penting, tidak bau pesing (hahaha). Nah, terkait kamar mandi ini sebenarnya menyesuaikan dengan tenda yang kita pilih

Untuk tenda biasa, teman-teman bisa menggunakan kamar mandi bersama yang letaknya tidak terlalu jauh dari tenda. Kamar mandi ini bersih dan dirawat dengan baik oleh pengelola.

Jika ingin mendapatkan fasilitas kamar mandi pribadi, kita bisa menyewa tenda panggung. Tenda ini memang sedikit lebih mahal, tapi juga sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan. Seperti ruang yang lebih luas dengan beberapa perabot, kamar mandi hingga meja kursi di depan tenda.

tenda camping umbul sidomukti

Harga ramah kantong

Untuk tenda biasa, harga sewa yang dipatok berkisar antara Rp200.000 dengan fasilitas seperti disebutkan di atas, ada matras, sleeping bag, kamar mandi umum dan dapur bersama.

Harga tenda panggung camping ground Umbul Sidomukti ini sekitar Rp400.000. Fasilitas yang bisa teman-teman dapatkan dengan harga tersebut seperti toilet pribadi (letaknya di samping tenda), teko listrik, meja kursi di teras, kasur, bantal dan selimut hingga makanan ringan di dalam tenda.

Jangan salah, semua pengunjung memiliki akses yang sama untuk menggunakan wifi di area ini.

Btw, untuk harga saya sendiri tidak terlalu yakin ya (maafkan), karena kebetulan kami sudah dicover oleh panitia a.k.a teman kerja suami. Untuk informasi akurat terkait biaya, teman-teman sebaiknya menanyakan langsung kepada pihak Umbul Sidomukti ya.

Fasilitas rekreasi

Camping ground ini berada di area yang sama dengan kolam renang Umbul Sidomukti. Selain kolam renang, wahana outbond yang bisa teman-teman coba seperti flying fox, menyusuri jembatan tambang, ataupun berjalan di jaring besar.

Jika bepergian bersama rombongan atau keluarga besar, teman-teman juga bisa memilih paket outbond ini. Ah, di sini juga ada ATV ya bisa dicoba untuk berkeliling tanpa lelah berjalan kaki menyusuri lembah.

Ingin berkuda? Tentu saja ada!

Harga yang diberikan memang tidak terlalu jauh dengan harga kamar hotel, tapi soal pengalaman tentu akan sangat berbeda. Bagi saya dan suami, dengan harga yang sama rasanya kami akan lebih memilih untuk bermalam di camping ground Umbul Sidomukti ini.

Rasanya cukup di sini ulasan dan tips camping bersama anak. Kuncinya adalah mengenali medan dan kebutuhan anggota keluarga. Belum pernah camping bersama anak? Coba, deh, dan dapatkan pengalaman berbeda dari bermalam di hotel.





Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

Post a Comment

Nimas