Nimas

Menu Sarapan Anak 1 Tahun : Sederhana, Enak, Sehat dan Cepat




Apakah ibu-ibu sekalian juga sering bingung mikirin menu sarapan anak 1 tahun? Hahaha sama lah ya, sama banget. Meski si bocil ini sudah makan sejak usia 6 bulan, tapi masih saja sesi makan menjadi momok tersendiri. Sering muncul pikiran “nanti dia lahap nggak ya?”, “dia mau nggak ya”, “dilepeh nggak ya?” ketika di dapur nih.

Bahkan, untuk aku pribadi yang baru belajar masak ketika menikah dan semakin rajin ketika ada bayi, ngerasa banget kalau menyiapkan makanan itu tidak semudah melihat Master Chef. Dan juga, ketika menyiapkan makanan anak di bawah 2 tahun, kita harus perhatikan juga perbandingan karbo, lemak, protein hewani dan juga nabatinya. Mungkin bisa saja kita berikan menu yang sama dengan apa yang dimakan orang tuanya, tapi tetap saja ada nutrisi tertentu yang sangat dibutuhkan.

Sesi menyiapkan makanan yang butuh pemikiran matang dan panjang, menurutku adalah di sarapan, sih. Karena aku pribadi harus siapkan beberapa jenis makanan untuk bekal suami (doi kerja sampai sore) dan tentu saja sarapannya si anak bayi, makannya ibu? Ah ibu mah gampang, dadar telur atau indomi juga jadi itu, ya nggak?

Btw, dulu anakku dulu sempat diagnosis positif TB (alhamdulillah sekarang udah nggak), jadi sejak itu aku juga makin kreatif tuh buat menu-menu yang tinggi kalori. Dan sedikit tambahan, anakku kebetulan kadang menolak menu yang sama diberikan selama 3x makan dia (hahahahahaha entah dari siapa dia niru ini).

Akhirnya, aku punya menu-menu sarapan sederhana untuk doi, yang penting mah nutrisinya insya Allah nggak zonk ya bu, karena aku pun termasuk yang selektif soal menu makan utama ini. Yuuk, intip menu-menu andalan yang bocil pun lahap makannya, happy reading moms

Menu Sarapan Anak 1 Tahun

Overnight Smoothies/Oat Buah

Pertama, karena bapaknya bayi juga doyan banget, jadi aku coba kasih menu ini ke dia, dan dia juga doyan (like father like son). Ini simple banget ya bahannya, dan untuk overnight ini, buatnya malam gitu, terus disimpen aja di kulkas. Jadi sarapannya sama smoothies yang dingin hahaha

Bahan :

  • Oat
  • Susu uht
  • Buah (aku biasanya pisang, atau apapun yg manis dan sesuai selera aja)
  • Keju (karena anak bayi doyan banget keju

Cara buat :

  • Masukkan oat ke dalam mangkuk atau gelas (pastikan punya tutup ya)
  • Masukkan buah yang sudah dipotong tipis atau ditumbuk, lalu tambahkan keju
  • Siram susu uht
  • Tutup dan biarkan sampai pagi
Kalau untuk oat buah, bahannya sama, cuma nggak perlu disimpan semalaman. Fresh gitu jadinya. Biasanya aku pakai buah apel, karena untuk ambil tekstur crunchynya, manisnya juga. Buah seperti buah naga, alpukat, pisang atau keluarga berry juga bisa, sesuai selera aja sih. Untuk buah yang keras seperti apel atau pir, bisa diparut ya.

Omelet Misoa Daging

Ini juga gampang banget buatnya. Menu ini adalah hasil inovasi dari anak bayi yang bosan makan misoa kuah hahahaha.

Bahan :

  • Misoa 2 ikat (nyebutnya apa sih?)
  • Telur ayam atau telur puyuh
  • Keju parut (aku pakai milky soft)
  • Daging giling (sapi atau ayam, bebas)
  • Kaldu jamur atau penyedap (optional)
  • Garam (optional)

Cara Memasak :

  • Rebus misoa sebentar, tiriskan
  • Di mangkuk terpisah, kocok telur sampai tercampur, masukkan daging giling, aduk sampai tidak ada gumpalan daging, tambahkan keju dan beri kaldu atau penyedap, aduk
  • Masukkan mangkuk berisi telur ke dalam mangkuk misoa, aduk rata
  • Goreng di minyak panas dengan api sedang cenderung kecil, supaya bagian luar misoa tidak terlalu kering dan daging matang sempurna

Mac and Cheese

Mac and cheese sederhana ala dapur saya hahaha, alhamdulillah anak dan suami doyan ya. Aku biasa buat tanpa tepung maizena sih, jadi creamy memang full dari susu dan kejunya aja.

Bahan :

  • Makaroni (merk bebaskan aja, sesuai budget dan kebiasaan di rumah)
  • Keju parut (aku milky soft, kadang cheddar juga, keju slice juga bisa)
  • Susu uht
  • Kaldu jamur atau garam
  • Daging giling
  • Butter atau minyak (atau apapun yang bisa dan biasa kita pakai buat masak)
  • Bawang bombay cincang

Cara memasak :

  • Rebus makaroni (al dente atau empuk banget ini juga selera), tiriskan
  • Tumis bawang bombay cincang, masukkan daging, sisihkan
  • Di panci terpisah, masukkan susu uht dan keju, aduk sebentar masukkan makaroni, lalu tumisan daging, aduk kembalKoreksi rasa, jika suka asin bisa tambah garam atau kaldu, jika suka tekstur yang kental bisa tambahkan 1 sdt tepung maizena yang sudah dicairkan

Kentang Daging Kukus

Bahan :

  • Kentang yang sudah dipotong dadu kecil (aku butuh teksturnya, ditumbuh juga boleh tapi dikukus dulu)
  • Telur ayam atau telur puyuh
  • Keju (selalu mioky soft)
  • Daging giling
  • Butter atau margarin/menteg
  • Kaldu jamur
  • Lada

Cara memasak :

  • Tata kentang di dasar mangkuk atau apapun yang tahan panas
  • Di tempat terpisah, masukkan telur, kocok. Tambahkan daging, aduk, lalu keju, kaldu dan lada. Aduk dan koreksi rasa
  • Tuang ke dalam mangkuk berisi kentang, dan kukus dengan api paling kecil
  • Ketika sudah matang merata (aku cek pakai tusuk gigi), tambahkan butter di atas makanan. Tunggu sampai meleleh dan siap disantap

Bola Daging Kuah Bakso

Bahan :

  • Daging giling 1 ons (cukup untuk 2-3 makan, tergantung anaknya)
  • Bawang putih cincang halus
  • Daun bawang
  • Kemiri
  • Bawang goreng
  • Kaldu
  • Garam
  • Lada
  • Gula
  • Tepung maizena

Cara memasak :

  • Campur daging dengan tepung maizena, tambahkan bawang putih cincang, garam dan kaldu bubuk, bulatkan lalu rebus, tunggu sampai mengapung
  • Siapkan cobek, lalu haluskan bawang putih, kemiri, dan ujung daun bawang (yang berwarna putih, hanya putihnya saja), lalu tumis
  • Panaskan panci berisi air, setelah mendidih masukkan bumbu tumisan, tambahkan kaldu, garam, gula dan lada. Koreksi rasa

French Toast

Bahan :

  • Roti tawar
  • Mentega/margarin/butter
  • Keju parut
  • Susu uht
  • Lada
  • Garam
  • Kaldu

Cara memasak :

  • Potong roti menjadi 4 bagian (supaya makannya gampang, nggak kegedean)
  • Di atasnya taruh keju parut, lalu tutup dengan roti lainnya, padatkan
  • Di mangkuk lain, kocok susu uht dengan telur, garam, lada dan kaldu, koreksi rasa
  • Masukkan roti perlahan, gulingkan, lalu panggang. Untuk yang nggak punya pan khusus, bisa pakai teflon ya

Pancake Oat

Bahan :

  • Oat
  • Tepung terigu
  • Baking powder
  • Susu uht
  • Gula
  • Mentega cair

Cara memasak :

  • Masukkan oat, tepung terigu, baking powder dan gula lalu haluskan (aku pakai blender)
  • Setelah tercampur, masukkan mentega cair dan susu uht, aduk rata
  • Tuangkan adonan (aku pakai takaran sendok sayur) pada pan atau teflon, dengan api kecil aja ya


Nah, itu tadi beberapa menu sarapan andalanku di rumah. Menu ini bisa banget untuk semua anggota keluarga kok, kecuali yang punya alergi sih. Tekstur makanan silakan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.

Menu sarapan anak 1 tahun ini kutulis, karena nggak sedikit ibu-ibu yang mulai kebingungan dengan menu sarapan anaknya karena terbatasnya waktu dan ide. Dah aku mah coba-coba aja, imajinasikan bahan yang ada hahaha. Prinsipnya, anak umur setahun udah makan makanan keluarga, tinggal dikreasikan aja dikit-dikit biar nggak monoton dan nutrisinya tetap terpenuhi

Maaf ya, aku nggak cantumkan takaran detailnya, karena aku pun masukinnya pakai takaran perasaan aja hahaha. Ya dikira-kira lah, nanti pasti tangannya bisa ngukur sendiri :v

Yak, selamat mencoba menu sarapan anak 1 tahun ini ya. Kalau rasanya, ya boleh aja beli nasi uduk, nasi kuning, atau apa ajalah yang ada di rumah. Bebas aja. Sekali lagi, semua anggota keluarga bisa makan ini juga ya, jadi yang belum ada baby pun bisa coba.

Tulis di kolom komentar kalau ada yang mau ditanyakan ya, sharing-sharing menu dan pengalaman juga boleh. Thanks for reading :)
Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email