Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendengar Polytron, Memanggil Kenangan Masa Kecil

Tumbuh Bersama Polytron, Produk Kebanggan Indonesia

Berbicara tentang masa kecil, rasanya kenangan jaman 90an itu seolah terpanggil semuanya. Salah satu yang masih terekam adalah ketika hari Minggu menunggu tayangan kartun kesayangan.

Kebetulan, aku dan adik memiliki kesukaan yang berbeda. Aku suka Detective Conan, Sinchan dan Doraemon. Sedangkan adik menyukai Dragon Ball, Power Ranger maupun Ultraman. Benar, karena kami adalah perempuan dan laki-laki.

polytron perusahaan asli indonesia

Jadi, awalnya yang ingin menonton kartun dengan santai, akhirnya berujung adu mulut hahaha. Ibu dan nenek seringkali memarahi kami berdua karena sudah bertengkar di pagi hari. Salah satu solusi yang ibu berikan adalah bergantian channel TV ketika siaran iklan.

Sesungguhnya ini juga bukan solusi yang terbaik buat aku dan adik hahaha, karena kami tetap bertengkar ingin mendapat durasi lebih lama. Namun masalah lain juga ada, TV kami adalah produk kuno alias jadul.

Saat tetangga sudah menggunakan TV remot, kami masih menggunakan TV kuno yang punya pencetan tombol di sisi lain layarnya. Karena produk lama, seringkali tiba-tiba layarnya buram atau bahkan tidak muncul gambarnya hahaha.

Bahkan, beberapa kali TV tersebut harus dipukul agar tampilan gambarnya tidak goyang. Ada yang pernah mengalami ini?

tv tabung jadul

Akhirnya TV tersebut harus diistirahatkan karena memang sudah tidak bisa dijadikan media hiburan lagi. Kadang bisa menyala kadang tidak, kualitas gambar tidak bagus dan fiturnya sudah ketinggalan jaman.

Karena keterbatasan ekonomi, akhirnya kakak perempuanku yang baru menikah, membelikan TV baru dari uang amplopnya :’)

Ini sangat terkenang untukku pribadi. Selain karena niat baiknya, itu juga adalah pengalam pertama memiliki TV layar datar yang sering aku lihat di pajangan toko elektronik ternama di sana.

Pengalaman Membeli Perabotan Rumah

Dari kenangan-kenangan masa kecil itulah, ketika menikah aku dan suami juga sepakat untuk mengeluarkan uang sedikit lebih besar untuk barang yang berkualitas. Karena mau bagaimanapun, kualitas suatu produk tidak akan pernah bohong. Setuju?

Namun karena kami merintis rumah tangga dari 0, jadi barang elektronik pertama yang kami beli dengan uang tabungan adalah kipas angin. Kami beli setelah setahun menikah. Setahun pertama, semua barang elektronik adalah kepunyaan mertua yang kami pinjam, mulai dari kulkas sampai kipas angin.

Dua tahun kemudian kami bisa membeli kulkas dari uang hadiah lahiran. Karena jumlah uangnya juga terbatas, maka yang dibeli juga sekadar kulkas satu pintu dengan ukuran yang cukup kecil.

Bagi kami berdua, keinginan untuk memiliki barang-barang elektronik berkualitas itu sangat besar tapi terkendala kenyataan bahwa kami tidak memiliki banyak uang untuk membelinya.



Mimpi Besar Kami Pada Rumah Baru, POLYTRON Menjadi Bagian Penting di Dalamnya

Sekarang, setelah lima tahun menikah, belum ada penambahan barang elektronik di rumah. Karena kebetulan, saat ini kami juga sedang ikhtiar membeli rumah, jadi uangnya memang lebih banyak ditabung dulu.

Di rumah kontrakan yang sekarang, kebetulan full furnish, ya. Jadi sudah ada kulkas, mesin cuci sampai AC di setiap kamar. Masya Allah, baik sekali Allah pada kami :’)

Kesepakatan yang kami buat berdua adalah akan membeli perabotan rumah, khususnya barang-barang elektronik ketika sudah menempati rumah baru. Salah satu alasannya adalah untuk menghemat ruang di kontrakan supaya tidak ada penumpukan barang.

Beberapa barang yang ingin kami beli ketika sudah pindahan antara lain mesin cuci, rice cooker hingga TV. Salah satu brand yang kami sasar adalah POLYTRON. Adakah yang belum pernah mendengar merek dagang ini?

Apakah teman-teman tahu, jika POLYTRON adalah buatan anak bangsa?

alasan membeli produk dalam negeri

Mengenal POLYTRON, Perusahaan Besar Milik Anak Bangsa

Sedikit informasi untuk teman-teman yang belum mengetahui jika Polytron ini adalah produk lokal. Pabrik perusahaan ini berada di daerah Demak dan Kudus.

47 tahun berkiprah di industri elektronik tentulah bukan waktu yang singkat. Aku ingat pesan nenek ketika seringkali mendapati barang-barang di rumah mulai rusak.

“Besok kalau kamu sudah jadi orang, beli TV yang besar yang mahal biar nggak cepet rusak kayak TV ini. Lihat TV kok sambil gebrak-gebrak”

Saat itu nenek beranggapan, jika barang yang bagus adalah yang mahal. Sehingga salah satu keinginanku ketika masih SD adalah menjadi orang kaya supaya bisa beli TV besar.

Namun, sekarang aku menyadari, jika apa yang dikatakan nenek tidak sepenuhnya salah. Merek dagang tertentu berani mematok produknya dengan harga tinggi karena adanya jaminan kualitas.
tkdn adalah
Data Kemenperin

Dari Penggunaan Rumah Tangga Hingga Lembaga Pemerintahan

Ternyata, ini juga dibuktikan POLYTRON karena berhasil menjadi produk yang memiliki nilai TKDN tinggi. Adakah yang tahu tentang TKDN ini? Mari sedikit kita bahas sisi pemerintahan sedikit, ya.

TKDN adalah Tingkat Komponen Dalam Negeri. Sertifikasi ini sangat menguntungkan untuk perusahaan. Salah satu keuntungannya adalah meningkatnya penggunaan produk tersebut di lembaga-lembaga pemerintahan.

Nah, POLYTRON adalah salah satu produk elektronik dengan nilai TKDN yang tinggi. Nilai ini didasarkan pada persentase penggunaan bahan atau komponen dalam negeri. Semakin tinggi komponen dalam negeri digunakan, maka nilainya akan semakin bagus.

Tentu saja kita tahu, bahwa sangat besar kemungkinan suatu perusahaan menggunakan komponen dari negara lain. POLYTRON, bisa jadi juga melakukan hal yang serupa, tapi ternyata persentase TKDN memberikan bukti nyata untuk kita :)

Sebenarnya, TKDN ini tidak hanya didasarkan pada bahan yang digunakan saja, tapi juga meliputi biaya tidak langsung hingga tenaga kerja langsung. Bagaimana? Bukanlah sudah memang pantas jika POLYTRON adalah produk lokal kebanggaan Indonesia?
sertifikat tkdn
Data Kemenperin

POLYTRON Hadir untuk Semua Kelas Sosial Masyarakat

Sejak tahun 80an, POLYTRON sudah mengeluarkan berbagai produk elektronik, mulai dari water jet pump hingga mesin cuci. Di tengah laju naik daunnya, POLYTRON menyadari betul segmen pasarnya, bahwa tidak semua pelanggannya adalah kelompok kelas atas.

Karenanya, kita juga bisa melihat bahwa POLYTRON tidak sekadar gencar memproduksi barang-barang elektronik saja, tapi juga memberikan barang berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan demikian, jangkauannya pun semakin banyak, mulai bawah menengah, dan tentu saja kalangan atas.



Hal ini aku alami. Ketika kakak laki-laki membelikan ibu TV baru, dia sengaja membeli POLYTRON (tapi lupa seri apa). Kata kakak, POLYTRON seri tersebut memiliki kualitas gambar dan suara yang mumpuni dan yang paling penting harganya cukup terjangkau. Seingatku, harga TV yang dibeli itu tidak sampai 4,5 juta.

Usung Produk POLYTRON untuk Rumah Baru

Yuk lanjut bedah tentang barang-barang elektronik POLYTRON yang ingin aku bawa untuk rumah baru kami nantinya.

Yang pertama adalah mesin cuci. Aku dan suami sepakat, jika barang ini termasuk salah satu prioritas kami nantinya. Kenapa? Karena ku tak sanggup jika harus mencuci manual dengan load cucian yang sering mengalami lonjakan.



Pilihan kami adalah POLYTRON Mesin Cuci 1 Tabung Zeromatic Laguna series Hijab 8 KG – PAW 8028Y. Alasan pertama karena ingin membeli produk ini adalah karena harganya yang sesuai dengan budget kita.

Kedua, kapasitas mesin yang juga sesuai dengan jumlah cucian di rumah. Kami bertiga di rumah, yang paling banyak menyumbang cucian adalah si kecil dan suami dengan berbagai macam seragamnya.

Fitur Laguna sendiri membuat pakaian seperti melewati proses perendaman dan kucekan yang sesungguhnya. Tidak hanya itu, mesin cuci ini juga didukung dengan Aroma Boost dari Zeromatic Laguna sendiri.

Dengan adanya fitur ini, pakaian menjadi lebih lembut dan wangi karena fitur tersebut meningkatkan efektifitas kerja pelembut dan pewangi.

Satu hal yang menarik dari mesin cuci ini adalah, dia tetap bisa menyedot air sehingga masuk ke tabung pencucian meskipun alirannya kecil. Teknologi ini didukung oleh Zeropressure Technology, Piston. Menarik bukan?



Produk kedua yang akan beli adalah rice cooker. Rice cooker yang saat ini kami pakai sudah berumur lebih dari 10 tahun. Tahun 2012, kakak perempuanku membelikan rice cooker ini untuk hidup saat masih kuliah.

Sekarang, rice cooker ini sudah mengalami penurunan kualitas. Mulai dari nasi yang lebih cepat basi sampai lapisan panci yang sudah mengelupas :’)

Begitu melihat Polytron Tiara Pot -PRC 1901DG- Dim Grey aku langsung jatuh cinta. Karena memang ini yang aku butuhkan saat ini.

Pertama, ini termasuk multi cooker. Jadi, tidak hanya bisa digunakan untuk memasak nasi saja, tapi juga bisa untuk mengukus hingga presto! Ibu rumah tangga mana yang tidak tergoda dengan kecanggihan produk berwarna silver ini?

Alasan kedua adalah harganya yang cukup terjangkau dengan segala kecanggihan dan fitur yang dimilikinya.

Kelebihan lain yang menggoda adalah panci nasi ini dilapisi dengan ceramic coating dan 3D heating. Daya yang dibutuhkan untuk memasak sebesar 400 watt dan saat menghangatkan butuh daya sebesar 65 watt saja.



Produk ketiga yang juga sedang kami rencanakan untuk membelinya adalah TV! Kebetulan kami berdua menonton, tapi karena tidak punya TV jadi terpaksa menonton tayangan kesukaan di laptop ataupun ponsel :’)

Suami adalah adalah anak IT, jadi untuk urusan ini dia lebih memilih produk yang memang “smart”. Karena mau bagaimanapun, kita sudah hidup di era digital. Menggunakan barang-barang rumah tangga yang cerdas juga sebuah bukti kita melek teknologi.

POLYTRON Smart TV Android 43″ PLD 43AG9953 adalah salah satu produk yang menggunakan sistem operasi android. Google Assistant adalah teknologi yang diusung untuk menambah kecanggihan TV tersebut.

Secara tampilan, Android TV ini juga kekinian karena frameless. Sehingga kita akan mendapatkan pengalaman menonton dengan sensasi pandangan lebih luas. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau untuk kami.

Dengan banyak penawaran dari berbagai platform nonton film, maka kesempatanku dan suami untuk streaming di rumah juga semakin seru (karena banyak gratisan) hahahaha :D

POLYTRON Tidak Hanya Produk Elektronik, Tapi Juga Bernilai Kerja Keras

Seperti yang aku bilang di atas, alasan ingin menggunakan produk-produk POLYTRON adalah karena jaminan kualitasnya yang sudah terbukti tahan lama.

Saat aku dan suami membeli barang, kami juga sangat mengedepankan nilai gunanya. Tidak masalah suatu barang itu sedikit lebih mahal tapi memberikan jaminan mutu, dibanding dengan harga murah tapi tidak ada jaminan kualitasnya.

Terlebih lagi, POLYTRON juga sudah digunakan oleh orang tua-orang tua kami sebelumnya. Mulai dari nenekku, ibu, masa kecil kami hingga saat ini, POLYTRON menjadi merek yang sangat membekas.

47 tahun bertahan di tengah laju perubahan teknologi dan digitalisasi, rasanya tidak ada yang membuatnya tetap dicintai kecuali karena semua inovasi pada produk-produknya.

Beberapa produk dengan berbagai inovasi, belakangan ini juga telah diluncurkan POLYTRON, seperti :


Kulkas Pintu Kaca

Jika teman-teman lihat, furniture belakangan ini memiliki desain yang sederhana tapi elegan. Terlebih generasi milenial semakin banyak yang memiliki hunian, maka kebutuhan akan perabotan rumah juga semakin tinggi.

Salah satu inovasi yang juga dilakukan POLYTRON adalah dengan meluncurkan kulkas dengan tambahan tempered glass pada lapisan luarnya. Desain ini tentu saja sangat mudah diterima oleh pasar.



Air Purifier

Pandemi mengantarkan kita semua pada kebiasaan baru. Salah satu barang yang belakangan juga banyak dicari (termasuk aku) adalah air purifier ini.

Air purifier POLYTRON sendiri datang dengan berbagai pilihan. Salah satu yang cukup trending adalah personal air purifier Polytron Air Purifier 5 Filtrasi CADR 8,5m3/h PCP 01.

Seperti namanya, produk ini cocok untuk penggunaan pribadi. Untuk teman-teman yang memiliki mobilitas tinggi tapi memiliki masalah dengan pernafasan, dukungan port USB pada air purifier ini sangat mungkin untuk dibawa bepergian, dan bisa bertahan hingga 20 jam!

Air purifier POLYTRON yang satu ini datang dengan berbagai kelebihan, misalnya ada sinar UVC yang membantu membunuh bakteri, mengurangi partikel polusi, hingga beberapa lapis filter (HEPA13 Filter dan tentu saja sangat mendukung untuk aromaterapi.



Motor Listrik

Sungguh, ini adalah inovasi POLYTRON yang cukup membuatku tercengang. Kenapa? Karena aku baru tahu kalau POLYTRON ternyata juga memproduksi alat transportasi ramah lingkungan ini.

Fitur unggulan yang turut dipersembahkan untuk kita adalah jaket dan helm eksklusif (gratis), menggunakan daya dari listrik 100% sehingga tidak mengeluarkan polusi, mengusung teknologi Eropa (BOSCH Rear Hub Drive), mampu menempuh jarak hingga 200 km (mode Eco) dan untuk kecepatan bisa mencapai 60 km/jam.

Jika teman-teman perhatikan, desain POLYTRON EVO ini sangat trendy (futuristik). Adanya full lampu LED juga menjadikan produksi sinar lebih terang dan tahan sampai 50.000 jam.

Untuk urusan dokumen, teman-teman tidak perlu khawatir karena pihak POLYTRON yang akan mengurusnya, baik STNK maupun BPKB. Setelah selesai, dokumen tersebut akan dikirim ke alamat kalian.


AC Smart

Inovasi lain yang dikembangkan POLYTRON adalah pada pendingin udara (AC).

Seperti yang sudah aku bilang juga, bahwa smart home adalah salah satu
milestone dalam era digital. AC Smart Neuva Pro ini pun demikian. Kita bisa mengendalikannya dari mana dan kapan saja.

AC pintar semacam ini tentu sangat memudahkan, baik dari segi perawatan maupun biaya. Adanya fitur Energy Saving, Soft Start maupun Fastest Cooling menjadikan AC ini lebih cepat dingin (tentu saja) dan tidak menyedot daya secara berlebihan ketika pertama kali dinyalakan.

Dukungan Built in Air Purifier dan Gold Fin juga membantu membuat kualitas udara menjadi lebih sehat.



Mulai dari mesin cuci sampai motor listrik, sudah membuktikan bagaimana sepak terjang POLYTRON sebagai perusahaan elektronik terbaik di Indonesia. Rangkaian inovasi yang diberikannya tidak hanya berfokus pada nilai penjualan saja tapi juga kepedulian pada lingkungan.

Untuk membantu para pelanggannya dalam mengatasi yang mungkin saja ditimbulkan dari produk-produknya, POLYTRON juga menyediakan service center yang tersebar di berbagai kota kabupaten di Indonesia.

Dari pengalaman yang aku tuliskan ini, benang merah yang ingin ku sampaikan adalah bahwa POLYTRON sebagai produsen barang elektronik tidak hanya menyasar kenaikan keuntungan dari pasar.

Namun, dari puluhan tahun karirnya, POLYTRON juga sudah berhasil menciptakan kenangan masa lalu bersama orang tersayang dan menangkap momen-momen tersebut dengan lebih berkesan.

Lahir di Indonesia, tumbuh dan berkembang pun di Indonesia, sudah beredar selama 47 tahun dengan berbagai inovasi produk dan value untuk konsumennya, kini mari bersama-sama kita angkat topi untuk POLYTRON atas segala pencapaiannya selama ini.

Terima kasih POLYTRON, karenamu waktu bersama keluarga menjadi lebih berkualitas.



Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

19 comments for "Mendengar Polytron, Memanggil Kenangan Masa Kecil "

Saras Hijrah October 18, 2022 at 6:15 PM Delete Comment
Ma syaa Allah keren ulasan ttg Polytron, keren juga produknya
Farida Pane October 19, 2022 at 8:25 AM Delete Comment
Ternyata polytron itu produk lokal ya. Keren ih. Aku ngerasa mukul tv biar nyala itu ga logis tapi bener manjur ya?
Bambang Irwanto October 19, 2022 at 10:16 AM Delete Comment
Saya kenal Polytron sejak smp, tahun 90-an. Saat itu, radio kaset polytron sangat terkenal. Saya minta dibelikan, dan menemani saya mendengar tangga-tangga lagu Indonesia hehehe.
Dan keren sekali ini, ternyata Polytron produk Indonesia.
HendraDigital October 19, 2022 at 10:48 AM Delete Comment
Saya juga ngalamin dulu kalo TV lagi ngadat, saya gebuk-gebuk atasnya, biar bener lagi , hahahaha... Yang ada malah tambah rusak.

Saya juga pakai produk Polytron, kayak speaker bluetooth PMS dan Speaker Aktif PAS 79. Soalnya urusan audio, suaranya mantap 👍
Yuni Bint Saniro October 19, 2022 at 1:52 PM Delete Comment
Gila sih. Polytron emang nggak lekang oleh waktu. Selalu ada yang baru seiring waktu berganti. Benar-benar mengikuti perkembangan zaman banget. Keren.

Aku jadi pingin beli smartphone TV sama kulkas yang ada temperglassnya itu. Biar nampak gitu lho isi kulkasnya. Hehehe
Hani October 19, 2022 at 2:19 PM Delete Comment
Polytron memang kuat ya dari dulu sampai sekarang udah terkenal pula. Gebuk-gebuk TV kelakuan sama nih. Apalagi kalau antene geser kena angin...trus ada semut di layar...haha
Sugianto October 19, 2022 at 3:36 PM Delete Comment
Semenjak belum berkeluarga, hingga berkeluarga untuk TV saya pilih Polytron. Saya ngerasa aja kalau produknya awet.

Ngomongin masa kecil memang selalu ada hal yang berkesan, apalagi kalau nonton TV rebutan sama suadara. Ujung-ujungnya ga jadi nonton. Kalau ga pas sponsor, diganti channel. rebutan. hehe
Eko Prasetyo October 19, 2022 at 4:30 PM Delete Comment
Sy dikampung juga tv nya pakai polytron, awet banget,,, Tetap jernih dn mulus..
Indra DP October 19, 2022 at 6:54 PM Delete Comment
Hmm,, jadi bernostalgia sejenak.. tv ku dulu juga dari Polytron hehe. tapi keren sih Polytron sampai saat ini bisa mampu bertahan dan terus mengikuti perkembangan zaman ditengah gempuran perangkat elektronik dari brand luar.
Nengsi October 20, 2022 at 9:00 AM Delete Comment
Udah banyak banget kenangan masa kecil bersama polytron. Apalagi TV Polytrob. Legendari banget. Sekarang polytron makin berinovasi ya. Nggak kalah unggul sama produk merk lain. Keren!
Han October 20, 2022 at 10:15 AM Delete Comment
Ngincerr kulkas kacanya Belleza nih mba hihi.. bismillaah mudah2an tahun ini bisa kebeli yaakk, aamiin!
Dee_Arif October 20, 2022 at 5:57 PM Delete Comment
Benar sekali
Bisa dibilang Polytron ini menemani tumbuh kembangku
Alat alat elektronik di rumah mamaku semuanya Polytron
Pun sekarang juga , dirumahku juga pakai Polytron
gemaulani October 20, 2022 at 6:00 PM Delete Comment
Wkwkwk aku ngalamin mba, dulu nepuk-nepuk TV gitu biar gambarnya gak goyang-goyang. Duh itu mesin cuci sama Polytron Tiara Pot idaman banget deh. Aku baru tahu Polytron ada motor listrik juga, keren
Monica Anggen October 20, 2022 at 6:42 PM Delete Comment
Polytron ini salah satu brand yang lama banget ya. Seingatku, sejak aku kecil sudah ada. Hebatnya, sampai sekarang juga masih ada dengan produk yang semakin beragam dan teknologi yang semakin canggih. Keren!
Gusti yeni October 20, 2022 at 7:05 PM Delete Comment
Seangkatan kita bun, brand Polytron dulu meeaah baguss...sukaak radio tape Polytron suaranyaa lebih bening. Hiburan teman belajar jaman dulu sambil.dengerin radio atau tape.

Polytron mengikuti perkembangan jaman ya, selalu menghadirkan model yang baru mengikuti jaman
Sri Al Hidayati October 20, 2022 at 8:44 PM Delete Comment
Polytron legend banget ya. Wah, sama pas kecil nonton TV pas iklan pasti suka pindah pindah channel hehe karena rebutan mau nonton. Sama prinsipnya kyk pak suami, beli barang agak mahal gpp asal bagus kualitasnya. Jayalah selalu Polytron
Tukang Jalan Jajan October 20, 2022 at 10:12 PM Delete Comment
Aku juga kalo inget Polytron pasti ingetnya TV karena kebetulan dirumah pake dan umurnya sudah lumayan lama sampe sekarang mash awet. Terbukti sudah ya kak produknya
Arif Tukang Review October 20, 2022 at 10:24 PM Delete Comment
Saya pernah punya TV merk Polytron, kualitasnya memang nggak kaleng-kaleng, awet banget soalnya, pengen punya TV polytron lagi
Lia Siregar October 21, 2022 at 8:00 AM Delete Comment
Ampun dah, aku juga baru tau dari tulisan ini klo polytron produk dalam negeri 🤦🏽‍♀️🤦🏽‍♀️🤦🏽‍♀️
Polytron yg paling akrab diingatan itu ya televisi.