Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skincare Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui Yang Aman

mama's choice skin expert series

Skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, menurutku adalah printilan yang juga cukup penting untuk dipertimbangkan ketika belanja, sih. Kenapa? Karena nggak bisa dipungkiri, kalau hormon ibu di fase ini mengalami banyak perubahan. Benar?

Beberapa ibu ada yang mengeluhkan, jika wajahnya tiba-tiba bermunculan jerawat, berminyak, kulit kering, rambut rontok dan tentu saja stretch mark. Ini memang hal yang normal, sebab memang bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun, kali ini aku nggak akan terlalu bicara soal keilmuan ini, sih hohoho

Kali ini, aku akan membagikan pengalaman dan perjalananku ketika menggunakan skincare selama hamil dan menyusui. Enjoy yaaa

Pentingnya Memahami Kandungan Skincare

Sebagai ibu hamil dan menyusui, tentu kita paham, jika ada banyak treatment khusus yang harus dilakukan. Salah satunya adalah selektif terhadap bahan-bahan yang akan kita gunakan. Karena ada beberapa zat, yang akan memberikan dampak pada janin dan kualitas air susu.

Itulah kenapa, kita harus aware terhadap hal ini. Bahkan, jika memungkinkan tidak masalah ketika memang perlu mengganti serangkaian skincare kita, loh!

Jadi, jika ada pertanyaan apakah ibu hamil dan menyusui boleh menggunakan skincare? Tentu saja boleh. Namun, ada skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui karena mengandung zat berbahaya.

Beberapa zat dalam skincare, bisa saja memberikan efek samping seperti ruam, gatal, sensasi pering dan yang cukup membahayakan adalah cacat lahir hingga keguguran. Yuk tetap selektif, ya, bu, soal skincare ini.


Beberapa Kandungan Berbahaya Dalam Skincare

● Paraben

Tentu kita tidak asing lagi dengan kandungan zat yang satu ini. Zat ini biasanya digunakan untuk keperluan pengawetan kosmetik guna menghindari tumbuhnya jamur dan atau bakteri. Namun, ternyata zat ini bisa mengganggu pertumbuhan janin!

● Hydroquinone

Sama halnya dengan paraben, zat ini juga banyak diberitakan di berbagai media massa sebab banyak ditemukan pada krim pemutih ilegal.

Itulah mengapa, sebaiknya kita menghindari kandungan ini. Karena usut punya usut, hydroquinone sangat mudah masuk ke dalam tubuh, dan bisa menghambat tumbuh kembang janin dan plasenta.

● Retinoid

Zat ini biasanya digunakan pada produk kecantikan untuk mencegah timbulnya jerawat dan tanda penuaan. Banyak ahli mengatakan, jika zat ini bisa menyebabkan cacat lahir jika dikonsumsi secara langsung (oral).

Namun, mengingat efek sampingnya yang cukup mengerikan, rasanya akan sangat bijak jika kita menghindari kandung ini pada skincare, ya.

● Asam Hidroksi

Sama halnya dengan retinoid, asam hidroksi juga menimbulkan efek samping signifikan jika digunakan secara oral. Jadi sebaiknya memang mengurangi skincare yang mengandung zat ini, atau bahkan menghentikan pemakaian.

● Vitamin A dan turunannya

Jangan salah, tidak semua golongan dalam vitamin itu aman untuk digunakan, ya. Jika membahas mengenai Vitamin A, maka kandungan yang sebaiknya teman-teman hindari adalah Renova dan Retin-A.

Kandungan ini disinyalir dalam membahayakan janin, jadi sebaiknya kita ganti skincare dengan kandungan vitamin lain.

● Asam Salisilat

Zat berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui selanjutnya adalah asam salisilat. Zat ini sebetulnya aman digunakan dalam batas maksimal 2%. Diketahui, jika zat ini juga bisa menimbulkan masalah yang cukup serius seperti cacat lahir hingga keguguran.

Oke, setelah mengetahui beberapa zat yang berbahaya di atas. Apakah ada kandungan tersebut di skincare yang kita pakai selama ini? Atau bahkan, kita masih menggunakannya saat sedang hamil dan atau menyusui seperti saat ini? Hayooo :D

Nah, sekarang saatnya aku bagikan salah satu produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sebab, produk ini memang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan para bumil dan busui di luar sana.



Mama’s Choice Skin Expert Series : Skincare Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Aman

Adalah Mama's Choice Skin Expert Series yang bisa dijadikan sebagai skincare untuk ibu hamil dan menyusui yang aman. Kenapa? Tentu saja karena Mama’s Choice hanya menggunakan kandungan zat yang memang aman untuk kita.

Ada info yang harus teman-teman ketahui, yakni rangkaian skincare ini tidak memiliki aroma menyengat (bahkan beberapa produk tidak beraroma), tidak menggunakan alkohol tambahan, hypoallergenic dan tentu saja sudah teruji secara dermatologis.

Jangan Salah, Menggunakan Skincare Bisa Jadi Sesi Me Time

Berikut ini ada beberapa produk yang menurutku wajib banget digunakan selama hamil dan menyusui, ya. Karena selain memberikan manfaat pada tubuh, tapi juga bisa sebagai salah satu bentuk me time kita, loh!

Setuju, kan? Badan lelah karena berat janin semakin besar, mual tak tertahankan, atau proses menyusui yang penuh dengan drama tak berkesudahan adalah cerita-cerita nyata yang memang terjadi dan sangat bisa memicu stress.

Produk Unggulan Mama’s Choice Untuk Skincare Routine


● Stretch Mark Cream

Langsung aja, ya. Produk yang pertama adalah si sahabat yang paling banyak dicari para ibu. Stretch Mark Cream.

Hayoo, siapa yang stretch marknya sudah mulai bermunculan atau bahkan belum menunjukkan tanda-tanda akan pamit? Meskipun nggak kelihatan secara langsung, ternyata banyak ibu yang jadi kurang percaya diri ketika badan tak lagi semulus dulu. Benar?

Stretch mark cream ini akan membantu kita dalam mengurangi gatal, membantu menjaga kelembaban kulit dan memudarkan stretch mark.

Untuk aromanya sendiri tidak menyengat, ya, dia wanginya soft gitu. Tidak lengket dan cepat sekali meresap, dan baunya awet loh!


● Niple Cream

Ini menurutku juga barang yang wajib ada di rumah, sih. Drama menyusui biasanya berawal ketika luka pertama menyusui datang, atau ketika anak mulai tumbuh gigi dan masih menyusu :’)

Ya, kan? Rasa sakitnya bahkan masih terbayangkan sampai saat ini hahaha. Niple cream ini aman untuk digunakan ya, karena hanya menggunakan dua bahan yang alami, yakni kurma dan minyak kelapa.

Di bagian bungkusnya, ada cara pemakaiannya. Bahkan, untuk pencegahan kita menggunakannya sejak masih hamil, loh. Btw, aku masih pakai niple cream loh meskipun udah 2 tahun menyusui hahaha.

Aromanya khas minyak kelapa dan kurma tapi enak, karena tidak terlalu menyengat.


● Face Wash

Aku termasuk yang selektif soal produk yang satu ini, ya. Karena kebetulan aku pernah ganti merek dan justru kulit wajah jadi kering dan kasar.

Nah, beruntungnya face wash dari Mama;s Choice ini mengandung ekstrak beras, jadi kulit langsung lembut banget, dan memang terlihat lebih bersih dan segar.

Ah ya, face wash ini tidak memiliki banyak busa yang artinya tidak mengandung SLS. Selain itu, aromanya tidak menyengat dan menurutku justru tidak beraroma.


● Sheet Mask

Ada dua jenis sheet mask dari Mama;s Choice Skin Expert Series ini, ya. Ada Shooting Protective yang menggunakan bahan dasar tea tree dan mentimun. Yang aku rasakan setelah menggunakannya adalah kulit jadi segar, lembut, kenyal relax dan terasa ringan ya, karena nggak berminyak lagi.

Lalu ada Revitalizing Sheet Mask. Untuk masker ini menggunakan Centella asiatica atau pegagan dan madu. Salah satu hal yang menakjubkan setelah menggunakan masker ini adalah komedo di hidung ikut terangkat.

Kedua masker ini menurutku punya kandungan serum yang banyak banget ya, jadi dia benar-benar menutupi permukaan dengan merata. Selain itu, ukuran sheetnya cukup lebar dan tebal juga.

Aku pernah menggunakan sheet mask lain, dan justru kulit wajah jadi terasa sangat perih. Namun, ketika menggunakan kedua sheet mask ini justru nyaman banget. Apalagi pakainya aku suka malam hari, sambil nonton jadi lebih relaks aja.


● Daily Protection Face Moisturizer

Nah, ini yang tak kalah pentingnya. #Kurangiworry untuk kulit yang sering terpapar sinar matahari dengan produk yang satu ini.

Ini krimnya lembut banget ya, gampang meresap dan nggak lengket juga. Aromanya sendiri tidak menyengat.

Produk ini juga mengandung ekstrak beras, dan ketika menggunakanya yang aku rasakan kulit jadi ringan, segar dan lembab.

Suka banget sama rangkaian skincare dari Mama’s Choice ini, deh. Untuk teman-teman yang belum tahu, Mama’s Choice ini sedang mengadakan campaign #MamaNaturaGlow, yang sesuai banget dengan kandung produknya.

Melalui campaign #KurangiWorry juga, Mama’s Choice menghadirkan produk yang memang sangat dibutuhkan oleh para ibu untuk mengatasi permasalahan mereka. Seperti yang aku bilang tadi, banyak di antara kita yang merasa tidak percaya diri bahkan stress, setelah melihat perubahan pada tubuh, terutama wajah.

Adakah yang ingin mendapatkan pengalaman menyenangkan dan aman menggunakan skincare selama hamil dan menyusui seperti aku? Teman-teman bisa Dapatkan Mama’s Choice Skin Expert Series lebih hemat di sini!

Rasanya cukup sampai sini ya, bincang-bincang kita soal skincare untuk ibu hamil dan menyusui yang aman ini. Ku tunggu cerita teman-teman setelah menggunakan rangkaian skincare dari Mama;s Choice ini ya!
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

39 comments for "Skincare Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui Yang Aman"

Anis Khoiriyah January 10, 2022 at 1:36 PM Delete Comment
Ibu hamil pun sekarang bisa tampil cantik dan glowing ya mbak, selain itu produk juga aman jadi makin tenang pakai
Farida Pane January 10, 2022 at 1:48 PM Delete Comment
Penting banget nih pakai skincare yang aman. Kebetulan aku busui. Terima kasih sudah direkomendasikan skincare kece ini, ya
Sandra Hamidah January 10, 2022 at 4:33 PM Delete Comment
Wah keren banget ya Mama's Choice emang dari dulu andalan aku dan anak aku deh, selalu berinovasi apalagi aku kepo banget sama sheet mask nya
ginanelwan January 10, 2022 at 9:18 PM Delete Comment
walaupun lagi hamil, tetap perawatan diri harus jalan terus ya. Tentunya memilih yang aman buat bumil, mamas choice oke juga
Didik Purwanto January 10, 2022 at 10:54 PM Delete Comment
Nah suami juga harus ngeh nih urusan printilan perempuan. Jangan biarkan istri2 kita atau cewek kita ngga terurus, apalagi setelah melahirkan. Perawatan wajah hingga perawatan tubuh tuh perlu banget bagi mereka. Kalo mereka cantik, kan suami juga pada seneng. Hidup kita bisa tenang dan sejahtera, aman dari godaan perempuan lainnya. Hehehee..
Muyassaroh January 11, 2022 at 1:17 PM Delete Comment
Nyesel banget baru tahu produknya sekarang, Mba..Waktu hamil dulu, nggak perhatian sama diri sendiri. Jarang merawat diri, ketika muncul stretch mark, nggak ada yang bisa dilakukan karena semua sudah terlambat...huhu. Ternyata Mama's Choice punya produknya. Next mesti lebih perhatian sama diri sendiri :(
Iim Rohimah January 11, 2022 at 3:17 PM Delete Comment
Wah, Mama's Choice punya skincare juga ya. Ibu menyusui kaya aku pasti cocok deh dan harus pakai. Produk bayinya juga bagus banget. Skincarenya juga pasti berkualitas tinggi ya.
Han January 11, 2022 at 4:03 PM Delete Comment
Wah asyik iniii ada skincare aman buat bumil sama busui. Biasanya klinik pun ngga membolehkan bumil atau busui untuk perawatan yah. Bisa nih dicobaaa
Yuni Bint Saniro January 11, 2022 at 4:31 PM Delete Comment
Informasi ini perlu banget nih. Saat ibu sedang hamil dan menyusui, beliau nggak mungkin nggak melakukan perawatan kulit kan ya. Tapi maksain pake skincare tanpa memperhatikan kandungannya malah akan berbahaya. Maka kita perlu tahu skincare apa yang bisa dipake untuk ibu hamil dan menyusui.
Mutia Erlisa Karamoy January 11, 2022 at 5:01 PM Delete Comment
Wah senangnya sudah saya produk skincare khusus untuk ibu hamil, soalnya memang ibu hamil sangat sensitif dengan kandungan yang terdapat dalam skincare. Nah, dengan skincare Mama's Choice ini, dijamin aman dan bumil serta busui tetap bisa tampil glowing dan memiliki kulit wajah yang sehat.
Yonal Regen January 11, 2022 at 5:48 PM Delete Comment
Istri saya yang sedang menyusui pasti suka banget nih dengan produk dari mama's choice skin expert series ini. Makin glowing dah
Latifah January 11, 2022 at 5:51 PM Delete Comment
Aku suka banget baca review skincare dari mama's choice ini, apalagi rangkaian produknya juga lengkap banget. Sampe sampe ntar kalo nikah seserahanya pengen produk ini aja hahaha halu ah
Fenni Bungsu January 11, 2022 at 5:59 PM Delete Comment
Daku pikir hanya yg punya kulit sensitif aja gak boleh ini itu, ternyata bumil dan busui pun perlu diperhatikan kandungannya, karena terkait juga dengan buah hatinya
Eka FL January 11, 2022 at 7:12 PM Delete Comment
ini lengkap banget ya, ibu hamil biasanya agak dont care soal skincare-an tapi sekarang gak lagi deh, udah ada mama's choice ya. lebih nyaman nih ibu hamil dan menyusui bisa tetep tampil cantik, btw aku kepengen nyoba Stretch Mark Cream nya, meski gak lagi hamil dan gal lagi menyusui. bekas hamil dan lahiran nih stretch marknya masih ada
Witri Prasetyo Aji January 11, 2022 at 8:14 PM Delete Comment
Ibu hamil dan menyusui juga butuh skincare dong, tapi ya itu harus selektif soal kandungannya. U tung ya ada Mama's Choice, kandungannya jelas aman.
Dee_Arif January 11, 2022 at 8:51 PM Delete Comment
Bagi ibu hamil dan menyusui memang harus hati hati memilih skincare ya mbak
Pastinya harus pilih yg aman seperti Mama's Choice ini
Hastin Pratiwi January 11, 2022 at 10:29 PM Delete Comment
Seneng banget lihat ibu-ibu hamil sekarang dimudahkan dengan adanya produk khusus hamil dan menyusui, termasuk untuk skincare dan perawatan diri. Karena bayi yg sehat berawal dari kondisi ibu yg nyaman dan bahagia.
Happy Hawra January 11, 2022 at 10:31 PM Delete Comment
memang harus lebih hati-hati ya ibu hamil, bahkan ke penggunaan skincare pun. semoga tetap aman para mama-mama
lendyagassi January 11, 2022 at 10:48 PM Delete Comment
Betul sekali..
Memperhatikan kandungan skincare dengan teliti ini penting sekali. Terlebih ketika hamil dan menyusui.
Yuk,
memilih produk yang sudah pasti aman, Mama’s Choice Skin Expert Series.
Adriana Dian January 11, 2022 at 11:52 PM Delete Comment
Mamas choice makin lengkap banget nih rangkaian produknya.. sekarang sampe ada skincare khusus untuk bumil dan busui yaaa
Narasi Nia January 12, 2022 at 1:54 AM Delete Comment
Thanks infonya kak. Bisa kurekomendasikan untuk iparkua yang lagi mengASIhi nih. Kebetulan dia juga udah ngomel aja krrna masalah kulit mulai muncul
Harianeko.com January 12, 2022 at 4:42 AM Delete Comment
Wah saya baru tau klu ada skincare diperuntukn buat ibu hamil & ibu menyusui.. Sy rekomendasikan ke saodara ya kak.
DokterTaura January 14, 2022 at 6:02 AM Delete Comment
Product Mama's choice emang lengkap ya... Mutunya juga bagus. Kemasannya oke, dan harganya juga terjangkau. Bisa banget nih aku rekomendasikan ke pasien2ku
Zulmi January 14, 2022 at 6:12 AM Delete Comment
Hu uh...bumil dan busui pun hrs tetep glowing ya mba biar layangan ga putus..eh..hehe

Baru tahu produk skincare mama's choice ini...
Makasih review lengkapnya mbaa
Ella Fitria January 14, 2022 at 6:17 AM Delete Comment
Wah aku baru tahu juga kl Mama's Choice ada sheet masknya, Mbak. Hihi
Ku mereka cm punya produk skin care tp ga sampai sheet mask segala. Enak bgt skrg bumil dan busui bisa sheet mask-an dg aman dan tenang nih
Laily Fitriani January 14, 2022 at 12:28 PM Delete Comment
Sepakat banget kalau bumil wajib selektif memilih produk face care dan body care ya Mbak? dan mupeng banget produk Mama's Choice yang biasanya hadir dalam produk baby, ada face care juga khusus bumil.
Laily Fitriani January 14, 2022 at 3:41 PM Delete Comment
Produk Mama's Choice ini setahuku fokus perawatan baby dan mom lebih ke perawatan after lahiran ya Mbak? baru tahu kalo ada sheet mask nya juga.
Hastin Pratiwi January 15, 2022 at 4:22 PM Delete Comment
Senang yaa ibu hamil dan menyusui zaman now. Banyak produk aman, bukan sekadar untuk nutrisi aja, tapi juga produk perawatan wajah dan tubuh seperti Mama's Choice ini.
Ibu tetap cantik dan terawat, bayi pun ikut bahagia.
Windi astuti January 15, 2022 at 8:37 PM Delete Comment
sayang, sedang tidak hamil maupun menyusui. sebenarnya kepo ingin nyoba prodaknya ini. Pakai sederet skincare memang bisa jadi me time banget buat Bu ibu dirumah ya. kalau wajah (terutama) nampak bersih, tubuh juga terawat kitanya jadi pede
Diah Alsa January 16, 2022 at 1:05 PM Delete Comment
jadi ingat deh Mbak, waktu hamil anak pertama dulu langsung say goodbye ama day and night cream karena takut, katanya bumil gak boleh skincarean, padahal justru selama hamil dan menyusui kita tetap harus merawat diri juga karena hormonal yang tidak bisa kita kendalikan, dengan syarat memilih produk yang tepat.
Bumil busui sekarang happy banget dong ya karena tetap bisa perawatan dengan produk-produk Mama's Choice ini.
ohyaa saya juga pakai lho si Nipple cream ini waktu jadi busui, dan recommended banget emang. Item yang wajib ada ini mah sepanjang menyusui apalagi kalau si Bayik udah mulai numbuh gigi hihih
Deeva Collection January 16, 2022 at 7:59 PM Delete Comment
Penasaran sama sheet mask nya mb, ini kan temanya buat moms terlebih yang hamil dan menyusui. Kalau buat man bisa ga nih sheet mask?
Siska Dwyta January 16, 2022 at 8:30 PM Delete Comment
Senang banget ya sekarang ada paket skincare lengkap untuk bumil dan busui dari Mama's Choice yang benar2 ngerti banget kebutuhan ibu2. Jadi gak worry lagilah perawatan selama hamil dan menyusui karena produknya yang benar2 terjamin aman dan nyaman. Hasilnya juga bikin glow ya:)
Febrina January 16, 2022 at 9:37 PM Delete Comment
Ternyata banyak banget bahan kosetik yang harus dihindari oleh bumil dan busui.. Salah pakai bisa ngasih efek buruk buat bayi
Antung apriana January 17, 2022 at 9:57 AM Delete Comment
ibu hamil memang harus benar-benar teliti ya sama kandungan skincare yang dipakainya karena bisa berefek ke kandungannya. alhamdulillah sekarang sudah banyak skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui kayak mama's choice ini
Anggi Putri January 17, 2022 at 11:53 AM Delete Comment
Wah lengkap banget ya ternyata produknya Mama Choice, bisa buat aku buat list nanti hehehe...
Dyah happydyah[dot]com January 18, 2022 at 7:22 PM Delete Comment
Mama's choice makin inovatif produknya. Terdepan untuk bayi dan mamanya. Produknya aman juga sangat direkomendasikan
Rini Rahmawati January 20, 2022 at 6:47 AM Delete Comment
Jadi nyesel dulu waktu hamil tidak terlalu memperhatikan perawatan diri jadi muncul strectmach dll

Keren ya sekarang udah tersedia skincare yang aman buat bumil, bisa jadi referensi buat ponakan
Maria Tanjung January 23, 2022 at 1:01 PM Delete Comment
Mama's choice bener-bener tahu kebutuhan ibu ya mbak apalagi habis melahirkan. Alhamdulillah udh ada skincare utk ibu melahirkan
Erny Note June 13, 2022 at 9:01 AM Delete Comment
Produk Mama's Choice adalan banget nih aku juga make produk ini. Nyaman sekali hasilnya oke