Nimas

Sewa Ruang Kerja : Coworking Space ala Drakor Start Up

coworking space gowork

Hayooo, kamu #timjipyeong atau #timdosan?

Kamu udah nonton Drakor Start Up belum? Kalau udah, apa sih yang paling kamu inget dari drama serial ini? Selain para pemainnya tentu saja ya hahahaha

Aku sendiri, ketika melihat film ini cukup terkesan dengan Sandbox. Aku nggak ngomong soal bidang usahanya ya, tapi lebih ke desain interiornya, coworking space yang ada di dalamnya. Itu kelihatan nyaman banget buat kita kerja, kan? Sebagai perusahaan yang menampung banyak perusahaan rintisan seperti Silicon Valley di Amerika Serikat, rasanya desain interiornya cukup memanjakan mata sih.

Kalau kita perhatikan, di dalam Sandbox sendiri ada cafetaria yang bisa di akses oleh semua orang, ada ruang meeting yang bisa digunakan beberapa perusahaan rintisan, memiliki ruang terbuka hijau dan tentu saja ruang privat bagi setiap perusahaan. Yes, Sandbox tidak hanya memberikan janji kesuksesan bagi perusahan-perusahan baru tapi juga kenyaman sebagai penunjang produktivitas. Keren sih detailnya.

coworking space gowork

 

Nah ternyata, konsep ruang kerja seperti Sandbox juga ada di Indonesia, loh. Nggak percaya? Salah satu yang menyediakan ruang kerja seperti itu adalah GoWork. Apakah GoWork adalah titisan Sandbox? Hahahahaha tentu saja bukan ya teman, GoWork sendiri adalah salah penyedia jasa sewa ruang kerja, meeting room, bahkan ruang kantor pun bisa! Masih nggak percaya? Oke, aku ambil contoh Gedung Plaza Indonesia.

Apa yang kamu bayangkan, ketika mendengar Plaza Indonesia? Mall mewah? Oh, tentu saja tidak teman. Di dalamnya ada perkantoran juga loh. Keren kan? Lupakan lingkungan kerja yang workaholic dan jauh dari kenyamanan deh.

"We provide world-class facilities and style, without breaking the bank." Richard Lim - CFO/CRE GoWork

Tapi, kok bisa ada ruang kerja bahkan kantor di Plaza Indonesia? Jadi, Salah satu visi GoWork adalah membangun ruang kerja indah yang membantu para pekerja bisa mencapai kesuksesan dengan cara baru.

Kalau kita perhatikan desain interior Sandbox, memang cukup mengagumkan ya. Hanya dengan melihat saja, kita bisa merasakan kenyamanan itu. Salah satunya adalah desain meja kerja yang berada di ruang private perusahaan. Meja tersebut bisa di adjust tingginya sesuai kebutuhan. Apakah ini berlebihan? Tentu saja tidak. Terlebih, kita juga tetap bisa merasakan aura kolaborasi dan produktif di dalam Sandbox bukan? Nggak cuma mewah, tapi ada value yang diberikan buat semua pekerja di sana.

Itulah pentingnya kenyamanan ruang kerja yang sesungguhnya, tidak hanya indah tapi juga menunjang produktivitas pekerjanya, kan? Nah, mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki ruang kerja serupa dengan Sandbox yang punya view sunset begitu cantik terbilang cukup besar. Maka solusinya adalah sewa ruang kerja. Tepat, jawabannya sekali lagi adalah GoWork.

Jangan bayangkan GoWork adalah penyewaan ruko atau kios di dalam mall ya. Ini jauh lebih cantik dari itu. Bayangkan saja, kita sedang di dalam SandBox bersama Han Ji Pyeong (What!). Ada ruang kerja dengan kursi yang empuk, pencahayaan yang baik, ruang meeting yang jauh dari kesan kaku, cafetaria ala cafe yang sesungguhnya, taman indoor, space untuk olahraga yang bisa merefresh pikiran kita. Bayangkan dulu ya.

Sewa Ruang Kerja : Solusi Hemat Budget di Ibu Kota

Pernah nggak sih, kebayang berapa budget yang harus kita keluarkan untuk bangun kantor di wilayah ibu kota? Atau budget untuk membuat ruang kerja yang sangat nyaman dan “aku banget”? Yap, tidak murah, tentu saja.

Di Start Up sendiri, kita bisa lihat, bagaimana Samsan Tech jatuh bangun buat cari investor demi perusahaan tetap mengepul kan? Sebelum bergabung dengan Sandbox, Samsan Tech hanya punya ruang kerja di loteng yang sempit. Sebagai perusahaan rintisan, Samsan tidak terlalu mendapat prioritas sebab secara visual (kantor) karena memang jauh di bawah pesaingnya. Tapi, ketika dia mulai masuk Sandbox, semuanya berubah.

Di Indonesia dengan kehidupannya yang real, hal itu juga bisa saja terjadi kan? Budget minim, tapi harus ada bangunan sebagai identitas perusahaan. Oleh karenanya, jasa penyewaan ruang kerja ini mulai tumbuh subur sejak tahun 2017 lalu. Salah satunya adalah penyedia jasa ini, ya GoWork. Tidak hanya ruang kerja yang disediakan, tapi juga meeting room, ruang perkantoran atau bahkan event space. Lengkap kan? Range harganya juga sangat variatif ya, beda lokasi sangat besar kemungkinan memiliki cost yang beda.

fasilitas gowork

CoWorking Space : Sandbox dan Realita

Untuk yang masih bingung apa itu coworking space, bisa lihat drakor Start Up ya (aku nggak tau drakor atau film lain ada atau nggak soalnya). Di sana, kalian akan lihat, di mana ada satu lantai yang isinya ada beberapa perusahaan rintisan. Setiap mereka punya ruang private untuk perusahaan, dan di dalamnya sudah dilengkapi dengan furniture yang memang support produktivitas mereka.

Apa sih fasilitas yang kita dapatkan ketika dapatkan ketika menyewa coworking space di GoWork ini? Simak ya!

Area Lounge yang Santai

Area ini secara khusus didesain untuk memberikan kenyaman bagi semua pekerja dan tentu saja sesuai dengan standar yang dimiliki GoWork. Tempat ini dibentuk dengan tujuan agar kita bisa dengan leluasa bersosialisasi, berkolaborasi dan berjejaring dengan sangat nyaman. Salah satu nilai plus untuk coworking space menurutku.

Bayangin aja, Dal Mi sampai tidur pules di bean bag kan di rest roomnya SandBox?

Tentu saja dilengkapi dengan internet berkecepatan tinggi, ya, teman! Karena di era digital ini, hampir semua lini bisnis bisa kita kendalikan dengan komputerisasi.

Bilik Telepon

Nah, ini yang menarik buat aku sih. Kita disediakan bilik khusus untuk privacy kita. Kita bisa bicarakan apapun, tanpa khawatir akan ada informasi yang terdengar.

Ruang konferensi

Di ruang ini, kita bisa melakukan pertemuan dengan para kolega kita, atau berdiskusi dengan seluruh tim untuk membahas segala hal tentang kemajuan perusahaan kita.

Kopi Artisanal

Ini sih yang paling banyak dicari para pekerja di hampir semua lini usaha. Menikmati segelas kopi dengan cita rasa khas, dan berbincang santai dengan rekan kerja, rasanya cukup hangat untuk dikenang, ya kan?

Ruang Acara

Ruang ini bisa kita pakai, jika perusahaan ada acara khusus. Jangan ragu untuk membicarakannya dengan staf GoWork ya teman, mereka akan dengan senang hati membantu menyiapkan yang terbaik bagi kita.

Pendukung Lainnya

Sebagai sarana memudahkan kegiatan kita, ada loh staf GoWork yang stay di sana. Bahkan, staff kebersihan juga ada kok, jangan bingung soal kebersihannya lagi ya. Selain itu, ada juga minuman segar seperti infused water yang tersedia di sana. Wow! Kita hanya perlu fokus pada pekerjaan kita, kan?


 

desain gowork

Aku pribadi memang jatuh cinta sih sama desain ruang kerjanya GoWork. Sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk semua fasilitasnya.
Sewa ruang kerja, khususnya coworking space nggak cuma berlaku buat perusahaan rintisan baru kok, perusahaan yang sudah mulai berkembang dan ingin meningkatkan progres SDM dan profit perusahaan, nggak ada salahnya sewa ruang kerja juga. Justru bisa ketemu banyak relasi kan?

Pasti banyak juga, perusahaan-perusahaan yang ingin punya ruang kerja seperti Sandbox atau minimal, nyaman aja gitu buat refresh otak tanpa perlu ninggalin kantor. Tapi ya, nggak semua ruang kerja bisa memberikan kenyaman dan keindahan layaknya Sandbox, sih.

Aku sendiri mengacungi jempol buat desain ruang kerja Sandbox. Karena nggak bisa dipungkiri, seolah dia menunjukkan standar desain ruang kerja, khususnya coworking space bagi banyak pengusaha.

Masih ragu untuk sewa ruang kerja, seindah coworking space ala Sandbox?

Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangkai kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

8 comments

  1. Saya belum nonton drakor Start Up. Tapi saya setuju bahwa tempat kerja yang nyaman sangat mendukung produktivitas kerja.

    ReplyDelete
  2. Uhuy, Tim Jiepyong pastinya. Wah, aku kerja di rumah yang acak adut aja bisa lupa waktu, kalau kerja di tempat seasyik ini, keknya aku bakal lupa pulang ke rumah deh, wkwk. Semakin produktif dan menghasilkan yaa.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nonton start up mba. Tapi liat fotonya kayaknya nyaman banget kerja di sana. Aku tipikal yang nggak betah kerja kalau ruangannya monoton gitu :D

    ReplyDelete
  4. Kepingin banget bisa kerja di tempat kayak gini. Kalau jadi content creator, content writer, ato yang kerjanya butuh kreativitas. Kayaknya idr bakal nongol terus, nih. 😜

    ReplyDelete
  5. Lengkap banget ya include di dalamnya, dan yang keren desainnya artistic banget

    ReplyDelete
  6. ternyata di indonesia ada coworking space kaya sandbox.
    biasa nyaman banget kerja di tempat yang kaya gini.

    ReplyDelete
  7. Tempat kerja idaman pastinya nii..
    Mungkin bakalan ku jadikan rumah kedua kalau kerja di tempat yang nyaman gini, hehehe

    ReplyDelete
  8. Punya kantor yang nyaman dan desainnya keren emang impian tiap karyawan sih mba. Jadi betah ketja dan ga ada kesan monotonnya

    ReplyDelete

Post a Comment