Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hemat Menyuburkan Rambut

menyuburkan rambut

Lagi cari info soal cara menyuburkan rambut? Sama sih, aku sendiri masih berjuang banget gimana punya rambut yang sehat. Rambut rontok, kusam, kering bahkan kusut, bisa jadi beberapa indikasi kalau rambut kita kurang sehat. Terkait kondisi rambut, faktor keturunan memang bisa jadi salah satu penyebabnya, selain itu kesehatan kita juga berpengaruh pada kesehatan rambut sendiri.

By the way, teman-teman pernah coba buat masker rambut atau treatment sendiri, nggak sih? Aku pernah dong hahahaha, karena ku pikir ketika memakai bahan alami a.k.a homemade bisa dapat hasil yang diharapkan. Tapi ternyata, dengan cara itu aja nggak cukup, loh. Rambut kita butuh perawatan lebih dan maksimal untuk mendapatkan kesuburannya. Jadi ya, ritual buat masker dan treatment di rumah akhirnya aku tiadakan dan menyerahkannya pada produk-produk yang memang sudah teruji sebagai produk hair treatment.

Karena sebagian besar perempuan, kesuburan rambut jadi salah satu hal yang sangat penting. Kali ini, aku ada beberapa tips yang mungkin bisa teman-teman coba di rumah. Pastikan baca sampai selesai ya.

5 Tips Sederhana Menyuburkan Rambut

Pijat Kepala

Ini pasti bisa banget kan, dilakukan di rumah. Biasanya memang sekalian keramas, sih, kalau aku. Nah, pijatan di kepala ini memang punya manfaat terkait kesehatan rambut, loh!

Manfaat pijat kepala antara lain : melancarkan peredaran darah, menenangkan dan mempercepat pertumbuhan rambut dari rangsangan pada folikel kepala.

Menjaga Kelembaban Rambut

Ada yang bermasalah sama anak rambut (sebutanku untuk rambut pendek, apa sih kalian sebutnya?) Yes, sama kok! Nah, kalau kita perhatikan anak rambut ini akan terlihat sangat berantakan kalau rambut kita dalam keadaan kering, kan?

Aku pribadi punya rambut yang cenderung kering, karenanya menjaga kelembaban rambut ini penting banget. Karena kalau rambut dalam keadaan kering, memang salah satu efeknya adalah mudah patah, kusut dan kusam.


Salah satu cara yang sangat bisa kita lakukan, adalah rajin mengonsumsi air putih. Karena kandungan dari air yang kita minum ini lah, yang nantinya akan menjaga kelembaban rambut dari dalam.

Hindari Kebiasaan Buruk

Hayoo, siapa yang suka pakai kerudung bahkan ciput (inner kerudung) meskipun rambutnya masih basah? Aku banget! Yes, ini bukan kebiasaan bagus untuk menyuburkan rambut ya teman-teman, karena justru rambut kita jadi mudah rusak.

Aku ada beberapa hal, yang bisa kita lakukan atau mungkin ini solusi untuk kebiasaan-kebiasaan buruk kita. Apa aja? Cek di bawah ini ya …

  • Gunakan ikat rambut yang berbahan dasar kain atau karet yang tidak terlalu ketat.
  • Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, tunggulah beberapa saat.
  • Cobalah untuk tidak mencuci rambut (keramas) terlalu sering
  • Gunakan sisir yang tepat
Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa teman-teman coba ya, karena menurutku ini yang juga sering banget aku abaikan, sih hahahaha.

Jaga Asupan Nutrisi

Oke, selanjutnya yang bukan lagi rahasia, adalah tentang asupan nutrisi. Mungkin banyak yang bertanya, sejauh apa sih manfaat makanan untuk kesuburan rambut? Seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga butuh nutrisi juga. Baik itu protein, mineral, zat besi, aneka vitamin dan bahkan omega 3 juga, loh!


Jadi, ya, memang pepatah mens sana in corpore sano memang benar adanya ya teman. Mulai makan makanan yang bergizi ya, karena nggak cuma perasaan aja, rambut juga butuh diperhatikan (apaan sih hahahaha).

Lakukan Perawatan Luar

Ini juga salah satu home treatment yang aku suka sih, karena kita bisa pilih sendiri mau pakai produk apa yang sesuai dengan kebutuhan (dan keinginan juga, kan biasanya suka iseng coba-coba tuh hahaha).

Tapi, aku pribadi pasti cari referensi atau baca komposisi dan kegunaan produk itu sih, karena meskipun untuk perawatan luar tapi kan juga punya efek samping (misalkan nggak cocok). Untuk mendapatkan atau mempertahankan kesuburan rambut, kita bisa pakai masker rambut dan juga shampo yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan.

Inget ya, ini semua tips yang memang terbilang hemat budget ya. Kalau teman-teman ada budget khusus atau dana berlebih, nggak ada salahnya untuk coba konsultasi ke salon kecantikan untuk dapat treatment yang sesuai. Oke?

Yes, itu semua adalah tips-tips menyuburkan rambut yang juga masih aku terapkan ya, meskipun belum rutin, tapi hasilnya hasilnya juga udah kelihatan kok. Buat teman-teman yang juga lagi usaha memperbaiki kesehatan rambut, tips-tips sederhana ini sangat bisa dicoba yaaa.

Sampai jumpa di tips-tips sederhana selanjutnya ya. Terima kasih sudah membaca dan, have a nice day :)


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

9 comments for "Cara Hemat Menyuburkan Rambut"

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita June 3, 2021 at 10:52 PM Delete Comment
Aku dulu rajin menjemur kulit kepala, sekarang males, sering lupanya. Biasanya jadi banyak ketombe deh. Kalau rajin dijemur ketombe ilang. Bisa bikin rambut rontok gak ya ketombe itu.
Nia M Wardani June 4, 2021 at 9:42 AM Delete Comment
Baru tahu kalau keramas terlalu sering itu tidak baik buat rambut. Kalau orang-orang tua di Turki ada yang suka pakai hena rambut, supaya rambutnya sehat, katanya
Desi's Corner June 4, 2021 at 11:39 AM Delete Comment
Saya banget ini. Abis keramas langsung pake ciput. Perginya pagi-pagi, sih. Lain kali diakalin cuci rambutnya jangan pagi-pagi atau dikeringin dulu kali ya.
Marita Ningtyas June 4, 2021 at 12:53 PM Delete Comment
Eh kirain cuma aku doang yang suka pakai kerudung setelah kelar keramas. Selain bikin rontok, bikin bau juga sih benernya. Cuma ya gitu, suka malas mau mandi.. mandinya mepet2 saat mau pergi, padahal jatah keramas. Udah tahu akibatnya kok diulang melulu, wkwk.
Zakia Widayanti June 4, 2021 at 8:09 PM Delete Comment
Aku gak rajin mba perawatan rambut sendiri. Makin lama di kamar mandi makin nggak betah :D
Bunda Tami June 5, 2021 at 5:17 AM Delete Comment
Semakin tua semakin menipis rambut. Apa karena sejak dulu salah treatment ya... Biasa nyisir rambut saat basah dan lgs pakai kerudung.
Yonal Regen June 5, 2021 at 12:11 PM Delete Comment
Pernah salah produk shampo sampai membuat kepala panas dan rambut ga ok, tapi kalau laki-laki lebih minimalis dalam perawatan rambut secara rambutnya lebih sedikit dibandingkan perempuan ya
Yulia June 6, 2021 at 7:15 AM Delete Comment
Air putih juga berpengaruh ya, selama ini yakinnya aku gunain shampo yg tepat si, ketombe dan rontok juga lmyan berkurang. Tapi kalo lama gak keramas duh, itu rentan banget berketombe
Bunda Lillah June 6, 2021 at 9:16 PM Delete Comment
Seiring usia, rambut pun semakin menipis. Pakai shampo apapun, kalah dengan aging... 😅