Laporkan Penyalahgunaan

Pengikut


About

Hidup bukan tentang seberapa panjang usia kita, namun seberapa bermanfaatnya hidup kita di dunia. Karena perjalanan setelah kehidupan dunia, jauh lebih panjang dan abadi.

IDN App: Aplikasi Baca Berita yang User Friendly

30 komentar
idn app aplikasi baca berita yang user friendly


Saya ini sangat suka membaca, tapi tidak terlalu suka kalau harus baca berita. Selain tampilan fisik keduanya berbeda, yang paling mendasar untuk saya adalah tentang isinya. 

Jika kita perhatikan, isi dari berita-berita yang bermunculan di media massa cetak maupun digital, seringkali isinya tidak seperti apa yang diharapkan.

Mengapa? Karena sebagian dari mereka, menggunakan cara clickbait untuk menarik rasa ingin tahu pembaca. Tidak masalah sebenarnya jika ingin clickbait,tapi jika judul kemudian terlalu heboh atau melebih-lebihkan (hiperbola clickbait), akankah pembaca merasa puas setelah membacanya.

Jadilah, saya ini terkesan sangat menghindari membaca berita, termasuk berita yang sedang hits. Tentu saja, karena saya tidak ingin terjebak dalam clickbait yang seringkali berujung penyesalan.

Tapi, beberapa waktu yang lalu, ketika saya tengah membaca artikel, ada sebuah judul yang kurang lebih isinya mengatakan jika, ada aplikasi baca berita yang anti clickbait. Hah? Penasaran dong saya, pertama karena judulnya memang sangat relate dengan saya dan kedua khawatir saya terjebak lagi.

Akhirnya, saya putuskan untuk membaca dan mencoba aplikasi tersebut. Benar saja, ternyata IDN App adalah aplikasi baca berita terlengkap yang anti clickbait, anti hoaks, tidak ada iklan yang mendadak muncul dan tentu saja memiliki fitur-fitur yang menarik dan kelebihan lainnya, yang memudahkan kita unyuk menjadi bagian dari kontributornya. Dan tentu saja, membuat kegiatan baca berita lebih menyenangkan. Simak ulasannya yuk!

Peluncuran IDN App

IDN App, adalah salah satu aplikasi baca berita, yang sampai saat ini masih eksis. Diluncurkan pertama kali pada 21 September 2018, kini masih mendapatkan tempat di hati pembaca sekaligus penikmatnya. IDN App, bukan sekadar aplikasi untuk membaca berita, namun ada juga fitur-fitur untuk tanya jawab dengan pemilik artikelnya, loh.

IDN App memiliki desain tampilan yang sangat menarik. Mengusung desain yang konsepnya kekinian, menjadikannya salah satu aplikasi baca berita yang mengikuti perkembangan zaman. Tidak ada desain atau warna monoton, semuanya memiliki komposisi yang segar untuk mata.

mengenal fitur utama idn app


Fitur IDN App

Home

Pada tampilan Home, kita akan disajikan artikel-artikel populer dari berbagai penulis. Untuk artikel yang muncul pada halaman ini, tentu saja berdasarkan pilihan tema yang telah kita sebelumnya, ketika baru mendaftarkan diri. 

Tidak hanya itu, di sini juga ada fitur tanya jawab. Yang mana, ini bisa kita gunakan untuk berbincang langsung dengan sesama pengguna IDN App. Untuk semua event dan promo, juga bisa lihat di halaman ini ya.

Explore

Sedangkan pada Explore, selain menampilkan daftar pilihan topik kita, juga tersedia topik spesial dan beragam topik pilihan lainnya. Seperti Hype Entertainment, Life Woman, Travel Destination, Tech Trend, Sport Soccer, Life Education dan masih banyak lagi. Tenang, IDN telah menyediakan tak kurang dari 42 pilihan topik berita.

Banyak, kan? Tentunya, ini juga lah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak pembaca mengatakan, jika IDN App adalah aplikasi baca berita terlengkap.

Notification

Halaman notifikasi ini, akan menampilkan pemberitahuan terkait tulisan dan komentar pada tulisan kita. Jadi, menulislah di IDN App, supaya halaman ini juga memberikan kesan tersendiri bagi kita. Karene kalau kita tidak menulis atau aktif sebagai pengguna, maka page ini juga akan kosong.

Profile

Tentu saja, ini memuat data diri pengguna yang bersangkutan. Tidak hanya menampilkan identitas, namun juga ada jejak kita selama menggunakan IDN App. Seperti Redeem Point, Rank dan Total Views dari artikel yang kita publikasikan. 

Ada juga beberapa opsi lain, seperti Bookmark, Draft (ini berisi draft tulisan kita yang belum selesai), Artikel Terbit, Artikel Revisi, hingga Artikel Ditolak. Nah, kita sendiri bisa melihat progres tulisan atau artikel kita di page ini. Karena bisa secara langsung mendapat feedback dari editor-editor yang mumpuni, jadi kita bisa merevisi dan mengirimnya kembali (jika artikel kita dikembalikan untuk perbaikan).

 

mudah jadi kontributor

 

Aplikasi Baca Berita yang Mudahkan Kita Jadi Kontributor

Pada bagian ini, ada beberapa artikel tips yang wajib diperhatikan oleh calon pengirim tulisan atau pengguna baru IDN App. Mengapa, sebab pada bagian ini, dijelaskan dengan sangat detail mengenai syarat kelayakan sebuah artikel lolos kurasi editor. Bukan hanya itu, pada sisi selanjutnya juga menampilkan tutorial berupa video terkait penjelasan mengenai seluk beluk IDN App sendiri.

Tidak berhenti di situ saja, pada slide terakhir, nampak berjudul Podcast. Yang mana, ini berisi tanya jawab seputar proses editing, tutorial mengunggah gambar, pengenalan fitur-fitur IDN App dan pilihan judul podcast lainnya.

Dengan adanya fitur ini, tentu saja sangat memudahkan penulis yang ingin bergabung menjadi kontributor di IDN App. Karena sudah terlampirkan pedoman bagaimana ketentuan penulisan artikel sampai dengan sebab artikel tersebut masih berstatus pending? Lengkap bukan?

Tidak hanya itu saja, sebagai aplikasi baca berita, sudah pasti menampilkan berita yang tengah booming di tengah masyarakat. Oleh karenanya, di sini pula diberikan tips oleh IDN Times Community, supaya artikel kita cepat diterima oleh editor. Tentu saja hal ini membantu kontributor-kontributor baru, dalam menulis dan menyajikan artikelnya.

Nah, ada bonus yang harus kita ketahui juga. Ketika sudah aktif menulis di IDN Times, kita bisa saja mengklaim poin bahkan redeem poin, yang semuanya bisa diuangkan loh! Bahkan, dana akan masuk ke rekening kita tepat waktu. Untuk beberapa orang yang menjadikan menulis sebagai pekerjaan utama, tentu saja hal ini sangat menguntungkan, selain itu, ini juga merupakan apresiasi dari IDN Times untuk semua penulis. 

Tulisanmu belum diterima? Jangan menyerah. Karena prosesnya yang mudah, kita bisa saja mengirim sebnayak-banyaknya artikel yang tentu saja berkualitas untuk IDN App.

Listicle dan Narasi

Nah, di IDN App sendiri, jika kita amati, tak banyak bentuk atau format tulisan yang digunakan. Listicle (List Article) dan narasi adalah dua format, yang digunakan oleh IDN App dalam menyajikan kontennya. Namun, penggunaan kedua tulisan ini pun tidak sembarangan. Ada syarat dan ketentuan, kapan format tersebut dipakai.

Untuk penggunaan narasi misalnya, hanya dipakai untuk menulis fiksi (cerpen dan opini) dan opini. Jangan lupa juga, untuk memperhatikan jumlah kata dalam narasi kita. Minimal ada 600 kata (kecuali puisi). Sedangkan, ketika kita ingin menulis opini maka sudah seharusnya menggunakan kaidah 5W 1H, supaya dalam proses menulisnya kita tidak terlalu kerepotan untuk memperhatikan jumlah kata tersebut.

Sedangkan, untuk listicle sendiri, bisa kita pakai pada tulisan yang lain. Salah satu yang menjadi ciri khas IDN App juga, bahwa di setiap Listicle isinya berdasar pada sub judul artikel kita dan dilengkapi dengan gambar yang tentunya juga mendukung sub judul tersebut.

Listicle sendiri, mulai banyak digunakan oleh berbagai media dalam menyajikan artikelnya. Karena selain memudahkan pembaca untuk mendapat insight dari artikel tersebut, Listicle sendiri juga nyaman di mata.

Beberapa kategori dalam IDN App yang bisa ditulis dengan menggunakan Listicle, antara lain : Hype, News, Life, Food, Bussines, Health dan beberapa yang lain.  

Ada pula ketentuan minimal poin dalam Listicle. Untuk kategori News, minimal ada 3 poin, yang tentu saja di setiap listicle memuat data informatif.  

Kemudian untuk artikel yang berupa rekomendasi (tempat wisata, kuliner, tips, kejadian unik dan yang lainnya), minimal menggunakan 5 poin. 

Dan, minimal 9 poin untuk artikel yang berisi kumpulan-kumpulan foto. Namun, jangan lupa untuk tetap menuliskan sub judul yang informatif dan tidak dengan kalimat yang terlalu pendek.

Oh ya, ketika kita ingin menuliskan artikel berbentuk Listicle, kita bisa menggunakan "Add Section" di setiap poinnya, jadi ketika ingin menambah poin baru, kita juga harus klik "Add Section" lagi. Selain itu, perhatikan penggunaan huruf kapital ya. Karena huruf kapital dalam Listicle, hanya digunakan pada awal kalimat dan tentu saja tidak perlu menggunakan tanda titik (.) di akhir kalimatnya.

Pada bagian "Sub Description", kita bisa menulis paragraf pendek. Isinya sekitar 1 atau 2 paragraf, dengan minimal 3 kalimat dalam tiap paragrafnya. 

Saya pribadi, menyukai bentuk Listicle ketika membaca artikel. Karena memang informasinya lebih mudah didapat dan tidak membuat mata cepat lelah.

Bagaimana? Menarik bukan fitur-fitur yang ada di IDN App?

Yuk download IDN App dan nikmati beragam fitur menariknya, sebagai salah satu aplikasi baca berita terlengkap. Jangan lupa, manfaatkan waktu kita selagi #dirumahaja dengan kegiatan bermanfaat, seperti mengirim tulisan-tulisan untuk IDN App!


Related Posts

30 komentar

  1. Rekomended nih IDN app. Download.

    BalasHapus
  2. Friendly banget. Bacanya lebih enak, nggak keganggu sama iklan-iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, kan sebel ya kalau lagi baca tau2 ketutuo sama iklan :(

      Hapus
  3. Insyaallah auto check. Soalnya jujur, capek banget baca berita yang full iklan. Malah kadang gerak-gerak tuh iklannya :)

    BalasHapus
  4. Salah satu yang bikin betah baca di IDN Times.. Suka juga dengan cara mereka memilih judul nggak berlebihan tapi tetap memikat hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mereka emang nggak ada clickbait2 dan wajib informatif mbak :D

      Hapus
  5. Sekarang IDN sudah ada aplikasinya. Jadi, makin mudah membacanya

    BalasHapus
  6. Wahh asik nih nggak keganggu iklan, jadi bisa lebih fokus bacanya dan nggak kepotong-potong.

    BalasHapus
  7. Bisa ikut nulis dan dibayar juga lagi ya, cus deh download

    BalasHapus
  8. aku suka baca berita di idn, menurutku ringan aja gitu tulisannya, sederhana tapi juga dekat dengan kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  9. baarakallah mbak Nimas, maa syaa Allah IDN App emang mantap apalagi diulas mbak Nimas, dah kalah wes aku xDD

    BalasHapus
  10. Siappp cuz google play hehe

    BalasHapus
  11. uwooo, ternyataa... Oke cekidot unduh..

    BalasHapus
  12. Waaah Kak Nimas sudah berapa lama jadi kontributor di IDN? Artikelku pernah terbit 3 kali di sana, tapi setelah itu ga lanjut lagi karena kerjaan utama semakin membuat sibuk.

    BalasHapus
  13. Betul mba, kadang judul dan isi beritanya nggak nyambung sama sekali dan ini jadi slh satu penyebab minat baca berita aku jadi menurun.

    Waah aku baru tahu ada IDN App ini *masya Allah kudetnya aku :(,
    masukin wishlist dulu ahh, ntar ku unduh :)

    BalasHapus
  14. Informatif..jadi tahu seluk beluk DN App, aplikasi untuk membaca berita

    BalasHapus
  15. Benar Mbak, risih banget kalau lagi baca artikel seringkali keluar iklan langsung banyak. Kalau satu masih mending, kadang sampai layar semua dipenuhi iklan. Alhasil, saya langsung keluar dari artikel tsb.

    BalasHapus
  16. Iya, aku baru saja menghapus aplikasi berita yang iklannya ganggu banget, suka muncul berulangkali di layar padahal lagi baca artikelnya huhu

    BalasHapus
  17. Wah biasa baca versi webnya skrg makin praktis ya ada versi app. Nyaman pasti tanpa iklan..

    BalasHapus
  18. Baru tau IDN udah ada aplikasinya insyaallah ntar ngintip deh. Apalagi ada peluang jd kontributor kayanya harus dicoba tuh

    BalasHapus
  19. Wah, IIDN sudah ada applikasi baca beritanya. Bisa makin uptodate akutu. Mau download aplikasinya ah.

    Selama ini, aku belum ada yang cocok sih sama aplikasi baca berita yang sudah ada. Walhasil ya install habis itu hapus aja kerjaannya. Hehehe

    BalasHapus
  20. Aku juga salah satu penikmat baca berita dari IDN app ini mba, tampilannya yang bersih dan notif berita yg bisa disetting ini memudahkanku memilih berita pilihan

    BalasHapus
  21. Asyik, akhirnya ada aplikasi yang membantu membaca artike dengan tenang, tanpa diganggu iklan ^^

    BalasHapus
  22. Selama ini aku baru baca versi web nya, ternyata udah ada aplikasi juga. Enak kalo baca artikel yang nggak pakai click bait, bikin gemes kudu trampil klik untuk ngilangin iklan kayak lomba lari, hhihii

    BalasHapus
  23. Aku juga Mbak... Lama-lama malas baca berita karena yang sering muncul adalah berita2 klikbait yang isinya diulang-ulang melulu dan harus sekrol sampe sekian halaman ����

    Menarik juga nih kalau bisa jadi kontributor IDN Times

    BalasHapus
  24. Semuanya sekarang lbh mudah ya.apalagi tinggal donlod aplikasi. Baca berita jd makin asyik dan bikin pinter nih.

    BalasHapus
  25. Iya sama nih, aku seringnya malas baca berita karena kebanyakan clickbait gitu, serasa diPHP kaan... Boleh juga nih IDN app untuk dijadikan referensi bacaan kalau gitu yaa.. Mau juga nih nyoba kirim tulisan di situ.

    BalasHapus

Posting Komentar

Pengikut