Laporkan Penyalahgunaan

Pengikut


About

Hidup bukan tentang seberapa panjang usia kita, namun seberapa bermanfaatnya hidup kita di dunia. Karena perjalanan setelah kehidupan dunia, jauh lebih panjang dan abadi.

Novia Andriyani : Blogger di Tanah Sasak

4 komentar
Novia Andriyani : Blogger Muda di Tanah Sasak

Pernah mendengar nama Novia Andriyani? Belum? Tenang, kali ini saya ajukan beberapa pertanyaan ke Mbak Novia, tentu saja supaya lebih dekat dan hangat.
Mbak Novia sendiri, adalah sesama peserta di kelas Blogspedia Coaching #1. Akhirnya, ada kesempatan ngobrol intim sama doi. Kita hujani Mbak Novia dengan pertanyaan-pertanyaan ya :)


4 Hal Menarik tentang Novia Andriyani

Peserta di kelas ini, memang berasal dari beragam kalangan dan daerah. Maka, tak heran jika bermunculan pertanyaan dari sesama peserta. Mau tahu, pertanyaan apa saja yang saya ajukan ke Mbak Novia?

Awal Mula Menulis

Menurut penuturan Mbak Novia, dulu dia ini pernah berpikiran untuk menjadi penulis. Kenapa? Karena suka menyendiri, bergulat dengan pikirannya sendiri -entah untuk bertanya atau menerka sesuatu-, namun sayangnya, kegiatan tidak berjalan mulus. Akhirnya, hal itu terhenti bahkan sebelum dimulai.

Ini dikarenakan, dia sendiri tidak tahu apa yang harus ditulis dan bagaimana memulainya.

Hingga kemudian, pada tahun 2020 ini, dia berkenalan dengan salah satu komunitas menulis, One Day One Post (ODOP). Yang mana, mengharuskan pesertanya untuk menulis secara intensif setiap hari, selama kurang lebih dua bulan.

Dari sinilah, Mbak Novia mulai memiliki habit menulis yang terbilang rapi. Meski di awal perjalanan menulis sempat bingung, terkait pilihan platform, namun dia menyadari, jika hanya terbiasa meenulis di Instagram, hal tersebut tidak akan membuatnya berkembang. Ya, akhirnya dia memilih fokus menulis di blog dan mendalaminya secara maksimal, sampai saat ini.

Menulis bukan sekadar hobi, tapi juga healing bagiku- Novia Andriyani
Baginya, ngeblog itu "aku banget". Jadi blognya berisi tentang kekesalan pada orang lain, pengembangan diri dan tentu saja untuk melepaskan energi-energi agar tidak menumpuk di kepala. Keren ya?

Mengenal Jurnalviandry.com

jurnalviandry.com adalah "rumah" Mbak Novia.

Menggunakan nama diri sebagai nama blog, diharapkan bisa menunjukkan identitas, bahwa blognya ada personal blog. Tentu saja, niche yang dipilihnya adalah lifestyle. Kenapa? Karena beliau ini, ternyata tidak bisa fokus pada satu persoalan dalam waktu tertentu. Selain itu, tentu saja untuk meningkatkan brandingnya sebagai blogger.

Penjelasan Mbak Novia, tentang judul blognya :

Novia Andriyani : Blogger Muda di Tanah Sasak
  • Jurnal bisa berisi apa saja yang terjadi disekitarnya.
  • Jurnal bisa dengan bebas mengekspresikan pemikiran. 
  • Viandri adalah singkatan dari Novia Andriyani.
  • Menggunakan nama sendiri sebagai judul jurnal adalah bahwa Novia Andriyani ingin dikenal sebagai dirinya yang sebenarnya. 
  • Viandri adalah nama yang dulu sempat diimpikan agar menjadi laki-laki. Sampai akhirnya sadar, bahwa setiap diri memiliki sifat maskulin dan feminin. Yang justru membuatnya bersyukur menjadi perempuan yang bisa bebas melangkah jauh.

Ternyata, pilihan warna oren yang mendominasi blognya, juga memiliki arti :

  • Kreativitas 
  • Kegembiraan
  • Memberikan kekuatan untuk beraktivitas dan sosialitas 
  • Keberanian 
  • Kesehatan

Favicon yang Menarik Perhatian

Ketika membuka blog Mbak Novia, salah satu yang menarik perhatian saya, adalah favicon yang warnanya terbilang mentereng. Tapi, karena ukurannya yang terbilang kecil, akhirnya beliau menjelaskannya.
Novia Andriyani : Blogger Muda dari Tanah Sasak
  • Gelas memberikan arti bagiku bahwa untuk belajar kehidupan kita harus sering mengosongkan gelas kita agar ilmu yang didapat bisa terserap. Mengosongkan gelas juga menandakan menghargai orang meski kita sudah mengetahui ilmunya.
  • Nutrisi dalam gelas. Ilmu, pengalaman, pengetahuan yang kita masukan ke dalam gelas daya tampung kita adalah yang bergizi, bermanfaat. Gelas yang kita tumpahkan ke orang lain juga memberikan manfaat. 
  • Kupu-kupu melambangkan semua perubahan memiliki proses. Baik secara perlahan maupun cepat. Perubahan itu menyakitkan maka jika kita tetap bertahan akan indah yang dituainya. Seperti warna warni kupu yang indah untuk dilihat.
Dari arti yang ada di atas, Mbak Novia menginginkan jiwa yang berani dengan tubuh yang selalu sehat dan semangatku selalu tergerak dimanapun berada dan dan dalam kondisi apapun. Warna ini juga bisa membuat rasa segar ketika melihatnya.

Masyaa Allaah, filosofinya dalam ya

Namun, ternyata template yang sekarang digunakan, belum seusai dengan keinginannya. Dia mengaku, ingin template sederhana dengan nuansa oren yang mendominasi blognya. Sebab, dia akan pusing jika terlalu melihat banyak ornamen.

Tantangan Ngeblog bagi Blogger Pemula

Baginya, menulis di blog juga ada tantangannya loh. Tentunya selain waktu ya, karena kebetulan, Mbak Novia termasuk yang kerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Jadi, untuk waktu sekarang ini terbilang fleksibel menurutnya.

Namun, salah satu yang menjadi PR baginya adalah mengembangkan tulisan. Kok bisa? Karena mengembangkan ide hingga mengular, menjadi paragraf panjang bukanlah hal mudah. Karena, dulunya Mbak Novia ini ternyata mulai menulis di Instagram, yang jumlah karakternya terbatas.

Nah, barulah pada kesempatan ini, Mbak Novia mulai terbiasa menulis dengan paragraf yang mengular. Istilahnya, bisa karena terbiasa.

Blog dan Finansial

Meski sekarang tengah menjadi staf administrasi, di sebuah agen perjalanan di Lombok. Bukan berarti Mbak Novia hanya mengandalkan pemasukan dari pintu tersebut.

Karena, dia pun menyadari, jika tidak selamanya bisa mengandalkan rupiah sebagai pekerja kantoran. Oleh karenanya, tidak menutup kemungkinan jika kemudian hari, blognya akan menjadi salah satu ladang mencari nafkah.

Sebagai content writer, pilihannya. Itulah mengapa, dia mencoba sekuat tenaga untuk bertahan di kelas blogging. Karena, ilmu yang didapatkan, dirasa berguna bagi Mbak Novia untuk pengembangan blognya.

Tidak hanya menjadi penulis, namun perempuan yang lahir 26 tahun yang lalu ini, pun ingin membuka kelas pelatihan bagi blogger pemula lainnya.

Masyaa Allaah, mulia sekali niatnya. Semoga dimudahkan Allaah yaa :)

Di luar itu semua, Mbak Novia tumbuh di lingkungan keluarga dan teman yang sangat terbuka. Bahkan, ada seseorang yang secara spesial memberinya semangat dan dukungan, termasuk dalam dunia blogging.

Dari blognya, Novia Andriyani ingin mengajak para pembaca untuk lebih mencintai dirinya sendiri. Juga, tetap meningkatkan softskill dengan mengikuti beragam kegiatan maupun komunitas yang memungkinkan. Untuk apa? Tentu saja, untuk memiliki nilai manfaat di kehidupan dan bisa menambah penghasilan, di masa yang akan datang.

Sebab, dia tidak ingin meninggalkan kehidupan tanpa memiliki jejak kebaikan.

Baginya, memiliki ruang ekspresi atas emosi dan pikiran itu penting. Sedangkan Mbak Novia, memilih blog sebagai medianya. Baginya, blog memberikan kenyamanan untuknya berekspresi dan tetap menjaga kehidupan privasi.

Demikian bincang singkat dengan Novia Andriyani. Blogger pemula yang kini tinggal di Tanah Sasak, juga berpesan hidup sangat singkat jika hanya untuk menyesali kehidupan. Luar biasa ya? Blog yang nampak sederhana, namun empunya menyimpan banyak nasihat dan makna yang dalam atas setiap pilihan.

Terima kasih sudah berkenan mampir, jangan lupa selalu menebar manfaat. Keep Blogging!

Related Posts

4 komentar

  1. Masya Allah dibuatkan tulisan oleh penulis, sukaaa

    BalasHapus
  2. Aku terkesan dengan logo blog Kak Novia, artistik sekali. Semoga terus konsisten berkarya! Begitu pun dengan Kak Nimas yang mendiskripsikan sosok Kak Novia dengan begitu lugas! Thank's for sharing!

    BalasHapus
  3. Eh kok sama sih, tertarik sama logonya. Dalem banget filosofinya

    BalasHapus
  4. MaasyaAllah. Menulis untuk menghilangkan energi negatif. Kereeeen

    BalasHapus

Posting Komentar

Pengikut