Nimas

3 Alasan Content Writer Wajib Punya ASUS ExpertBook B9400




Apakah kamu seorang content writer? Apakah kamu sering mengalami masalah dengan laptopmu? Coba, kita kenalan dulu sama ASUS ExpertBook B9400 deh. Sebagai content writer yang masih pemula ini, aku juga menyadari bahwa ada banyak hal yang kita kerjakan ketika sedang membuat sebuah konten.

Kenapa ASUS ExpertBook B9400? Sebelum pertanyaan itu terjawab, ada baiknya kita ngobrol dulu deh. Supaya selama membaca artikel ini, kita punya pemikiran yang sama. Oke ya?

Sebagai content writer, aku sangat menghargai betul setiap tulisan yang buat -untuk semua klien-. Aku mencoba mengarsipnya dengan baik. Bagiku, mereka tidak hanya konten yang ku tulis untuk dibayar, namun juga jejak kehidupanku (maaf agak lebay ya). Tapi sungguh, aku nggak kebayang gimana kalau kehilangan “mereka”. Itulah salah satu alasan, mengapa ASUS ExpertBook ini, layak dipilih oleh content writer seperti kita.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selanjutnya ya.


ASUS ExpertBook B9400 Ultracompat Dukung Content Writer Berkarya

Laptop Ringkas dan Ringan Untuk Bisnis

Sampai saat ini, sejujurnya aku pun masih sering kepikiran soal “ringan dan tipis” sebuah laptop atau pun notebook ya. Karena ya, aku tidak punya itu hahahahaha. Terakhir punya notebook dengan hak milik adalah 2017, itu masih pakai notebook jadul ya, yang kalau dipakai ngetik skripsi harus selalu nyolok chargernya, engsel monitornya udah lepas keduanya, cepat panas juga. Akhirnya dia pensiun juga sih hahaha.

Setelah kerja dan menikah, aku pakai komputer kantor dan laptop suami, karena memang saat itu nggak terlalu butuh. Tapi, ketika mulai menulis naskah buku solo, mulai sadar bahwa aku juga butuh laptop atau minimal notebook yang support kesibukan aku. Tapi ya, Allah memang maha berkehendak. Belum rejekinya buat beli baru, alhamdulillahnya ada temen suami yang berbaik hati kasih pinjam satu laptop buat ku pegang (sampai saat ini).

Mengingat kesibukan atau katakanlah kegiatanku di dunia menulis ini semakin bertambah, aku yang mulanya hanya merasa butuh laptop untuk menulis akhirnya merasa “bisa digunakan mengetik” saja tidak cukup. Aku butuh laptop “yang bisa membantuku secara maksimal”. Karena semakin ke sini, performa laptop pinjaman ini juga semakin melemah.

Crafted to perfection

Oke, ketika melihat tampilan ExpertBook B9400 ini, look nya memang terlihat sangat minimalis dan ramping ya. Nah ternyata, memang ExpertBook ini menggunakan sasis magnesium-lithium alloy yang tahan lama ya. Jadi, salah satu kelebihannya adalah beratnya hanya sekitar 880g untuk 33Whrs dan 1005g untuk 66Whrs.

Produk ini memang 16% lebih ringan daripada seri-seri pendahulunya.

Sedangkan untuk layar 14” nya sendiri, menggunakan bazel yang sangat slim, karena menyesuaikan dengan sasinya yang berukuran 13” ini.

Tampilannya yang juga presisi ini bahkan di sekitaran keyboard juga, menggunakan proses penggilingan CNC presisi tinggi untuk menghasilkan satu bagian logam yang padat. Sederhananya, proses ini pada akhirnya memaksimalkan konstruksi logam yang digunakan, dengan demikian tentu saja membuat sasisnya jauh lebih kokoh dan kuat jika dibandingkan menggunakan cara tradisional (cap logam).

 

Performance

Untuk pembuka bahasan tentang ASUS ExpertBook B9400 ini didukung sama prosesor Intel Core™ i7 vPro® generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe dan intel WiFi 6. Hah? Apa sih artinya? Hahahahaha

Jadi, intinya, teknologi inilah yang membuat pekerjaan kita bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien.

Kalau lihat penjelasan ini, siapa sih yang nggak tertarik, ya kan? Sebagai content writer, blogger, penulis buku (yang semuanya adalah pemula) sekaligus ibu rumah tangga, ini seperti jawaban atas segala kegundahan. Karena tidak dipungkiri, ketika pekerjaan tengah mendekati tenggang waktu dan pekerjaan rumah begitu menumpuk, dan laptop nggak bisa support, haduuuh rasanya nggak karuan sih.

By the way, ada yang tau istilah RAID Technology? RIAD merupakan kepanjang dari Redundant Array of Independent Disk, yang merupakan satu teknologi penggabungan drive penyimpanan untuk bekerja bersamaan. ExpertBook B9 ini, ternyata juga mendukung kinerja RAID 0 dan RAID 1 untuk performa peningkatan keamanan data kita.

Sistem ini, juga membuat salinan data kita lebih aman dan tepat, jika terjadi kegagalan penyimpanan pada salah satu drive. Selain itu, kinerja dengan dua drive ini juga membuat penyimpanan merata pada drive dan lebih efisien.

Terkait RAID Technology ini, aku sendiri termasuk content writer atau penulis yang sangat menghargai tulisan, meskipun itu tulisan lama. Dan ketika tahu ASUS punya produk dengan teknologi yang sangat kubutuhkan, it's really amazing!

Selanjutnya, talk about the speed. Siapa sih yang suka kalau harus kerja cepat, tapi laptop justru ngadat cenderung lemot? Mau buka aplikasi lama banget prosesnya, sistem operasi juga sama aja, ini kalau untuk creator bisa ganggu mood bahkan sedikit banyak juga bakal berpengaruh ke konten yang dibuat, sih. Kebayang nggak sih, mau buka Ms Word aja lama banget, sedangkan naskah udah ditanyain mulu sama editor, hmm hmm hmmm.

But now, sekarang, ASUS ExpertBook B9, sekali menjawab keresahan kita sebagai creator, content writer khususnya. SSD PCle 3.0 x 4, ini punya kinerja tercepat untuk penyimpanan, jadi kita nggak perlu buang waktu nunggu laptop bener-bener siap diajak kerja. Loveable banget, kan? Aku sih yes banget.

Selain storage, tau nggak sih apa yang bener-bener dibutuhkan creator? Wifi. Ini bahkan udah jadi sesuatu yang sepertinya sangat dekat bagi hampir sebagian besar penduduk bumi. Nggak bisa dipungkiri, banyak kegiatan yang harus disupport sama jaringan wifi yang stabil kan? Kebayang nggak sih, kita lagi buat konten, lagi riset data, lagi kelas daring tapi jaringan wifi nggak stabil? Atau bahkan, tiba-tiba jaringannya putus karena jaraknya terlalu jauh (efek numpang wifi)?

Aku nggak bosen bilang sih, kalau sekali lagi si ExpertBook B9 ini juga punya solusinya. Lengkap banget nggak, sih, menurut kalian?

Kabar bagus selanjutnya, produk ini didukung juga sama ASUS Wifi Master, loh! Untuk yang belum tahu, Wifi Master ini bisa buat kita enjoy sama sambungan Wifi yang cepat dan juga andal meski dengan jarak yang cukup jauh dari sebelumnya.

Nggak berhenti disitu saja, ExpertBook ini juga dilengkapi dengan Bluetooth® 5.0 terbaru juga, yang menjadikan masa pakai baterai kita lebih kecil. Gimana ya, tapi memang ASUS ExpertBook B9 ini itu memang kasih kesempatan sebesar-besarnya untuk mengembangkan bisnis dengan segala fasilitas yang dia punya, kan?
ExpertBook B9 memberi Anda kebebasan untuk melakukan apa pun yang Anda butuhkan, di mana pun Anda mau! -ASUS-

Perlindungan Dari Kejadian Tak Terduga

Sebagai seorang content writer dan juga blogger, bepergian dari satu tempat ke tempat lain (meski di tengah pandemi), rasanya menjadi hal yang sangat lumrah. Terlebih ketika harus mendatangi sebuah acara atau undangan dan bekerja sat itu juga. Tentu saja harus bawa laptop kan? Mau tidak mau, karena memang kerjanya nggak jauh-jauh dari laptop.

Selama diperjalanan, kecil kemungkinan tidak ada guncangan ya. Tapi, bukan ASUS namanya jika tidak mengedepankan keamanan harta berharga para creator. Muncul dengan pengujian standar tinggi (tes militer AS MIL-STD 810H), kokohnya material magnesium-lithium serta pengujian internal yang super ketat lainnya, menjadikan ASUS ExpertBook yang satu memiliki standar kualitas ketangguhan yang mengagumkan.

Built to Endure, Anywhere

Durability is our watchword in creating devices that exceed expectations in any environment. -ASUS-

Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan keseharian bersama bayi berumur setahun rasanya punya laptop dalam keadaan sehat fisik adalah sebuah mimpi ya. Bayi yang sedang dalam masa ingin tahu yang besar ini, suka tiba-tiba datang terus mukul-mukul keyboard dong hahahaha, nginjek keyboard juga pernah, nutup monitor dengan paksa pernah, dipukul pake mainan dia udah sering, kadang juga dijadiin alat musik sama dia (dimainin kayak mukul cajon gitu).

Tapi, ketika mengetahui military gradenya ExpertBook yang satu ini rasanya cukup sedikit menenangkan ya. Karena produk ini sudah melewati tes pengujian guncangan, uji tekanan panel ataupun jatuh. Pernah nggak sih, lagi fokus ngetik, tiba-tiba bocil narik kabel charger sampai laptop jatuh dan teronggok begitu saja di keramik? Selamat ya, kamu tidak sendirian.

Kejadian-kejadian seperti itu, memang jadi salah satu makanan sehari-hari, terlebih ketika kesehariannya dengan anak kecil (meskipun aku juga kerja ketika dia tidur). Tapi, ini sangat relate dengan kejadian-kejadian tak terduga yang memang sering ku alami sih.

Ketangguhan ASUS ExpertBook Untuk Bisnis

Kalau kita lihat, hampir di semua produk ASUS ini memang terkenal dengan daya tahannya yang jempolan ya, Hal itu juga terlihat pada seri ExpertBook ini. Meski secara tampilang memang super slim, tapi ternyata soal ketangguhan boleh diadu, loh!

Beberapa tes atau pengujian (US Standard Military Grade) yang juga dilakukan pada produk ini antara lain :

Pengujian pada engsel (Hinge Test), pengujian ini dilakukan sampai 50.000 kali siklus buka tutup (auto inget sama notebook yang engsel kanan kirinya copot deh).

Uji Daya Tahan Keyboard (Keyboard Durability Test). Siapa yang keyboardnya sudah soak dan harus disupport sama keyboard eksternal? Ya Allah, kondisi kita sama banget. For your information aja, keyboard ini didesain dengan kekuatan penggunaan sebanyak 10 juta kali penekanan tombol, loh!

Pengujian Terhadap Benturan (Shock Test). Tahan enam guncangan keras di setiap arah dengan kecepatan 150 G / 2,5 ms.

Selain ketiga pengujian ini, masih ada banyak pengujian daya tahan lainnya, seperti pengujian terhadap ketinggian di pesawat terbang, pengujian pada getaran, putaran, pengujian suhu dan kelembaban bahkan sampai pengujian pada daya tahan portnya juga.

Kalau dipikir-pikir, semua pengujian yang dilakukan ASUS memang untuk memberikan pengalaman penggunaan yang tahan lama dan tentu saja bisa menyelesaikan pekerjaan kita, apa pun kondisinya (termasuk ketika di pesawat tadi).

Noise and Audio Tests

Ada yang tahu nggak sih, kalau ASUS punya tim Golden Ear? Belum tahu, ya? Jadi, tim inilah yang nantinya bertugas untuk memastikan audio pada pada ExpertBook B9 ini memiliki kualitas suara terbaik, saat digunakan untuk berkomunikasi.

Mereka kemudian juga menyesuaikan pengujiannya dengan mengacu pada ISO-7779. Kemudian, para teknisi melakukan penyetelan ekstensif untuk meminimalkan kebisingan yang berasal dari kipas ataupun partisi lainnya.

Kemudian, ASUS juga menguji Windows Cortana pada kehidupan nyata. Eh, udah pernah denger Windows Cortana belum? Cortana ini, pada dasarnya adalah asisten pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft, dan salah satu fiturnya adalah dia bisa mengenali suara.

ASUS mengujinya untuk memastikan bahwa Windows Cortana ini tetap menerima instruksi perintah (suara) dengan baik, meskipun berada di daerah yang terbilang bising.

Tidak berhenti di situ. ASUS ExpertBook B9400 ini juga memiliki kualitas audio yang tidak perlu diragukan lagi. Dilengkapi dengan empat mikrofon omnidirectional (yang bisa menangkap suara dari berbagai arah), lalu teknologi penguat pintar dan tentu saja sertifikat Harman/ Kardon sebagai pelengkapnya. See?

Hayoo, siapa yang suka bingung ketika harus ngomong di kelas-kelas daring? Hahaha, yang buat bingung biasanya karena bingung harus kemana mengarahkan suara, agar suaranya terdengar dengan jelas kan? Yas, karena aku pun begitu hahaha. Untuk ExpertBook yangs atu ini, mikrofon diletakkan pada bagian atas bezel ya, jadi memang untuk mengoptimalkan tangkapan suara.

 

Keamanan Kelas Enterprise

Seperti yang ku bilang tadi, aku termasuk penulis yang sangat menghargai dan menjaga betul setiap data tulisanku. Meski di rumah hanya ada kami (aku, suami dan si bayi), tapi rasanya aku tetap butuh pengamanan pada laptop juga.Karena sesekali, aku bisa saja mengerjakan pekerjaan di luar rumah.

Data-data yang berada di dalam laptop, mungkin bisa disebut sebagai salah satu harta berhargaku sebagai content writer ya. Karena tidak sekadar tulisan, aku juga mencurahkan waktu, perhatian bahkan menukar jam tidur menjadi jejeran kata. Dan ya, aku pasti akan sangat merasa kehilangan ketika data-data itu hilang (aku pernah mengalaminya beberapa waktu yang lalu).

Salah satu inovasi yang diaplikasikan ASUS pada produk ini adalah adanya ASUS AdaptiveLock. Teknologi ini bertugas untuk mengidentifikasi keberadaan kita dengan kamera infra merah yang mengenali wajah kita. Contohnya, ketika kita mendekat pada jarak tertentu, maka kita tidak perlu mengetikkan jari untuk memulai pekerjaan. Begitu juga ketika kita menjauh, infra merah yang sudah terintegrasi dengan wajah kita akan mengunci dengan sendirinya, dengan begitu laptop dan data kita pun akan terlindungi.

ASUS Business PC kemudian memberikan keamanan tingkat tinggi dan berlapis, baik pada perangkat kerasnya, perangkat lunak hingga identitasnya. Hingga kemudian asus ExpertBook B9 mendapat verifikasi sebagai PC Windows Secured-core - jaminan keamanan data dan aset terbaik di kelasnya untuk bisnis kita.

Beberapa jenis keamanan yang ada pada perangkat ini antara kain : IR Camera, Trusted Platform Module (TPM),USB Port Control, Kensington Lock Slot, Fingerprint Sensor, dan Webcam Shield.

ExpertBook B9400 : Maximum Pupport, Minimal Effort

Setelah tadi kita bahas tentang keunggulan-keunggulan teknologi, kini coba kita kulik tentang nilai keindahan lainnya dari laptop yang superslim ini, ya.

Yang pertama adalah Keyboard. Yes, ini kayaknya sih juga paling banyak bermasalah, kan? Kadang, kita sudah terlalu nyaman dengan keyboard yang “lama”, hingga akhirnya kudet kalau ternyata sudah ada inovasi-inovasi terbaru saat ini. Contohnya pada ASUS ExpertBook B9 ini.

Salah satu kejadian tak terduga lainnya selain laptop yang jatuh dan terbentur, tentu saja tersiramnya keyboard atau ya, ketumpahan lah bahasa halusnya. Pernah nggak? Sudah pasti pernah, bahkan sampai harus bongkar laptopnya juga karena untuk memastikan nggak ada cairan yang masuk ke sela-sela komponennya. Balikinnya juga butuh effort banget hahaha karena nggak hafal partisinya sih. Tapi tenang aja selama pakai ExpertBook B9 ini ya, sudah dilengkapi dengan teknologi yang bisa mengatasi 66 cs tanpa membahayakan! Jadi ya, kalau cuma kena tumpahan yang nggak seberapa, masih aman tanpa harus repot-repot bongkar pasang kayak aku.

Selain itu, ketika harus mengetik di ruang gelap, keyboardnya juga bisa bantu dengan cahaya yang ada disekitar toots. Ini bagus ya menurutku, karena aku sendiri ngetik di malam hari dengan pencahayaan yang redup. Sedangkan untuk perhitungan angka, kita juga bisa jauh lebih mudah ya, karena laptop ini memiliki numberpad.

Baterai. Ketika pekerjaan sedang menumpuk, laptop di rumah hampir nggak pernah mati sehari semalam. Belum lagi, ada banyak data yang dibuka di waktu bersamaan. Baterainya pun terbilang cukup gampang habis, sih.

Klaim ASUS ExpertBook B0400 adalah Lasts longer, charges faster untuk kinerja baterainya. Coba kita bedah ya, kenapa ASUS sampai menggunakan kata demikian.

Ternyata ASUS menggunakan Panel Self Refresh sebagai teknologi pada laptop ini, itulah yang kemudian membantu laptop mengeluarkan lebih sedikit daya untuk pemakaian sehari-hari.Teknologi Pane Self Refresh ini menggunakan memori khusus yang berada di panel LCD layar. Bahkan dengan teknologi pengisian yang tepat, kita hanya waktu sekitar 39 menit, untuk pengisian baterai sebanyak 60%. Gimana? Masih nggak percaya, kalau laptop ini support banget kerjaan kita?

Integrasi Telepon. Integrasi ini menggunakan My ASUS untuk terhubung pada ponsel kita. Mengirim file dari PC ke telepon, menerima atau melakukan panggilan telepon tanpa perlu menggunakan ponsel secara langsung, membaca pemberitahun dari pop-up, dan juga berbalas pesan. Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakan Remote File Access, ketika sedang berada jauh dari tempat kerja, loh.

Peduli Lingkungan. Ada yang udah tau soal ini? Aku sendiri baru tau sih, hahaha. Jadi, aksesori box ini, bisa kita fungsikan sebagai dudukan laptop yang berguna untuk peningkatan ekologi instan! Selain itu, ASUS juga sudah memastikan jika produknya telah memenuhi persyaratan lingkungan di semua tahap siklus hidup. Energy Star® 7.1 dan dinilai oleh EPEAT™ Gold sebagai sertifikasi bagi ASUS ExpertBook B9400 ini hemat energi untuk membantu mengurangi biaya dalam jangka panjang.

 

Finally, sebagai content writer sekaligus ibu rumah tangga, aku mengakui kalau fitur-fitur yang ada di ExpertBook ini sangat support kebutuhanku. Bahkan menjawab semua keresahanku terhadap hal-hal yang terduga dalam pekerjaanku. Bingung soal energinya? Tenang, ASUS sudah mengantongi sertifikat dari lembaga terpercaya untuk penghematan energinya.

Rasanya, ASUS ini memang tak perna mati kutu soal inovasi ya. Semua produk mereka, selalu dirilis dengan teknologi yang mutakhir dan mengedepankan pengalaman penggunaan yang berkualitas dan menyenangkan untuk jangka panjang.

Jadi, kamu masih ragu untuk bawa ASUS ExpertBook B9400 ini ke rumah? Aku sih yes, yes banget hahaha. Bismillah lah ya, semoga ada ganti laptop hak milik (mengingat laptop pinjaman ini mulai melemah kinerjanya) hehehe.

Oke, sampai jumpa di curhatan  selanjutnya ya, terima kasih sudah membaca dan semoga kebaikan selalu menyertai kita, aamiin aamiin

Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangkai kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

22 comments

  1. Selama ini saya juga pake Asus loh, walaupun belum tipe expertbook. Semoga suatu saat kesampaian juga punya asus expertboob b9400

    ReplyDelete
  2. intel core i7 memiliki 4 core 8 thread, jadi totalnya ada 16 cpu, iris xe vga integrated bawaan intel yang sudah mengalami banyak kemajuan. Bahkan performanya setara dengan vga diskrit nvidia mx 330. wifi 6 adalah wifi terbaru, wifi 6 punya bandwith yg lebih gede dan jalurnya lebih banyak dari wifi sebelumnya. Ditambah RAM 16 GB, SSD 512 GB nvme. duh aku kok ngiler

    ReplyDelete
  3. Weesss mantapp mba..
    Semoga berjodoh yaa sama Asus Expertbook nya.

    ReplyDelete
  4. Mantaaap, aku juga mau mba kalau ditawarin laptop Asus tipe ini. Siapa si yang nolak? :D

    ReplyDelete
  5. Cocok banget buat content writer nih kak nimas, coba saja laptopku berubah kek gini. Gak berat, minimalis tapi multiguna. Ah semoga upgrade laptop aku nih.

    ReplyDelete
  6. Ya Allah, kepingin punya laptop ASUS expertbook ini. Baca reviewnya bikin ngeces. Semoga lekas menghasilkan pundi² uang dari nulis. Jadi bisa punya terus nulis pake expertbook dari Asus. Aamiiin.

    ReplyDelete
  7. Ya Allah...mimpi kayaknya punya yang keren kayak gini. Punya thinkpad yang touchscreen aja udah bersyukur bgt..meskipun charger ya dah gak boleh lepas...heheheh

    ReplyDelete
  8. Etdah udah core i7 gen 11 ya... ngrasain punya si bapak i5 gen 11 aja mantap banget. Pakai ExpertBook ini pasti jaminan wus2 ya. Semoga terealisasi ya mbak laptop impiannya. Kalau aku nungguin lungsuran laptop dari si bapak aja hihi.

    ReplyDelete
  9. Mantap sekali mbaaa... Aku juga pake Asus tapi pingin juga upgrade ke Spec yang lebih tinggi... Goodluck ya mbaaaa ..

    ReplyDelete
  10. Speknya tingkat dewa banget ini mba. Kalo untuk nulia laptop yg faat response itu udah jadi barang wajib ya mba. Kalo laptopnya lelet, ide tulisan bisa ambyar seketika. Mood juga jadi jelek..

    ReplyDelete
  11. recommend banget nihh baguss ASUS expertbook b9400 nyaa, kebetulan nihh agi suka ngetik-ngetik, kalau pake asus ini kayanya mantul nihh .

    salam kenal yah mbaa

    ReplyDelete
  12. Aku banget nih, dari dulu suka yang desain minimalis dan tipis, biar bebas menulis di mana saja, dibawa ke mana-mana juga ringan

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama pakek Asus ya meskipun yg versi lama tapi tetep juara lho. Hsmpir ga pernah rewel. Tapi kalau ada rejeki pengen juga ganti expertbook

    ReplyDelete
  14. Wah..ASUS Expertbook ini memang bener-bener expert di kelasnya ya.. Menyimak performa penuh keunggulan yg dituliskan di sini, asli langsung mupeng ni aku.. sholawatin dulu aah..

    ReplyDelete
  15. Asyik banget sih kalau langsung nyambung sama ponsel. Jadi lebih praktis, ya

    ReplyDelete
  16. Semoga tercapai impiannya punya laptop mumpuni ya entah mengapa bayi dan balita itu musuhan sama laptop, dianggap saingan mungkin ya merebut perhatian bundanya hihi

    ReplyDelete
  17. Selama ini mikir military grade tuh kayaknya cocok buat kerja lapangan deh. Ternyata buibu dgn anak bayi/balita pun butuh ya biar tahan banting 😂

    ReplyDelete
  18. Waaah... laptop pertama saya saat kuliah di 2006 juga ASUS mbak. Sudah jatuh cinta aja sama ASUS.
    Merk ASUS memang oke punya. Semoga berjodoh deh sama expert book satu ini. Spesifikasinya keren abiz. Kerrreeeen

    ReplyDelete
  19. Gabungan antara spec dewa, body yang kokoh namun ringkas untuk dibawa. Duh laaahh... udah pasti dambaan para content creator ini mah.

    ReplyDelete
  20. Kerennya ASUS.
    Luncurkan produk yang segmented dan berkualitas.
    Mau banget lah kalo berjodoh dengan laptop soul-matenya content writer ini.

    ReplyDelete
  21. Aduduh baca deskripsi spec nya bikin mupen laptopku asus juga sudah 11 tahun sudah mulai ngadat....semoga ada rejeki buat beli baru juga laptop asus lagi aamiin

    ReplyDelete
  22. Jadi idaman banget ya Mba, asus selalu terdepan
    dari segi desain dan spesifikasi memang jagonya.

    ReplyDelete

Post a Comment