Chai's Play- Aplikasi Edukatif Kekinian

Hasil gambar untuk chai's play

Mendampingi para orang tua dalam mengasuh sang buah hati agar bertumbuh kembang dengan lebih sehat dan bahagia.

Kebetulan, saya adalah golongan yang tidak setuju jika anak-anak dikenalkan  dengan gawai pada usia dini, terlepas dari semua alasan yang dikemukakan. Biarlah mereka tumbuh dan berkembang sesuai dengan masanya tanpa ada campur tangan radiasi. Salah satunya adalah dengan mengasah kemampuan motorik anak. Ajak anak melakukan permainan yang membuatnya bergerak dan menyenangkan. Ternyata, banyak juga orang tua yang kadang kehabisan ide permainan untuk anaknya. Selain tegas, orang tua juga dituntut memiliki kreativitas dalam mendidik anaknya.

Andakah yang sedang mengalami kejadian habis ide ketika akan bermain dengan si kecil? Tenang, tidak perlu khawatir. Kini telah hadir salah satu aplikasi yang akan membantu kita mengasuh si kecil dengan menyenangkan. Adalah Chai’s Play yang hadir dengan tawaran program yang menyenangkan dan dekat dengan anak.

Hasil gambar untuk chai's play

Sebelum kita menggunakan aplikasi ini, kita diharuskan memasukkan nama dan tanggal lahir si kecil, tujuannya adalah untuk mendapatkan segala informasi yang sesuai kebutuhan dan usia anak kita. Beberapa konten yang ada di dalam Chai’s Play antara lain: permainan, pengasuhan anak, dan kumpulan lembar kerja. Lembar kerja adalah materi print out yang dapat digunakan orang tua untuk bermain, jadi orang tua tinggal mengunduhnya kemudian mencetak. Lembar kerja ini biasanya digunakan untuk kegiatan seperti menempel, membuat garis atau yang lain.

Permainan yang ditawarkan pun banyak, sesuai kategori usia anak (saya memakai data bayi usia 22 bulan). Misalnya untuk anak usia dua tahun, para orang tua akan gencar mengajak anak untuk toilet training. Sebagian orang tua akan mengeluh ketika anak tidak melakukan berbagai intruksi yang dicontohkannya, namun dengan Chai’S Play anak akan diajak bermain dan belajar menggunakan pispot anak dan juga popoknya. Di sini orang tua akan diberikan petunjuk bagaimana melakukan setiap permainan.

Hasil gambar untuk chai's play

Seluruh program yang telah diberikan tentu memiliki tujuan tersendiri, misalnya untuk melatih keterampilan hidup sehari-hari, perkembangan kognitif, motorik bahkan emosi anak akan diasah dengan melakukan permainan-permainan ini.

Menurut saya, ini aplikasi yang sangat membantu para orang tua untuk mengenalkan banyak hal pada anaknya, yang tentunya sangat berkaitan dengan kebutuhan tumbuh kembang si kecil. Untuk beberapa program telah dibuat berbayar, namun masih banyak program atau permaian yang bisa kita akses tanpa mengeluarkan uang (seperti yangs saya lakukan).

Selamat mencoba dan selamat mendidik generasi pengubah arah bangsa.


#ODOPbatch6 #Nonfiksi

Posting Komentar

0 Komentar