Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Redirect di Blogspot


Masih ingat tentang pelatihan site audit blog yang aku ceritakan beberapa waktu yang lalu? Nah, setelah melalui perjalanan panjang bersama Screaming frog, kini cara mengatasi blogspot menjadi momok bagi kita hahahaha

Kenapa? Karena broken link ini muncul setelah artikel-artikel dipublikasikan. Yang menjadi momok adalah, karena setiap link sangat mungkin memiliki cara penyelesaian yang berbeda.

Bisa dibayangkan, bagaimana jika sudah ada ribuan artikel di blog kita? Apakah penting melakukan perbaikan broken link di blog kita? Yuk kita lanjut diskusi yaaa

cara mengatasi redirect di blogspot

Broken Link dan Screaming Frog

Sedikit informasi bagi teman-teman yang belum tahu, ya. Broken link adalah link yang rusak, atau ada yang menyebutnya juga dengan link mati. Jadi, jika biasanya suatu link mengarah ke halaman tertentu, maka broken link ini menampilkan halaman yang tidak ada.

Sedangkan Screaming Frog adalah tool atau alat yang berguna untuk membantu optimasi SEO On Page dengan cara crawl (merayapi). Nah, salah satu keuntungan menggunakan Screaming Frog adalah kita bisa mengetahui mana saja broken link ini.

Jika di blog kita ada ratusan hingga ribuan artikel, tentu tidak akan mudah jika harus mengeceknya satu per satu, kan? Dengan menggunakan tool ini, kita bisa menemukan broken link tadi dengan mudah dan cepat.

Hmmm, tapi jangan kaget waktu melihat hasil crawl-nya ya :’)

Sudah Kenal dengan Redirect? Kenalan Dulu, Yuk!

Seperti yang aku bilang di awa, di kelas site auditnya Mas Irwin kali ini, tentang redirect 3xx. Hmm apa ya? Gimana, sih, caranya? Aku juga merasakan ini pada awalnya, kok, hahahaha.

Jadi, baiknya kita kenalan kenalan dulu dengan redirect ini, ya.

Redirect adalah pemindahan link lama ke link baru. Saat kita mengklik link lama, kita tetap akan masuk ke artikel yang sama meskipun link sudah berganti. Inilah fungsi redirect, ya. Jadi, tidak ada link mati atau broken link tadi.

Namun, perlu diperhatikan juga, bahwa proses pengalihan ini ternyata meninggalkan jejak di blog kita. Jejak-jejak ini muncul dengan kode 301 dan 302.

Perbedaan redirect 301 dengan 302

Redirect 301 adalah pengalihan secara permanen. Sedangkan 302 sifatnya hanya sementara saja.

Kemudian, biasanya kode 301 ini muncul saat ada pemindahan http ke https. Nah, kode inilah yang biasanya akan terus muncul di blog. Karena ada di semua artikel.

Karena kode 302 ini hanya dipakai sementara, jadi teman-teman bisa menggunakannya saat blog sedang diperbaiki. Ketika sudah ada halaman baru, link artikel lama bisa dihapus kemudian.

Setelah mengetahui sedikit perbedaan dari kode 301 dan 302 ini, ada beberapa alasan mengapa redirect ini perlu dilakukan, ya.


Cara Mengatasi Redirect di Blogspot

Setelah mengetahui tentang broken link, redirect beserta kode-kodenya, kini kita lihat, bagaimana cara mengatasi redirect di Blogspot.

  • Buka Screaming Frog

Sebelum melakukan crawl, pastikan teman-teman sudah menggunakan lisensinya, ya. Karena jika tidak, maka tidak bisa melakukan audit :’)

Informasi menarik lainnya, bahwa aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat 64 bit. Silakan disesuaikan atau cari perangkat yang memadai, ya.

Beruntungnya di kelas site audit ini, Mas Irwin secara cuma-cuma memberikan kami lisensi yang harga jutaan rupiah.

Ini juga salah satu alasan kenapa pengennya bertahan di kelas ini, difasilitasi!

Setelah itu, masukkan url blog teman-teman, ya. Karena menggunakan blogspot, jangan lupa menyertakan www juga.

  • Klik Response Codes

Setelah proses perayapan selesai, klik Response Codes. Lalu pada bagian sebelah kiri (filter), pilih Redirection 3xx.

Nah, di bagian ini, teman-teman akan melihat semua link yang memiliki kode 3xx. Setelah itu, kita fokus ke Inlink dan Outlink.


Cara Mengatasi Redirect 301 di Blogspot

Langkah pertama, teman-teman bisa buka blog dulu lalu cari link yang ada di bagian Inlink. Kemudian buka Outlink, apakah To dan Anchor Text sudah sesuai?

Kebetulan, punyaku kemarin karena perpindahan domain dari blogspot. Jadi, pengalihannya memang secara permanen.

Cara memperbaikinya adalah masuk ke link yang diinginkan (dari Inlink), kemudian lihat To dan Anchor Text nya, jika sudah ketemu silakan ganti dengan link baru yang diinginkan dan sesuai. Jangan lupa menghapus link url lama, ya.

Cara Mengatasi Redirect 302 di Blogspot

Untuk kasus 302 ini, kemarin di blogku ada artikel yang mengarah ke draft.blogger. Ya, link ini jika di klik akan masuk ke dashboard blog kita sendiri.

Aku pun heran kenapa bisa begini hahaha. Dulu, seingatku memang artikel tersebut mengarah ke dokumen, tapi bukan ke dashboard blogku hahaha.

Nah, beruntungnya ada sesama teman blogger yang ikut membantu mengatasi ini. Karena sejujurnya aku sudah hampir menyerah soal link yang satu ini. Ternyata caranya cukup mudah, loh!

Pertama-tama, perhatikan Inlink dan Anchor Text. Kemudian buka dashboard blog, cari Anchor Text yang dimaksud. Kemudian, aku masukkan kembali target page atau landing page yang ada pada brief. Alhamdulillah berhasil.

Nah, untuk kondisi ini, jika memang tidak ditemukan solusi, teman-teman bisa menghapus link tersebut.


Setelah melakukan perbaikan, baik redirect 301 maupun 302, selalu refresh artikel dan lakukan crawl ulang, ya. Karena tidak menutup kemungkinan, justru akan muncul masalah baru hahaha :D

Audit blog semacam ini, ada baiknya memang dilakukan secara berkala, ya. Karena blog kita, kan, juga selalu mengalami pembaruan.

Oh ya, untuk mengatasi masalah http ke https, kemarin aku coba edit di bagian kode html dan widget. Masalah ini muncul untuk url akun media sosial dan komunitas, sih. Jika dirasa tidak perlu, teman-teman bisa saja menghapusnya.

Bagaimana? Bukankah cara mengatasi redirect di Blogspot ini cukup mudah? Blogmu sudah pernah diaudit belum? Kalau belum, segera siapkan hati dan waktu yang lapang ya :D

Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

35 comments for "Cara Mengatasi Redirect di Blogspot"

Restanti July 12, 2022 at 5:17 PM Delete Comment
'Jangan kaget waktu melihat hasil crawl-nya ya' Waduh, ada apa gerangan?
Simiati257 July 12, 2022 at 5:22 PM Delete Comment
Blogku belum pernah diaudit,nih, berarti siapkan hati dan waktu yang lapang dulu ya 😂😂😂
enyhezrafam July 12, 2022 at 5:28 PM Delete Comment
Alhamdulillaah dapat ilmu lagi...sangat berarti untuk newbie..sudah ada solusi jika mengalami kendala ini saat "naik kelas" nanti... 🤗🙏🙏
Wakhid Syamsudin July 12, 2022 at 5:44 PM Delete Comment
Puyeng deh ngurusin blog. Duh...
Phai Yunita S Wijaya July 12, 2022 at 5:49 PM Delete Comment
Cuma 7 atau sisa 7 itu ya mbak.. Mayanlah aku 73 wkwkwk
Hamimeha July 12, 2022 at 5:51 PM Delete Comment
Sepakat . Kalo g berkala bisa mual hwkakaa saking banyaknya. Dan sebenarnya adanya tools kodok ini sangat membantu lho ya
Nimas Achsani July 12, 2022 at 5:52 PM Delete Comment
Sisa 7 mbak dari berapa ratus gitu hahaha
Nita July 12, 2022 at 6:03 PM Delete Comment
Ternyata sama2 ada problem draftblogger ya, mba, aneh juga. Semangat terus sampai akhir kita Mba...moga bisa lulus aamiin.
Deeva Collection July 12, 2022 at 6:22 PM Delete Comment
Setiap buka kodok dan 100 % dag dig dug menunggu hasil akhir. Udah beres ada lagi yang baru
Karunia Sylviany Sambas July 12, 2022 at 6:51 PM Delete Comment
Iya, Mba. Cukup mudah ketika udah ketemu letak perbaikannya, nih. Saya sempat mlongo aja pas kelas. Beruntung akhirnya paham juga. Hahaha.
Viandri July 12, 2022 at 7:20 PM Delete Comment
Wihh ntap kak nimas, ternyata kelasnya dari kapan waktu sampai sekarang. Semangat buat utak atik blognya :)
Han July 12, 2022 at 7:50 PM Delete Comment
Wah jadi penasaran, punyaku ada berapa yah yang eror, wkwkkw bakal telaten ngga ya benerinnya >.< keren mbalengkap bahasannya uhuy
Windi astuti July 12, 2022 at 8:04 PM Delete Comment
Seakan merasakan effort menyelesaikan tantangan ini, luar biasa aplikasi kodok ini, butuh ketelatenan tingkat tinggi ya mbak, buat otak Atik ini, semangat. Kalau aku bakal angkat topi aja
Asih Mufisya July 12, 2022 at 9:00 PM Delete Comment
Punya blog ternyata banyak yang kudu dikerjakan ya, biar blognya makin sehat. Jadi PR nih.
sudut pandang vina July 12, 2022 at 10:20 PM Delete Comment
Berarti broken link ini bisa terjadi kapan aja tanpa kita sadari ya, Kak? Tapi kan link ini udah otomatis tertulis dari sananya kan, Kak?
Pida SF July 13, 2022 at 1:17 AM Delete Comment
Punya blog bukan berati cuma nulis doang ya ternyata. Ada banyak PR nya, slh satunya ya audit blog ini. Tinggal blogernya aja mau berbenah atau dibiarin aja blognya
Nimas Achsani July 13, 2022 at 6:58 AM Delete Comment
Iya bisa jadi, terlebih jika itu dari klien. Kalau dari punya kita sendiri, ya paling karena ganti url artikel dan kawan2nyaa
Yeyet kusmiati July 13, 2022 at 7:00 AM Delete Comment
Wah , ternyata tidak hanya keunhan yang butuh di audit , blog juga , terimakasih ilmunya sangat bermanfaat
Henrieta Etha July 13, 2022 at 8:47 AM Delete Comment
Wah ud save ilmu dulu nih sebelum entar menghadapi berbagai problematika per'blog'an. Sangat bermanfaat mba Nimas, matursuwun.
Saraah Megha July 13, 2022 at 11:44 AM Delete Comment
tak baca dulu pokoknya meski rasanya ini jalan yang masih jauh wkwkwkw, nanti kalau pas sampai jalan ini, langsung tak tarik-tarik buat nanya-nanya hihihi
Saras Hijrah July 13, 2022 at 3:38 PM Delete Comment
Ma syaa Allah ya, ilmu itu makin digali makin jadi hausss. Barokallohu fiik mba Nimas, ilmu yg bermanfaat. Meski buatku msh jd bhs planet, sometime aku bakalan berguru privat padamu 😘😘
Yonal Regen July 13, 2022 at 7:52 PM Delete Comment
Kelas Screaming Frog hebat euy. Terima kasih Mbak Nimas sudah berbagi ilmu tentang cara menagtasi redirect ini, kebetulan saya juga memakai blogspot, mudah-mudahan nanti bisa diterapkan perlahan
Siti Nurhayati July 14, 2022 at 12:10 AM Delete Comment
Wah... kalau broken link ini mungkin saja terjadi pada setiap blog, perlu siapkan hati dan waktu nih untuk melihat kenyataan. kenapa sih Mba, blog kita mesti di audit?
Triani Retno A July 14, 2022 at 7:29 AM Delete Comment
Hehe...aku juga pernah ngasih link yang ternyata draft blogger. Untungnya itu di blog sendiri, jadi nggak merugikan orang lain. Cuma mesti telaten bebersih aja.
Bambang Irwanto July 14, 2022 at 9:01 AM Delete Comment
Saya harus segera ceki-ceki blog nih Mbak. Soalnya beda masalah, beda cara mengatasinya juga ya. Termasuk broken link, yang bisa menyebabkan kesehatan blog terganggu.
Reza Liswara July 14, 2022 at 3:06 PM Delete Comment
Bahkan menjadi blogger pun ada masalah seperti ini ya mbak hehehe
Sepertinya harus merasakan dulu biar tahu apa yang harus dilakukan.
Yuni Bint Saniro July 14, 2022 at 6:51 PM Delete Comment
Urusan redirect tu emang kadang nggak bikin pusing. Ya gimanaa dong. Redirect tu kan nggak bikin error di blog kita. Tapi kudu diberesin juga ya.
Sri Al Hidayati July 14, 2022 at 6:56 PM Delete Comment
Pengen ngebersihin blog, bener harus nyiapin hati sama waktu ngerjainnya karena saya pun bakal nemu broken link yang banyak banget, hehe. Makasih mbak udah diingatkan. Soalnya ngaruh juga ke pencarian nantinya ya.
Dee_Arif July 14, 2022 at 8:04 PM Delete Comment
Wah aku baru tahu screaming frog bisa juga buat mengatasi redirect di blogspot
Kapan kapan aku coba ah
dian July 14, 2022 at 9:24 PM Delete Comment
lengkap sekali penjelasannya. terus terang saya pakai wp. mau share artikel ini ke temen blogger pakar wp supaya bisa tahu mengatasi 301 dan 302 di wp gimana ya caranya
ungayossydotcom July 14, 2022 at 10:01 PM Delete Comment
Wah terima kasih pemahamannya kak sudah lama ngeblog tapi beberapa istilah masih suka belum paham dan mengerti dengan baik
lendyagassi July 14, 2022 at 10:31 PM Delete Comment
Sangat terbantu sekali dengan adanya artikel redirect link untuk blogspot. Karena aku sejujurnya belum pernah inspeksi broken link dengan kode 3xx ini. Aku bakalan coba ikutan periksa kesehatan blog menggunakan apps Screaming Frog ini.
Terima kasih, kak Nimas.
atiq - catatanatiqoh July 14, 2022 at 11:22 PM Delete Comment
Thank you kak sdh sharing :) seneng bgt ya kalau udh bisa ngeaudit blog sendiri, apalagi bisa ngtasi masalah-masalah begini hihi
Wince July 17, 2022 at 11:32 PM Delete Comment
Pernah mengalaminya.. Untung waktu itu wapri sama coachnya akhirnya bisa lagi
Hilaschou July 18, 2022 at 11:08 AM Delete Comment
Pembahasannya sgt menarik dan sangat informatif. Aku yg belum tahu ilmu perblog-an pun bisa sedikit mengintip hihi.