Nimas

ODOP Blogger Squad: Salah Satu Perjalanan

komunitas odop

Kalau tidak salah, ODOP Blogger Squad (OBS) ini baru terbentuk tahun lalu, beberapa waktu setelah pergantian kepengurusan di Komunitas ODOP (One Day One Post). Seperti namanya, OBS ini merupakan perkumpulan para anggota komunitas yang memiliki ketertarikan terhadap dunia blogging. Beberapa mungkin sudah expert,namun tidak sedikit juga yang meraba-raba, seperti saya ini.

Tahun lalu, terlambat join karena terlambat membaca pengumuman pendaftarannya. Untuk kali ini, memang sengaja lebih rajin untuk buka WAG ODOP, supaya tidak ketinggalan info ini (hahahaha). Jadi, OBS ini memang khusus untuk internal komunitas saja. Tujuan dibentuk, tidak lain untuk memberi “ruang” bagi anggota yang memang secara profesional berkecimpung dalam dunia blogging dan lebih aktif ngeblog dibanding menulis di media lain.

Kenapa saya tertarik untuk gabung dengan OBS ini?

ODOP Blogger Squad: Belajar Blogging Rasa Curhat

Pada umumnya, kelas-kelas blogging yang banyak beredar, punya aturan kelas yang lumayan ketat ya. Meskipun di OBS juga menerapkan sistem gugur, tapi juga memberikan kelonggaran selama seminggu untuk mengerjakan. Meskipun selalu ada yang seperti saya, mengerjakan tugas mendekati batas waktu.

Namun demikian, di sela waktu tersebut, peserta dan PJ sangat bebas membicarakan hal apapun terkait dengan blogging. Untuk peserta yang notabene masih sangat awam dengan blogging dan seluk beluknya, tentu ini menjadi nilai tambah tersendiri. Mereka tidak perlu khawatir akan tertinggal, sebab memang akan didampingi sampai paham dan menemukan solusi atas permasalahannya.

Tenang, di sana da banyak ahli. Ada yang memang fokus dengan ngeblog, penyedia jasa content writer atau pun yang memilih menjadi freelancer. Jadi, jangan khawatir pertanyaan kita tentang ngeblog akan menguap begitu saja, ya!

Lalu, sebenarnya apa sih manfaat gabung OBS ini? Yuk cek ya!

manfaat obs

Manfaat Gabung ODOP Blogger Squad

Teman Seperjuangan

You never walk alone! Seperti yang sebelumnya disampaikan, di sini kita akan punya banyak teman seperjuangan sepenanggungan. Tidak semuanya blogger profesional, banyak juga yang baru memulai blogging. Jadi tidak menutup kemungkinan ada juga teman yang mengalami

Dari merekalah, biasanya kobaran semangat untuk mengerjakan tugas dan terus belajar itu tetap membara. Apalagi ketika melihat pencapaian-pencapaian selama blogging. Entah itu DA yang semakin meroket, juara lomba blog, muncul di page one, atau sukses mengulik blognya dengan tampilan yang lebih cimaik!

Ya, pokoknya ada aja lah yang buat kita tetap semangat ngeblog, semangat ngulik dashboard dan tentu saja optimasi blog kita.

Banyak Ilmu

Jadi, sistem belajar di ODOP Blogger Squad ini, materi seminggu sekali lalu ada tugas ngeblog sesuai dengan materi yang sebelumnya disampaikan. Tapi, sering kali saya ini justru tidak bisa mengikuti kelasnya tepat waktu. Jadi, ketika materi sudah selesai, saya baru mulai membacanya dari awal dan mencatat hal-hal yang penting.

Seperti materi minggu kemarin tentang Riset Keyword. Ketinggalan Sejak awal, membuat saya tidak ikut nimbrung dan membaca semua materi dari awal sampai akhir, tentu saja sambil mencatat semua materinya.

Nggak ada yang pelit ilmu! Materi disampaikan dengan detail, tanya jawab juga dibuka seluas-luasnya setiap hari dan kapanpun! Mau tanya soal blogging sampai masakan pun, pasti akan terjawab.

Ini belum akhir dari perjalanan di ODOP Blogger Squad sih, karena sebetulnya justru baru mulai. Kalau ditanya bagaimana cara untuk bertahan supaya tidak dikeluarkan? Hmmm, masih jadi misteri, tapi ada beberapa hal yang mungkin cocok diterapkan.

Cara Bertahan di ODOP Blogger Squad ala Nimas

Kerjakan Tugas

Salah satu syarat wajib yang memang harus dilakukan adalah mengerjakan tugas. Hal ini juga berlaku untuk para PJ, kalau tidak mengerjakan ya akan ditendang dari grup. Keren ya? Peserta nggak dituntut untuk mengerjakan tugas dengan sempurna kok, semampunya, karena tetap akan diapresiasi.

Dan, kerjakan tugasnya tepat waktu. Ini penting ya. Kalau sampai batas waktu belum ada tugas yang dikirimkan, yasudah, sampai jumpa di ODOP Blogger Squad tahun depan.

Teliti

Selain tepat waktu, teliti ini juga menjadi kunci ya. Misalkan, ada instruksi khusus yang disampaikan untuk mengerjakan tugas. Nah, kalau kita tidak teliti membaca pengumuman, tentu tugas tersebut tidak maksimal.

Atau hal-hal kecil seperti mengecek deskripsi grup, karena beberapa pengumuman juga dicantumkan di sana, termasuk link untuk menyetorkan tugas dan daftar link tugas. Serupa tapi tak sama.

Selain terkait dengan tugas, kita juga perlu teliti ketika menyimak materi yang disampaikan, termasuk pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan. Karena tak jarang, dari apa yang ditanyakan teman-teman, kita mendapatkan informasi yang ternyata juga kita butuhkan. Jangan lupa untuk mencatatnya ya.

Sampai Di ODOP Blogger Squad

Ketika mulai berniat mendalami dunia blogging, masuk ke grup ini menjadi sebuah target. Karena memang tujuannya untuk mencari sebanyak-banyak informasi seputar ngeblog dan bagaimana upgrade diri.

Semakin kita belajar, semakin kita merasa banyak tidak, seharusnya semangat untuk terus berbenah itu tetap ada. Termasuk dengan blogging. Harapannya, ketika masuk ke ODOP Blogger Squad, ritme untuk menulis tetap terjaga dengan baik.

Jadi, ketika sudah masuk ke grup OBS ini, rasanya sayang kalau saya harus mundur dan mengulangnya tahun depan. Padahal, umur dan waktu adalah misteri Ilahi, kan? Karenanya, tidak ada hal lain selain menggunakan kesempatan ini sebaik yang saya bisa, termasuk mengerjakan tugas ini menjelang batas waktu.

Untuk kalian yang tengah memperjuangkan sesuatu, usahakanlah semampu kalian, sebab akan selalu ada kejutan dari Tuhan di balik kerja keras kalian. Oke?
Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

Post a Comment