Nimas

Cara Hemat Menyuburkan Rambut

menyuburkan rambut

Lagi cari info soal cara menyuburkan rambut? Sama sih, aku sendiri masih berjuang banget gimana punya rambut yang sehat. Rambut rontok, kusam, kering bahkan kusut, bisa jadi beberapa indikasi kalau rambut kita kurang sehat. Terkait kondisi rambut, faktor keturunan memang bisa jadi salah satu penyebabnya, selain itu kesehatan kita juga berpengaruh pada kesehatan rambut sendiri.

By the way, teman-teman pernah coba buat masker rambut atau treatment sendiri, nggak sih? Aku pernah dong hahahaha, karena ku pikir ketika memakai bahan alami a.k.a homemade bisa dapat hasil yang diharapkan. Tapi ternyata, dengan cara itu aja nggak cukup, loh. Rambut kita butuh perawatan lebih dan maksimal untuk mendapatkan kesuburannya. Jadi ya, ritual buat masker dan treatment di rumah akhirnya aku tiadakan dan menyerahkannya pada produk-produk yang memang sudah teruji sebagai produk hair treatment.

Karena sebagian besar perempuan, kesuburan rambut jadi salah satu hal yang sangat penting. Kali ini, aku ada beberapa tips yang mungkin bisa teman-teman coba di rumah. Pastikan baca sampai selesai ya.

5 Tips Sederhana Menyuburkan Rambut

Pijat Kepala

Ini pasti bisa banget kan, dilakukan di rumah. Biasanya memang sekalian keramas, sih, kalau aku. Nah, pijatan di kepala ini memang punya manfaat terkait kesehatan rambut, loh!

Manfaat pijat kepala antara lain : melancarkan peredaran darah, menenangkan dan mempercepat pertumbuhan rambut dari rangsangan pada folikel kepala.

Menjaga Kelembaban Rambut

Ada yang bermasalah sama anak rambut (sebutanku untuk rambut pendek, apa sih kalian sebutnya?) Yes, sama kok! Nah, kalau kita perhatikan anak rambut ini akan terlihat sangat berantakan kalau rambut kita dalam keadaan kering, kan?

Aku pribadi punya rambut yang cenderung kering, karenanya menjaga kelembaban rambut ini penting banget. Karena kalau rambut dalam keadaan kering, memang salah satu efeknya adalah mudah patah, kusut dan kusam.


Salah satu cara yang sangat bisa kita lakukan, adalah rajin mengonsumsi air putih. Karena kandungan dari air yang kita minum ini lah, yang nantinya akan menjaga kelembaban rambut dari dalam.

Hindari Kebiasaan Buruk

Hayoo, siapa yang suka pakai kerudung bahkan ciput (inner kerudung) meskipun rambutnya masih basah? Aku banget! Yes, ini bukan kebiasaan bagus untuk menyuburkan rambut ya teman-teman, karena justru rambut kita jadi mudah rusak.

Aku ada beberapa hal, yang bisa kita lakukan atau mungkin ini solusi untuk kebiasaan-kebiasaan buruk kita. Apa aja? Cek di bawah ini ya …

  • Gunakan ikat rambut yang berbahan dasar kain atau karet yang tidak terlalu ketat.
  • Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, tunggulah beberapa saat.
  • Cobalah untuk tidak mencuci rambut (keramas) terlalu sering
  • Gunakan sisir yang tepat
Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa teman-teman coba ya, karena menurutku ini yang juga sering banget aku abaikan, sih hahahaha.

Jaga Asupan Nutrisi

Oke, selanjutnya yang bukan lagi rahasia, adalah tentang asupan nutrisi. Mungkin banyak yang bertanya, sejauh apa sih manfaat makanan untuk kesuburan rambut? Seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga butuh nutrisi juga. Baik itu protein, mineral, zat besi, aneka vitamin dan bahkan omega 3 juga, loh!


Jadi, ya, memang pepatah mens sana in corpore sano memang benar adanya ya teman. Mulai makan makanan yang bergizi ya, karena nggak cuma perasaan aja, rambut juga butuh diperhatikan (apaan sih hahahaha).

Lakukan Perawatan Luar

Ini juga salah satu home treatment yang aku suka sih, karena kita bisa pilih sendiri mau pakai produk apa yang sesuai dengan kebutuhan (dan keinginan juga, kan biasanya suka iseng coba-coba tuh hahaha).

Tapi, aku pribadi pasti cari referensi atau baca komposisi dan kegunaan produk itu sih, karena meskipun untuk perawatan luar tapi kan juga punya efek samping (misalkan nggak cocok). Untuk mendapatkan atau mempertahankan kesuburan rambut, kita bisa pakai masker rambut dan juga shampo yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan.

Inget ya, ini semua tips yang memang terbilang hemat budget ya. Kalau teman-teman ada budget khusus atau dana berlebih, nggak ada salahnya untuk coba konsultasi ke salon kecantikan untuk dapat treatment yang sesuai. Oke?

Yes, itu semua adalah tips-tips menyuburkan rambut yang juga masih aku terapkan ya, meskipun belum rutin, tapi hasilnya hasilnya juga udah kelihatan kok. Buat teman-teman yang juga lagi usaha memperbaiki kesehatan rambut, tips-tips sederhana ini sangat bisa dicoba yaaa.

Sampai jumpa di tips-tips sederhana selanjutnya ya. Terima kasih sudah membaca dan, have a nice day :)


Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email