Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Hukum Swasta Terbaik di Indonesia

 Adanya fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia, adalah salah satu bukti bahwa kualitas Perguruan Tinggi Swasta (PTS), tidak kalah bagusnya dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sebagaimana yang kita tahu, dalam dunia kerja pun lulusan kampus swasta bisa bersaing dengan lulusan kampus negeri.


Untuk lulusan hukum, diketahui memiliki peluang profesi yang prospektif. Itulah mengapa fakultas hukum menjadi salah satu fakultas incaran banyak mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi.




Adapun beberapa contoh peluang karir yang bisa dituju oleh sarjana hukum, yaitu advokat, beskal, hakim, notaris, staff legal, staff di kementerian, staff sisi personalia, auditor hukum, legal and compliance risk manajemen, sampai kurator. Cukup luas, bukan?

Nah, buat Teman-Teman yang berminat kuliah di fakultas hukum, berikut ini enam Perguruan Tinggi Swasta dengan fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia. fakultas hukum, atau program studi hukum S1 di kampus-kampus di bawah ini sudah mendapat akreditasi atau rangking unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), loh! Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

7 Fakultas Hukum Swasta Terbaik di Indonesia

Fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia, tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan begitu, Teman-Teman yang tertarik untuk menekuni dunia hukum, akan terbantu dalam menentukan pilihan, kampus dengan fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia yang mana yang akan dijadikan tujuan menimba ilmu.

So, inilah 6 fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia. Ah, perlu diingat juga, ya, kalau urutan nomor di bawah ini tidak menyiratkan hal apapun.

1. Program studi Hukum Universitas Islam Indonesia (UII)

Sejak berdiri pada tahun 1948, UII telah menghasilkan lebih dari 14.833 alumni yang bekerja sebagai profesional hukum, baik di tingkat lokal maupun nasional. Hukum UII juga berada pada peringkat 1501-1799 terbaik di dunia. Selain program reguler, UII juga membuka program internasional untuk S1 Hukum.


2. Program studi Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI)

UMI merupakan kampus swasta terbesar sekaligus tertua di kawasan timur Indonesia. Fakultas Hukum-nya sendiri menjadi salah satu fakultas dengan pendaftar terbanyak dan meraih akreditasi A dari BAN-PT.



3. Program studi Ilmu Hukum Universitas Tarumanagara

Selain terakreditasi unggul, program studi Sarjana Hukum UNTAR juga telah dipercaya pemerintah karena memiliki proses pembelajaran yang berkualitas. Sehingga, UNTAR secara rutin ditunjuk sebagai penyelenggara Sertifikasi Mediasi oleh Mahkamah Agung. Selain itu, Constitutional Moot Court Competition juga secara rutin diselenggarakan dengan berafiliasi bersama Mahkamah Konstitusi.


4. Program studi Ilmu Hukum Universitas Bina Nusantara

Nama Universitas Bina Nusantara atau yang lebih akrab disebut BINUS, sudah cukup lama terkenal sebagai salah satu kampus swasta populer di Indonesia. Hasil survei yang diadakan menjelang setiap acara wisuda di BINUS University pun menunjukkan 90% sarjana hukum lulusan BINUS, telah bekerja di lapangan hukum ataupun menjadi entrepreneur.


5. Program studi Hukum Universitas Muhammadiyah Malang

Dengan mengantongi akreditasi A, Fakultas Hukum UMM sebagai salah satu fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia, siap mengantarkan Teman-Teman yang memilih UMM sebagai tempat menimba ilmu, menjadi Sarjana Hukum yang profesional, humanis, religius, berwawasan global, memahami HAM, serta berjiwa entrepreunership.


6. Program studi Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan

Sejak Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berdiri pada tahun 1958, Fakultas Hukum UNPAR merupakan fakultas tertua kedua. Awalnya, seluruh perkuliahan dan kegiatan administrasi Fakultas Hukum UNPAR dilaksanakan di sebuah gedung bioskop, baru setelah UNPAR memiliki kampus sendiri, aktivitas pembelajaran dan administrasi fakultas hukum pun dilaksanakan di kampus tersebut.

Mendapat akreditasi A sejak tahun 2015, Fakultas Hukum UNPAR tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.



7. Universitas Trisaksi

Nama Universitas Trisaksi sudah sangat lekat di sebagian besar warga negara Indonesia, apalagi jika kita menengok perjalanan sejarah. Namun, bukan hanya heroiknya saja, Universitas Trisakti juga memberikan sumbangsih pendidikan yang sangat baik pada semua Sarjana Hukumnya. FH Universitas Trisakti sendiri menyediakan jenjang pendidikan hingga program doktoral.



Demikianlah 7 kampus dengan fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia. selain daftar di atas, setidaknya masih ada beberapa kampus lain yang juga masuk kategori fakultas hukum swasta terbaik di Indonesia, yaitu:

1. Program studi Ilmu Hukum Universitas Surabaya
2. Program studi Ilmu Hukum Universitas Pancasakti Tegal
3. Program studi Hukum Universitas Kristen Indonesia
4. Program studi Ilmu Hukum Universitas Islam Bandung
5. Program studi Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
6. Program studi Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta
7. Program studi Ilmu Hukum Universitas Islam Sultan Agung.

Selamat menentukan kampus incaran ya, teman-Teman. Semoga artikel ini bermanfaat!
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Daftar Fakultas Hukum Swasta Terbaik di Indonesia"