Nimas

Ardhito Pramono : Perjalanan Karir Hingga Jerat Narkoba

28 comments

Ada yang tak kenal Ardhito Pramono? Pria ini adalah salah satu penyanyi solo yang identik dengan genre jazz dan juga swing jazz dalam bermusiknya. Aku sendiri baru tahu beberapa hari yang lalu. Kebetulan aku selalu memutar Youtube ketika menulis dan membiarkan video berputar secara acak, nah disitulah salah satu videonya muncul.

We'll be better, in every way
But then I would, go to be in other space
Sometimes, the bitter of love can be so good
It's like a coffee with a rainbow
It's like a coffee with a rainbow
It's like a coffee with a rainbow's mood

Bitterlove - Ardhito Pramono

Di atas ini adalah penggalan lirik lagu bitterlove Ardhito Pramono, salah satu lagu yang banyak diputar di Youtube. Mendengar ini, memang sangat kental dengan irama jazz yang mendayu-dayu dan easy to listening.

Tapi, apakah teman-teman tahu, jika Ardhito ini juga pemain film? Sejujurnya aku juga baru tahu hahaha. Nah, berikut ini sekilas perjalanan karir Ardhito Pramono di industri hiburan Indonesia.

kasus ardhito pramono

Perjalanan Karir Ardhito Pramono

Rasanya tak banyak yang tahu, jika pria muda ini (doi kelahiran 1995, loh bestie) menamatkan studinya di negara kanguru, Australia. Bersekolah di JMC Academy Creative Industries, Ardhito memulai karir bermusiknya pada 2013 silam. Sudah lumayan lama, kan?

Nah, dari sinilah pintu-pintu kesuksesan itu bermunculan.

I'm falling in love the weather so warm
But you push me away, I'm feeling so wrong
Would you let me breathing, you make my heart beating
I placed my heart around you
I Placed My Heart - Ardhito Pramono

Ini adalah lagu pertama yang dibuat Ardhito Pramono pada tahun 2014, I Placed My Heart. Lagu inilah yang juga mengawali perjalanannya dalam bermusik.


Kehadiran Ardhito Pramono Dalam Belantika Musik, Wajah dan Gaya Baru yang Menarik Perhatian

Mengawali karir sejak 5 tahun silam, Ardhito terbilang produktif dalam membuat album musiknya.

Daftar Album Mini Ardhito Pramono

2017 Ardhito Pramono
2017 Playlist Vol. 2
2019 A Letter To My 17 Year Old
2020 Craziest Thing Happened in My Backyard
2021 Semar & Pasukan Monyet

Tidak hanya mengeluarkan album mininya yang rilis dalam waktu berdekatan, ternyata Ardhito juga meraih berbagai penghargaan dan nominasi juga, loh.

Tahun 2020 dia memenangkan kategori Artis Jazz Kontemporer Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia. Sebenarnya, Ardhito sendiri sudah mulai masuk dalam berbagai nominasi dan kategori dalam penghargaan yang sama, sejak tahun 2018.

Lagu yang membawanya mendapatkan kemenangan ini berjudul Fine Today, lagu jazz yang sekaligus menjadi salah satu original soundtrack film NKCTHI.

perjalanan musik ardhito pramono

Seleranya Bermusik Tidak Pernah Mengecewakan

Menurutku sendiri, suara Ardhito memang cukup menarik. Dia punya gaya bernyanyi yang berbeda dengan penyanyi-penyanyi solo pria Indonesia. Suaranya ngejazz banget!

Dari yang aku dengarkan, semua lagunya sangat ringan namun bermakna. Buat teman-teman yang suka nulis sambil mendengarkan musik, kayaknya bisa nih dijadikan playlist tambahan. Atau jangan-jangan sudah masuk ke playlist andalan?

Ardhito memiliki selera bermusik yang bagus. Terbukti dari keberaniannya mengusung irama yang “asing” di antara penyanyi Indonesia. Ini juga menjadi ciri khas dirinya menurutku. Bahwa karyanya ternyata juga bisa diterima oleh masyarakat dan, ya, kita punya penyanyi jazz muda berbakat.

ardhito pramono dalam film dear nathan

Wajah Ardhito Pramono Dalam Perfilman Indonesia

Mungkin tahun 2020 adalah gerbang besar bagi karir Ardhito sendiri. Sosoknya semakin banyak dikenal oleh muda-mudi dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Berperan sebagai Kale, Ardhito bahkan disebut sebagai fuckboy oleh penontonnya.

Sebagai pendatang baru, ternyata Ardhito berhasil menyabet piala Anugerah Musik Indonesia untuk kategori Pemeran Pendatang Baru Terfavorit. Bukankah ini awal mula yang cukup membanggakan?

Tidak berhenti di sini. Ardhito kembali melebarkan sayapnya di dunia perfilman dengan gayanya yang khas. Sebut saja film Story of Kale: When Someone's in Love, Story of Dinda: Second Chance of Happiness, Dear Nathan: Thank You Salma dan Kamu Terlalu Banyak Bercanda adalah daftar film Ardhito Pramono sampai tahun 2022.

Bahkan film Dear Nathan : Thank You Salma direncanakan akan tayang perdana hari ini, 13 Januari 2022! Penasaran nggak, nih?

Selain bermain untuk layar lebar, Ardhito ternyata juga pernah membintangi sebuah serial website pada tahun 2021 silam. Serial yang berjudul Cerita Tentang Menyudahi ini kerjasama antara Blibli dan Visinema Pictures. Informasi pentingnya, serial ini hanya tayang di Youtube.


Ardhito Pramono, Menyumbang Daftar Panjang Artis Terjerat Kasus Obat Terlarang

Terlepas dari semua pencapaiannya dalam dunia hiburan, Ardhito juga layaknya manusia biasa. Dia ditangkap oleh aparat kepolisian beberapa waktu silam dengan kasus penyalahgunaan narkotika.

Sebagai public figure, hal ini tentu saja banyak disorot oleh media dan masyarakat. Terlebih lagi, hal ini terjadi di tengah karirnya yang sedang naik daun.

Menurut informasi yang banyak beredar di berbagai media massa, Ardhito ditangkap terkait penggunaan ganja. Bahkan, barang ini juga ditemukan di rumahnya ketika penangkapan. Hhmmm ya begitulah …

Pihak kepolisian sendiri belum memberikan keterangan lebih detail sampai saat ini. Pihaknya menyatakan jika masih mendalami kasus ini dan akan segera mengeluarkan press release dalam waktu dekat.

Tentu saja hal ini mengejutkan banyak pihak, ya. Namun, tentu saja kita semua sama-sama tahu jika ini adalah kasus kesekian kalinya yang melibatkan public figure dan obat terlarang.

Aku tidak berada di pihak manapun, sebagai bagian dari masyarakat, tentu saja sangat menyayangkan hal ini. Namun di balik itu semua, tentu ada hal yang menjadi alasan kenapa Ardhito Pramono memilih menggunakan ganja, ini.


Kesimpulan Dari Kejadian Ini?

Nama Ardhito Pramono menambah daftar publik figur yang menyalahgunakan narkoba, setelah sebelumnya Rizky Nazar yang juga ramai diberitakan.

Keduanya (Ardhito dan Rizky) adalah pekerja hiburan yang kebetulan dikenal oleh masyarakat luas. Tentu saja karya-karyanya sangat dinikmati (sampai saat ini). Namun, kita juga tetap harus akui bahwa ini adalah tindak pidana.

Terlepas dari apapun alasannya menggunakan ganja, ini memang kesalahannya dan tidak seharusnya kita menutup mata akan hal ini. Baik sebagai publik figur atau masyarakat biasa, ini bukanlah tindakan yang bisa diabaikan.

Sebab sebagaimana yang kita tahu, apa yang dilakukan Ardhito Pramono sendiri memang bertentangan dengan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk sanksi hukum yang akan diberikan pun, pihak penegak hukum masih membutuhkan waktu untuk mempelajari kasus ini. Karena pada kasus seperti ini, terdapat dua kemungkinan sanksi, yaitu penjara atau rehabilitasi.

Tentu saja kita, dan aku pribadi sangat berharap, bahwa sanksi yang diberikan nantinya memang yang paling tepat (dalam arti sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku).

Sedikit informasi tambahan, bahwa para pakar hukum masih mempertimbangkan apakah penyalahgunaan narkotika dan psikotropika ini bisa dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa atau tidak.

Ardhito Pramono, mungkin karyanya masih ditunggu oleh masyarakat. Namun, kita tahu, jika karirnya juga dipertaruhkan pada saat ini.

Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

28 comments

  1. Nggak sedikit sih orang-orang di jagad hiburan yang terjerumus dengan kasus narkoba. Salah satunya ya Ardhito ini. Mungkin niatnya sebagai dopping ya. Tapi, tetap saja itu melanggar hukum. Ada banyak seharusnya yang muncul. Tapi begitulah. Semua sudah terjadi. Masyarakat harus mengambil ibrah atas semua kejadian ini.

    ReplyDelete
  2. Tidak menyangka, ternyata dibaliknya ada kekalutan yang gak kelihatan sama sekali. Narkoba ini memang menjerat nyata ya, mungkin efek sesaat bisa terasa baik, tapi ya bikin nagih yang ngerusak.. bersyukur cepat ketahuan biar jera

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mbak Nimas. Ini pertama kalinya ya saya melipir ke sini...agak bingung spelling namamu dari alamat blogmu. Ternyata bacanya Nimas Achsani toh hehehe.
    .maafkeun.

    Anyway tentang Ardhito P ini, saya malah baru dengar. Mungkin nanti pas main2 di YT saya coba cari. Jadi penasaran, kaya apa sih suara jazzy yang mbak Nimas maksud ini.

    Menyoal penyalahgunaan narkoba, betul, apa pun alasannya, kesalahan tetap kesalahan dan ada konsekuensinya. Semoga saja Ardito P ini bisa bangkit pasca kejadian ini dan kembali berkarya.

    ReplyDelete
  4. Hiks... Aku kadung ngefans aslinya kak. Semoga kasusnya ini bisa cepet selesai, kalaupun menjalani hukuman bisa segera bertobat Dan kembali bisa berkarya ya

    ReplyDelete
  5. Aku awalnya nggak tahu kalau dia penyanyi, tahunya dia main jadi pemeran pendukung di NKCTHI... terus dibikinlah cerita khusus tentang tokohnya lewat film Story of Kale. Kaget juga sih baru memulai karier eh terjerat narkoba.

    ReplyDelete
  6. Pernah tau artis ini entah di berita apa, dan sekarang baru tau kalau dia penyanyi jazz. Padahal musisi jazz tidak terlalu banyak ya. Sayang sekali dia yang berbakat justru malah terjerat kasus narkoba

    ReplyDelete
  7. Sayang banget ya di saat kariernya lagi bersinar malah terjerat kasus. Aku termasuk penggemar musiknya Ardhito ini lho. Apa yang dialaminya moga bisa jadi pelajaran bagi yang lain.

    ReplyDelete
  8. Sayang sekali ikutan terjerat barang haram sebab saat baca kisahnya dari awal ardhito ini punya masa depan yang gemilang. Tidak ada pembenaran atas tindakan ini apa pun alasannya sebab semua orang pasti punya kelemahan yang hanya kita sendiri yang bisa kontrol

    ReplyDelete
  9. Aku malah baru kenal dia setelah nonton dia di bioskop.jujur kaget banget loh

    ReplyDelete
  10. ternyata menjadi artis terkenal banyak tantangannya yaa. kelihatannnya bahagia, namun ternyata bisa terjerat narkoba juga ya mbak. Salah satu kelemahan manusia adalah lemah. oleh karena itu harus membentengi diri dengan keimanan agar diri menjadi kuat dan tak mudah terjerat hal yang terlarang/

    ReplyDelete
  11. Memang memakai narkoba bisa menyebabkan karir yang selama ini dibangun bisa kemudian runtuh, tetapi saya harap, ardhito masih tetap berkarya setelah ini

    ReplyDelete
  12. jeratan narkoba bisa menjerat siapa saja, mungkin 'nikmat' sesaat tapi berujung petaka, manusia tempatnya salah, selama dia mau bertobat dan kembali ke jalan yang benar mengapa tidak

    ReplyDelete
  13. Hahaha orang ini memang lagi hype ya. Banyak banget korban narkoba laknat ini ya

    ReplyDelete
  14. Terus terang saya baru mengetahui sosok ini semenjak beritanya viral beberapa terakhir ini. Kadang public figure muncul dengan masalah baru dikenal oleh masyarakat ya mbam

    ReplyDelete
  15. Harus ada konsekuensi yang sesuai ya kak. Mau artis atau bukan. Biar enggak digeneralisasi penggunaan narkoba ini. Apalagi karena efeknya yang cukup berbahaya. Bahkan, morfin yang dipakai untuk pengobatan aja, pasien yang pakai itu sering mengeluh karena terlalu ngefly. Jadi emang berbahaya banget kalau dianggap ringan.

    ReplyDelete
  16. Iya saya juga suka lagu lagunya Arditho. Bakatnya dalam bermusik memang luar biasa sayangnya harus terjebak dengan barang barang terlarang tersebut. Tapi saya juga nggak mau ikut menghujat sih karena kita nggak tahu beban apa yang ditanggungnya sampai sampai harus bersinggungan dengan narkoba.

    ReplyDelete
  17. Pas kemaren rame diberitakan di portal online aq sampe bingung siapa Ardito Pramono ini, eh ternyata bukan aq aja ya yang gak tau

    ReplyDelete
  18. Entah kenapa karya-karya bagus sering berasal dari pengaruh psikoropika semacam ini. Akan selalu ada orang yang memaklumi, tapi ada juga yang langsung antipati.

    ReplyDelete
  19. Banyak sekarang artis yajg terjerat narkoba itu banyak sekarang, mungkin karena depresi atau gimna ya kok main narkoba

    ReplyDelete
  20. Tetap berkarya dan berprestasi dalam musik, masih ada harapan berubah lebih baik

    ReplyDelete
  21. Kesempatan utk lebih baik itu slalu ada, semoga kesalahan dapat diambil pelajaran.

    ReplyDelete
  22. Aku gak kenal cowok ini siapa, cuma tahu tampangnya seliweran di timeline IG. Ternyata sama aja kayak Anji dulu, koar2 antinarkoba, eeeeh ternyata tergoda juga make.

    Banyak juga ya ternyata mini albumnya. Ternyata seniman berbakat. Udah jadi kameo di banyak film populer juga malahan. Semoga ini menjadi pelajaran berharga buat Ardhito untuk lebih waspada lagi di masa depan.

    ReplyDelete
  23. Dan keduanya rizki nazar dan ardhito sama2 good looking mbak. Meskipun mereka salah gara2 memakai narkotika tapi kadang banyak yg ngedukung untuk masuk TV kdang pasca keluar dari hukuman. Mereka masih ada job. Sdgkan public figures yg kena kasus narkotika yg wajahnya pas2an lgsung sepi job gara2 kasus itu, penal sebelum2nya mereka rame jobnya.

    ReplyDelete
  24. Saya tahu Ardhito karena lihat iklan facial wash, terus lihat dia ada di konsernya Rossa. Saya tahunya dia penyanyi saja.

    Emang disayangkan ya, karena narkoba karirnya jadi dipertaruhkan. Apapun alasan dia menggunakan narkoba, kini dia harus menanggung akibat perbuatannya itu

    ReplyDelete
  25. Aku udah agak lama tahu Ardhito, apalagi pas main Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini trus beberapa musiknya dan beberapa iklan yg dibintanginya. Sedih ya, kalau ada selebriti yang profilnya di panggung bagus tapi justru terjerat kasus narkoba

    ReplyDelete
  26. muda dan berbakat, semoga nanti selepas menjalani masa hukuman masih dapat bertahan mewarnai musik indonesia...

    ReplyDelete
  27. Sepertinya aku ngga segaul orang-orang, karena ngga tahu lagu2nya Ardhito, meski liat namanya sliweran di temlen sebelum dia kena kasus. Malah ketika kena kasus, malah lebih kepo saat publik pada kaget dia punya istri 😄

    ReplyDelete
  28. Ngomongin soal narkoba, rasanya dunia artis sudah biasa ya. Mungkin karena memang kehidupan yang cukup keras atau memang ada tekanan yang disembunyikan. But, buat Ardhito sejujurnya saya suka dengan style dia

    ReplyDelete

Post a Comment