Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Habbatussauda, Jintan Hitam dari Dataran Asia Kaya Manfaat



Jintan hitam atau habbatussauda (Nigella Sativa) adalah salah satu rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai suplemen daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan produknya pun tidak susah, ada banyak di jual di toko-toko herbal.

Habbatussauda sendiri, banyak tumbuh di dataran Asia. Apakah teman-teman tahu, jika jintan hitam ini juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan? Ya. Ini karena jintan hitam memiliki cita rasa yang khas dan kaya.

Nah, karena habbatussauda ini dikenal dengan manfaatnya sebagai penambah daya tahan tubuh. Jadi, habbatussauda untuk mengobati apa saja? Yuk, lihat di bawah ini.

apa itu habbatussauda

Kenali Manfaat Habbatussauda, Rempah-rempah yang Banyak Dijual di Toko Herbal

Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Habbatussauda ini mengandung antioksidan yang membantu tubuh merespon dengan baik terhadap serangan penyakit.

Manfaat lain dari antioksidan ini adalah sebagai pereda peradangan dan ikut berperan menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Atasi Infeksi Bakteri

Dalam sebuah jurnal ilmiah, juga disampaikan jika ada kandungan dalam jintan hitam ini yang bertugas menghambat pertumbuhan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

Informasi menariknya, MRSA ini adalah salah satu spesies bakteri yang dikenal tahan terhadap antibiotik!

Manfaat lain dari habbatussauda adalah untuk menjaga kadar gula darah, membantu melancarkan pencernaan, membantu mengatasi kolesterol tinggi hingga sebagai penawar racun.

Ada yang belum pernah mengkonsumsinya? Cara mengkonsumsi habbatussauda ini cukup mudah, ya. Sebelumnya perlu teman-teman ketahui, jika habbatussauda yang banyak dijual biasanya berbentuk minyak maupun kapsul.

Jadi, cara mengkonsumsinya juga sama seperti kapsul lainnya. Mudah, kan? Tidak ada treatment khusus.

Produk habbatussauda ini bisa teman-teman dapatkan di toko herbal, apotek hingga supermarket. Harga habbatussauda juga mengalami perbedaan di setiap lokasinya. Namun, rasanya semua masih terjangkau, ya.

Mengingat banyaknya varian kemasan yang beredar di pasaran. Mulai dari kemasan kecil hingga besar, semu tersedia. Bahkan, ada juga produsen yang mencampurkan rempah lain bersama dengan habbatussauda, seperti jahe hingga madu hutan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Habbatussauda Asli?

Mengingat banyaknya produk habbatussauda yang mulai dijual, maka sebagai pembeli, kita pun harus semakin jeli saat membelinya. Karena ini akan masuk ke dalam tubuh, tentu tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman gunakan, untuk mendapatkan habbatussauda asli dengan kualitas yang masih terjaga.

Perhatikan kemasan produk

Apakah ada segel yang sudah terlepas? Jangan ragu untuk mengajukan komplain hingga penggantian produk, jika kemasan sudah rusak, ya.


Terdaftar BPOM

Nah, ini juga hal yang cukup krusial, ya. Mengingat saat ini banyak produk tiruan yang beredar, bahkan tak pandang bulu jika itu adalah produk kesehatan.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Selain itu, teman-teman juga bisa menanyakan ke pada penjual atau pelayan toko, daya simpan produk setelah kemasan dibuka.

Adakah Label Komposisi

Jika teman-teman tidak menemukan label ini, dan ragu-ragu untuk membelinya, maka tidak mengapa jika harus berpindah toko.

Apakah teman-teman juga tahu, jika saat pandemi merebak kemarin, habbatussauda menjadi salah satu produk herbal yang banyak dicari oleh masyarakat?

Untuk mendapatkan kualitas daya tahan tubuh yang baik, kita perlu mengkonsumsinya secara rutin dan kontinyu. Jika hanya mengkonsumsinya selama satu atau pekan saja, maka manfaatnya tentu akan berbeda jika dikonsumsi secara rutin.

Tidak hanya untuk dikonsumsi secara oral, habbatussauda belakangan juga digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi. Pernah lihat? Nah, bagaimana, bukankah layak jika habbatussauda ini disebut sebagai herbal yang kaya manfaat?

Apakah teman-teman juga mengkonsumsi habbatussauda? Cerita yuuk


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Habbatussauda, Jintan Hitam dari Dataran Asia Kaya Manfaat"