Nimas

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1 comment


atasi rambut rontok


Sebagian besar kaum hawa pasti pernah, atau bahkan sedang mengalami ini. Yap, rambut rontok. Dulu nih, setelah melahirkan aku sampai bingung banget gimana cara mengatasi rambut rontok. Karena rontoknya itu udah banyak banget, beda sampai hari biasa :')
Kalau dari artikel yang pernah aku baca, kondisi yang dikatakan sebagai “rambut rontok” itu, kalau jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai.

Jadi, di bulan-bulan awal melahirkan itu kerontokan rambutku parah, sih. Cuma ditarik aja udah pada lepas, belum lagi kalau keramas. Jadinya males banget kalau setelah sisiran lihat rambut-rambut di lantai, di bantal, kamar mandi atau lantai. Padahal sebetulnya banget pilihan yang bisa diterapkan, kan. Entah itu pakai bahan-bahan alami atau menggunakan cara-cara medis seperti laser. Karena aku udah nggak sabar banget, akhirnya aku putuskan untuk potong rambut :')

Dan setelah berselang lumayan lama, akhirnya aku rangkum nih cara-cara mengatasi rambut rontok yang dulu nggak aku terapkan dengan baik. Kenapa? Karena nggak punya waktu gais hahaha. Jadi aku sama suami cuma berdua mengurus rumah dan bayi. Buat atasi rambut rontoknya, aku cuma pakai shampo biasa dan sabar aja (hahahaha).

Dah dah, balik lagi soal mengatasi rambut rontok ya. Langsung baca tips-tips di bawah ini aja yaa :D


5 Cara Mengatasi Rambut Rontok


Jangan Terlalu Sering Keramas

Buatku yang hobinya adalah keramas, hal ini cukup sulit dihindari, sih. Tapi memang ini bagus untuk menjaga menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut kita.

Sadar nggak sih, kalau kita sering keramas justru rambut lebih rapuh (aku banget) bahkan terlihat tipis? Jadi ya, normalnya cui rambut cukup 1 sampai 3 kali aja seminggu. Hemat juga, kan?


Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Rebonding atau smoothing adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk meluruskan rambut. Tapi sayangnya, hal ini kurang bagus untuk kesehatan rambut kita, loh. Tentu saja ini disebabkan suhu panas yang berlebihan.

Hal lain yang sebaiknya dikurangi atau dihindari adalah menggunakan pengering rambut, mewarnai, dan juga mengkeriting rambut.


Memilih Shampo Khusus Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya tentu saja adalah pemilihan shampo. Ternyata banyak perempuan yang masih “nyaman” dengan shampo lamanya yang nggak bisa mengurangi kerontokan rambut atau bahkan ternyata jadi biang keroknya.

Fungsi utama shampo memang menjaga dan membersihkan kulit kepala. Tapi, banyak shampo yang saat ini menambahkan kandungan tertentu untuk mengurangi masalah rambut kita, salah satunya kerontokan. Itulah mengapa, kita harus teliti dulu sebelum membeli shampo ya.

Bahkan, kita juga bisa loh menggunakan kondisioner. Selain mengurangi rambut rontok, ini juga menjadikan rambut kita lebih mudah diatur. 


Hidup Sehat, Yuk

Hidup sehat adalah koentji! Bahkan dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat bonus rambut dan kulit kepala yang sehat, loh. Tau kan, kalau anemia termasuk salah satu penyebab rambut rontok? Nutrisi lain seperti vitamin C, Zinc atau protein juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut.
Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air untuk tubuh dan kelola stress dengan baik ya.


Menggunakan Bahan Alam

Nah, sepertinya ini adalah cara yang paling banyak dilakukan. Selain bahan alam ini mudah ditemukan, harganya relatif murah dan tentu saja kandungannya tidak diragukan lagi.

Ada beberapa bahan alami yang bisa teman-teman gunakan, antara lain : kuning telur, lidah buaya, air lemon, rosemary atau pun ginseng. Bahan alam ini, kebanyakan cara menggunakannya adalah dengan digunakan sebagai masker rambut atau diolah terlebih dahulu menjadi minyak.


Kelima cara mengatasi rambut rontok di atas sangat memungkinkan untuk kita coba. Meski memang, untuk mendapatkan hasil yang optimal, memang kita harus rajin melakukan treatment-treatment dan sabar. Terlebih jika kita memilih menggunakan bahan alam, jangan berharap hasilnya akan dirasakan dalam sekejap mata.

Kamu punya treatment khusus nggak? Cerita dong :)




Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

1 comment

  1. aku nih yang sering banget rontok, memang tiap hari keramas, dan sekarang mungkin cuman 2 hari sekali
    nyari sampo yang cocok juga susah, meskipun yang dipake diclaim mampu menurunkan jumlah kerontokan

    ReplyDelete

Post a Comment