Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Bisnis Sampingan Pekerja Kantoran, Cuan Cuan Cuan!

Bisnis sampingan pekerja kantoran belakangan ini memang cukup banyak dilakukan, terlebih untuk kalangan milenial. Tentu saja banyak hal yang mendasarinya, mulai dari kenaikan harga bahan pokok hingga “trend”.

Karena banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk iklim digital, maka bisnis rumahan yang dilakukan pun juga sangat beragam. Tentu saja teman-teman juga menyadari hal ini.

Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan pekerja kantoran yang bisa anda coba, dan sangat mudah dilakukan meskipun anda bukan seorang karyawan! Apa saja? Yuk, kita lihat penjelasan berikut ini.

bisnis sampingan pekerja kantoran

Ide Bisnis Sampingan Pekerja Kantoran

Freelance Blogger

Beberapa orang yang aku kenal sebagai karyawan kantor, belakangan semakin banyak yang menekuni dunia blogging ini. Beberapa alasan yang kerap disampaikan, antara lain karena waktunya yang fleksibel sampai bayaran yang cukup menggiurkan.

Namun, jika teman-teman juga ingin melakukan bisnis sampingan yang satu ini, pastikan telah memahami bagaimana seluk beluk dunia blogger, sekalipun itu adalah pengetahuan dasar tentang blog.

Bisnis Kuliner

Disadari atau tidak, bisnis kuliner merupakan salah satu ide usaha rumahan yang tak lekang oleh waktu. Alasan utamanya adalah karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

Untuk bisnis ini, teman-teman bisa menjual variasi masakan rumahan, kue kering, makanan beku hingga bumbu siap pakai. Bisnis kuliner ini, bisa kita lakukan setelah jam kantor usai atau di akhir pekan.

Usaha Pakaian Bekas

Usaha pakaian bekas juga tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jangan salah, meskipun yang dijual adalah barang bekas tapi kualitasnya tidak perlu diragukan.

Ada banyak pemasok yang menyediakan pakaian merek internasional hingga produk lokal. Usaha sampingan baju bekas ini tidak membutuhkan tempat yang khusus (toko), teman-teman bisa menjualnya secara daring atau online.

Menjadi Influencer

Apakah teman-teman tahu, jika banyak di antara para influencer ternama di media sosial adalah pekerja kantoran? Bahkan, ada juga yang seorang dokter gigi.

Untuk menjadi seorang influencer, teman-teman juga perlu menyiapkan perangkat yang memadai, pengetahuan tentang branding, marketing hingga penggunaan media sosial yang baik.

Bisnis Produk Skincare

Bisnis skincare merupakan salah satu ide bisnis yang bijak. Mengingat saat ini juga semakin banyak merek produk kecantikan di pasaran.

Jika anda kebetulan memiliki keterbatasan waktu dan modal, maka menggunakan platform skincare akan memudahkan kegiatan jual beli teman-teman.

Di platform semacam ini, biasanya ada harga khusus (harga grosir) untuk para reseller maupun dropshipper. Nah, kebetulan sekali ada salah satu platform reseller skincare terbaik yang bisa teman-teman coba!

alasan memulai usaha sampingan

RAENA, Siap Kembangkan Bisnis Skincare dengan Modal Minim

Sebagai pekerja kantoran, tentu kita memiliki jam kerja yang pasti, bahkan seringkali menjadi panjang ketika ditambah jam lembur. Dengan demikian, maka waktu untuk mengurus bisnis sampingan ini juga semakin sempit.

Belum lagi keterbatasan modal yang menjadi momok bagi hampir sebagian besar pengusaha. Pekerja kantoran secara umum memiliki gaji yang sama setiap bulannya, jangan lupakan juga soal potongannya.

Maka, solusi untuk teman-teman yang ingin memulai bisnisnya adalah dengan menggunakan RAENA? Kenapa?

platform skincare terpercaya

Alasan Menggunakan RAENA untuk Bisnis?

Banyak Pilihan Produk

Perlu teman-teman ketahui, jika RAENA adalah platform khusus yang menyediakan banyak produk skincare (lokal dan mancanegara). Ada lebih dari 250 bran yang tergabung, dengan lebih dari 1000 produk yang bisa teman-teman pilih! 

Dengan banyaknya produk, maka teman-teman juga akan dengan mudah menemukan brand-brand besar seperti BRUNBRUN Paris, Dear Me Beauty, KOTTONVILLE, FOCCALURE hingga OMG Oh My Glam.

Ini tentu akan memudahkan kita ketika hendak berbelanja secara grosir, mengingat di pasaran memang banyak sekali produk dengan berbagai macam kelebihannya.

Program Dukungan untuk Reseller

Apa yang teman-teman pikirkan tentang hal ini? RAENA tidak hanya siap menjadi tempat kita mendapatkan maupun menjual banyak produk kecantikan.

Namun, pihak RAENA juga aktif dalam memberikan pelatihan kepada rekanannya agar mampu mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karena kita tahu, jika pemasaran adalah hal penting dalam dunia marketing.

Akses Informasi Mudah

Alasan yang tak kalah pentingnya terkait RAENA adalah mudahnya akses informasi. RAENA memiliki situs website resmi yang bisa diakses kapan pun dengan berbagai perangkat.

Di website tersebut juga disediakan banyak sekali informasi, baik untuk reseller, dropship hingga pemasok barang. Jangan khawatir, karena ada tim CS (Customer Service) yang siap di hari Senin - Jumat dengan jam kerja 7.30 WIB sampai dengan 22.30 WIB!

Bukankah berbisnis dengan RAENA ini cukup memuaskan? Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Sebagai pekerja kantoran, apa yang diberikan RAENA memang sangat solutif, baik dari segi waktu hingga besarnya modal usaha.

Apakah teman-teman juga ingin memulai bisnis sampingan pekerja kantoran yang satu ini? Yuk, ikut daftar jadi bagian RAENA. Adanya dukungan dari expert untuk pengembangan bisnis, tentu akan memudahkan kita dalam mendapatkan keuntungan!


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

65 comments for "Ide Bisnis Sampingan Pekerja Kantoran, Cuan Cuan Cuan!"

Yustrini October 28, 2022 at 8:14 PM Delete Comment
Denger cuan langsung melek nih, hihi. Mau ikutan mulai bisnis tambahan di RAENA biar tambah cuan juga.
Yuni Bint Saniro October 28, 2022 at 8:15 PM Delete Comment
Asli iya. Orang kantoran juga perlu pekerjaan sampingan yang nggak mengganggu pekerjaan utama sih. Semacam blogger atau influencer misalnya. Kita bisa mempersiapkan konten di sela-sela waktu istirahat.

Emang sih. Capek. Tapi, namanya sedang berusaha sih ya.

Hasilnya jiga bakalan kita yang rasakan. Hehehe
Sabrina October 29, 2022 at 9:03 AM Delete Comment
baca judulnya auto semangat nyari cuan cuan cuan dari bisnis sampingan, seru banget kalau udah bahas bisnis kayak begini
HendraDigital October 29, 2022 at 10:02 AM Delete Comment
Ada juga karyawan kantoran yang memilih resign dan fokus terjun ke dunia blog. Kalo mau ikutin jejaknya, ya minimal blognya sudah menghasilkan cuan yang cukup untuk menopang kebutuhan sehari-hari ya.

Hemmmm, sepertinya jualan kosmetik juga peluang bisnis yang cukup menjanjikan lho. Apalagi ada platform seperti RAENA, bisnis kosmetik bakalan lebih mudah lagi deh ..
Bambang Irwanto October 29, 2022 at 11:48 AM Delete Comment
Teman saya banyak yang pekerja kantoran, tapi juga ada bisnis sampinganya. dan memang pada semangat. Misalnya pulang kantor, kerjakan orderan. Kalau sabtu minggu, jualan offline juga pakai mobil. Dan hasilnya mantul hehehe.
Makanya semakin banyak pekerja kantoran yang bisnis sampingan juga. Apalagi semakin banyak peluang ya Mbak. Termasuk jadi reseller RAENA. Bisa dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama.
Tukang Jalan Jajan October 29, 2022 at 5:47 PM Delete Comment
Banyak pilihan freelancer yang bisa dilakukan termasuk jualan online. Salah satu platform yang memberikan cuan dan diajarkan ampe bener ya RAENA ini. Produknya juga tak lekang dimakan zaman
Hallowulandari October 30, 2022 at 8:35 AM Delete Comment
nahhh, emang yaa jaman sekarang kayanya makin banyak peluang nih buat nambah income. Bakal oke banget tuh ya, klo udh jadi blogger atau influencer terus ditambah jadi reseller RAENA karena udh ada target audience nya
Eri Udiyawati October 30, 2022 at 9:00 AM Delete Comment
Perlu dicoba nih, meskipun saya kerja kantoran, tapi apa salahnya memiliki usaha sampingan. Gabung dengan RAENA keknya nyata banget nih bakalan dapat cuan.
Natih October 30, 2022 at 1:31 PM Delete Comment
Saya salah satu pekerja kantoran yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan selain karena memang hobi membagikan pengalaman lewat tulisan.

Tapi makin kesini enak kayaknya bisnis skincare yaa, apalagi demand nya lagi tinggi banget. Nah, RAENA bisa jadi salah satu solusi untuk yg mau punya penghasilan tambahan yang pasti cuan meski minim modal. Mantaapss
Deeva Collection October 30, 2022 at 2:14 PM Delete Comment
Saya pekerja kantoran, dan blog menjadi salah satu sumber keuangan. Asalkan mau berusaha pasti ada jalan ya mb? Seperti dipertemukan dengan RAENA yang siap mengajak semua untuk meraih sukses bersama.
Wahyu Eko C October 30, 2022 at 3:27 PM Delete Comment
bener banget, cari usaha sampingan yang mudah dan bisa dilakukan tanpa menyita banyak waktu salah satunya bisnis online seperti dari reseller skincare. Hadirnya RAENA sangat memudahkan kita yang ingin bisnis reseller
Ghina Rahmatika October 30, 2022 at 6:04 PM Delete Comment
meski penghasilannya nggak tetap tapi gaji dr kerja sampingan ini kadang bisa lebih gede ya, tentu bantu bgt buat investasi masa tua juga
Dee_Arif October 30, 2022 at 8:57 PM Delete Comment
Meski sebagai pekerja kantoran, nggak ada salahnya punya usaha sampingan ya mbak
Yang penting kan halal dan menghasilkan cuan
Apalagi kalau bergabung dengan RAENA
Asli makin cuan cuan cuan
Erin Herlina October 30, 2022 at 9:16 PM Delete Comment
Jadi blogger itu bisa nambah penghasilan walau sudah ada penghasilan tetap dari jadi buruh pabrik. Dan, bisnis kecantikan juga lumayan menggoda karena kan dipakai banyak orang kaya makanan. Apalagi bisa daftar di RAENA aja buat jadi reseller.
atiq - catatanatiqoh October 30, 2022 at 9:35 PM Delete Comment
wah sekarang makin banyak nih ide bisnis sampingan yang bisa dikerjain dan hasilnya juga gak main-main yaa kalau mau terus belajar berkembang :)
Lailatul Istiqomah, S.M October 30, 2022 at 9:45 PM Delete Comment
Sebagai new mom jadi tertarik buat punya penghasilan sendiri juga, ikut RAENA kayaknya cocok nih kak
R Palupi October 30, 2022 at 10:17 PM Delete Comment
Apalagi kalau kamu punya hobi coba-coba skincare kak. Calon customer jadi makin yakin deh rekomendasi produk dari kamu.
Kanianingsih October 30, 2022 at 10:17 PM Delete Comment
Ini pekerjaan buat ibu rumah tangga juga bisa ya kak, soalnya gak butuh modal besar dan bisa dikerjakan sambil ngurus keluarga
ungayossydotcom October 30, 2022 at 10:27 PM Delete Comment
Kalo udah kesebut RAENA udah gk asing lagi. Pas banget buat dijadikan salah satu yng bisa menundang cuan, IRY juga bisa ya kak pastinya
Arai Amelya October 31, 2022 at 6:05 AM Delete Comment
Aku pas pertama tahu RAENA ini juga takjub banget sih. Platform yang isinya produk skincare lengkap banget, tapi juga kasih tahu gimana caranya jadi reseller atau dropshipper yang keren. Cocok banget buat yang mau cari side job yak
Monica Anggen November 2, 2022 at 8:10 AM Delete Comment
RAENA ini bagus ya platformnya, bisa jadi solusi buat yang butuh bisnis sampingan. Apalagi diajari kan ya untuk mengelola, menjalankan, bahkan mengembangkan bisnisnya. Mana produknya memang produk bagus-bagus pula. Bisa banget cuan deh kalau jadi reseller atau dropshipper di RAENA
nabilla - bundabiya.com November 2, 2022 at 11:17 AM Delete Comment
setuju nih biasanya jadi freelancer itu banyak dilakuin ama pekerja kantoran. hanya saja kalau jadi influencer, kadang ada beberapa kantor yang melarang karyawannya itu aktif di sosmed gitu
HendraDigital November 2, 2022 at 7:01 PM Delete Comment
sama persis Pak Bams. Teman kerja saya setelah pulang kerja, langsung cari orderan Go Send. Katanya lumayan buat menambah uang dapur.
Manik Swadiaya November 3, 2022 at 4:58 AM Delete Comment
aku setuju, apapun yang berbau bekas pastinya menarik, pakaian bekas ini ramai loh selalu, aku sudah buktikan. asal cual dari pada di buang kan ya.
Yuni Bint Saniro November 3, 2022 at 12:52 PM Delete Comment
AKu pernah menjadi pekerja kantoran. Waktu itu, aku memikirkan bisnis sampingan juga. Pilihnya sih jualan online skincare. Karena kupikir banyak yang butuh kan.

Waktu itu belum kenal RAENA. Sekarang mah, udah kenal. Buat pakai sendiri bae menguntungkan. Apalagi buat jualan lagi. Cucok banget deh.
lendyaagassi November 3, 2022 at 4:17 PM Delete Comment
Dengan berbisnis di RAENA, gak ada lagi istilah memiliki keterbatasan yaa..
Karena semua bisa diatasi dan dikerjakan dengan waktu yang flexible karena dari rumah aja. Berbisnis tanpa modal dan fleksibel serta banyak mendapatkan banyak ilmu ini, kapan lagi kan yaa..
Hallowulandari November 3, 2022 at 6:41 PM Delete Comment
sama mba, selain ngantor aku pun nge blog dan manfaatin sosmed juga buat dapetin penghasilan tambahan
R Palupi November 3, 2022 at 6:47 PM Delete Comment
Harganya juga paling murah di antara ecommerce lainnya lho mbak. Aku udah pernah banding-bandingin harga soalnya pas mau beli skincare.
gemaulani November 3, 2022 at 7:33 PM Delete Comment
Wah asyik banget ada platform reseller dan dropshipper khusus produk kecantikan. Brand kecantikan yang ada di RAENA juga bukan kaleng-kaleng itu. Favorit para wanita masa kini. Bener-bener bisa jadi sumber cuan tambahan nih.
Diah Alsa November 3, 2022 at 7:42 PM Delete Comment
asyik nih ya, gabung di RAENA bisa nambah cuan, bisa dikerjakan setelah kerja pula ya (bagi pekerja kantoran), fleksibel, apalagi ada program dukungan RAENA segala ya :)
Sabrina November 3, 2022 at 8:08 PM Delete Comment
Ratna cocok banget untuk para perempuan yang ingin membuat usaha tanpa harus keluar rumah dan juga tanpa modal besar
Gusti yeni November 3, 2022 at 8:40 PM Delete Comment
Raena oke banget buat yang belajar jualan krn jaringannya sudah luas.
Dee_Arif November 3, 2022 at 9:52 PM Delete Comment
Sekarang, klo mau jualan online bisa makin mudah
Apalagi jika berjualan kosmetik Dgn bergabung bersama RAENA
Ya pasti cuan
Naqiibatin Nadliriyah November 3, 2022 at 10:56 PM Delete Comment
Wah, bisa jadi referensi nih jualan kosmetik via online dengan bergabung jadi reseller RAENA ini. Sangat menarik, cuan dari hobi ya, Kak:D
Damar Aisyah November 3, 2022 at 11:17 PM Delete Comment
Saya sudah install dan tengok2 peluang di RAENA juga. Menurutku menarik banget dr segi keuntungan. Dan pastinya promo mudah karena materi sudah ada.
Narasi Nia November 4, 2022 at 8:53 AM Delete Comment
Jalau usaha kuliner, kayaknya makan banyak waktu dan tenaga kak. Seperti memasaknya, beberrs eralatan yang digunakan untuk masak atau packing aman supaya gak tumpah Kecuali bisnisnya frozen food, nah lebih praktis dan aman dari drama makanan basi
Ika Puspitasari November 4, 2022 at 9:34 AM Delete Comment
RAENA ini semacam aplikasi kah, mba? aku juga suka nyoba-nyoba bisnis mba. pas pandemi kemarin aku bisnis kuliner, terima pesanan makanan-makanan gitu, trus sekarang nyoba reseller baju2 gamis, dan lain2
Hidayah Sulistyowati November 4, 2022 at 12:22 PM Delete Comment
Wihhh banyak juga ya ada 250 brand yang ada di RAENA. Bahkan brand besar kayak OMG Oh My Glam, BRUNBRUN Paris,FOCCALURE, Dear Me Beauty, sampai KOTTONVILLE pun ada jugaak. Keren nih bisa nyambi lah di rumah tetep bisnis online dengan menjadi reseller di RAENA
Marita S Ningtyas November 5, 2022 at 3:47 AM Delete Comment
Aku udah join Raena dong. Mayan banget sih.. gabungnya gratis udah bisa jualan.. bahkan buat beli sendiri pun cukup untung.
Saraah Megha November 5, 2022 at 7:56 PM Delete Comment
Mntap nih raena, masih maju mundur daftar gak ya hahahahaha saya mendengar gemricing cuan, cuaan cuaaan 🤣
Ladyaga November 5, 2022 at 8:26 PM Delete Comment
Sering muncul iklannya nih Raena di sosmedku, ternyata bisa jadi alternatif usaha ya biar cuan tanpa meninggalkan pekerjaan. Ikutan ah!
Lia Herliana November 6, 2022 at 4:52 PM Delete Comment
Makin banyaak alternatif bisnis sampingan sekarang ya Mbak. Tinggal pilih yang paling cocok dgn kita. Dan RAENA ini sepertinya mantap betul buat side job, terutama untuk para pekerja kantoran yang pastinya sibuk Yaa. Semangat golek cuan, hehehe.
Farida Pane November 9, 2022 at 7:30 AM Delete Comment
Asyik lagi kalau jadi reseller Raena sekaligus jadi freelance blogger dan influencer kecantikan. Menang banyak deh
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita November 9, 2022 at 1:18 PM Delete Comment
Menarik banget nih mbak, bisnis skincare emang sedang moncer, apalagi kalau brandnya mantep macam Raena ini.
Eny Hezrafam Shea November 9, 2022 at 1:20 PM Delete Comment
Waahh...ide cuaann lagiii...trimakasih ide bisnisnyaa kak...
Henrieta Etha November 9, 2022 at 1:31 PM Delete Comment
Duh duh, mau tau info lebih dong mba tentang RAENA, bikin pinisirin nih....
Dyah (Author roemahaura.com) November 9, 2022 at 4:48 PM Delete Comment
Kalau ngomongin cuan emang menarik banget nih. Selain jadi bisnis sampingan pekerja kantoran bisa juga peluang usaha ibu rumah tangga nih RAENA ini. Soalnya menggiurkan banget peluangnya.
Jihan Mayzura November 9, 2022 at 7:53 PM Delete Comment
Wah keren mba, jadi tau tentang RAENA
blogger parenting November 10, 2022 at 2:59 AM Delete Comment
Bener sih ini kak, di kantor bukan berarti gak bisa jalanin bisnis. RAENA ini salah satu bisnis menjanjikan yang bisa dicoba pegawai kantoran. Banyak banget untung dengan jadi RAENA reseller. Cantiknya dapat, fulus juga dapat.
Nathalia Diana Pitaloka November 10, 2022 at 8:02 AM Delete Comment
Menarik banget ya bisnis skincare... Enggak perlu bingung mau mulai dari mana, karena ada raena...
Sabrina November 10, 2022 at 10:13 AM Delete Comment
pastinya ini aplikasi yang sangat cocok untuk semua orang khususnya para perempuan yang suka dengan bisnis kecantikan yang tanpa harus keluar rumah alias bisa dikerjakan dari rumah dna juga tidak membutuhkan modal banyak ya, saya tertarik pastinya
Rania Fardyani November 10, 2022 at 12:55 PM Delete Comment
Bisnis skincare emang sedang naik daun ya
Raena jadi platform baru buat jualan nih, aku baru tau ada platform ini
Iim Rohimah November 10, 2022 at 1:58 PM Delete Comment
Bisnis skincare adalah salah satu yang menggiurkan saat ini. Apalagi sejak pandemi, membuat orang lebih banyak waktu untuk merawat diri. Raena peluang yg bagus bgt buat jualan produk kecantikan.
Fenni Bungsu November 10, 2022 at 1:59 PM Delete Comment
Berasa kayak ada ide baru yang brilian ya kak, karena daku pun merasakannya, bikin SemangatCiee
Nabilla DP November 10, 2022 at 2:57 PM Delete Comment
bisnis skincare memang menjanjikan yaa mba, industrinya besar dan terus bertumbuh. cepet juga perubahannya.. kudu ngikutin banget biar terus dipercaya konsumen
Yuni Bint Saniro November 10, 2022 at 3:08 PM Delete Comment
Awal aku ngeblog 2-3 tahun lalu juga masih kerja, Kak. Lalu memutuskan berhenti ketika penghasilannya cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Apalagi masih single kan.
Sekarang sih lebih enak lagi. Urusan skincare sudah ada RAENA yang harganya bagus di kantong. Mana bisa sekalian buat bisnis juga. Makin cucok.
Han November 10, 2022 at 3:32 PM Delete Comment
RAENA membantu bangett sih untuk ibu2 rumah tangga macam aku mba heheh.. gimana yaah kita jadi lebih pede kalau punya penghasilan sendiri gituu, jadi terbantu banget ada "wadah" kayak Raena gini
Wahyu Eko C November 10, 2022 at 5:25 PM Delete Comment
Iya kak, bisnis sampingan kalau di tekunin juga bisa menghasilkan juga, yang pasti mau belajar aja setiap bidang bisnis yg akan digeluti
Mutia Nurul Rahmah November 10, 2022 at 7:26 PM Delete Comment
bisa banget ni, habis pulang kantor langsung kerjain bisnis sampingan. Semangat semua mencari cuan yaa
Dee_Arif November 10, 2022 at 7:30 PM Delete Comment
Ditengah kebutuhan yang selalu naik ini, penting banget punya penghasilan tambahan ya mbak
Termasuk untuk pekerja kantoran
atiq - catatanatiqoh November 10, 2022 at 8:44 PM Delete Comment
seneng ya sekarang mau belajar bisnis jualan online gini jadi lebih mudah, bisa nih buat para pemula juga
Monica Anggen November 10, 2022 at 9:07 PM Delete Comment
Bener banget, harganya bersaing banget. Makanya bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan lumayan ini. Bahkan untuk penggunaan pribadi pun jadi lebih hemat lho.
lendyagassi November 10, 2022 at 10:48 PM Delete Comment
Idenya boleh juga nih..
Usaha online yang kini mudah dikelola siapa saja dan dimana saja memungkinkan kita kembali belajar berbisnis dan dipermudah karena di RAENA semua telah disediakan, tanpa modal.
Ainhy Edelweiss November 11, 2022 at 9:54 AM Delete Comment
Kerja kantoran aja bisa ambil sampingan apalagi aku yang rumah tangga aja heheh, pengen coba nih terjun di bisnis kecantikan
Siska Dwyta November 12, 2022 at 10:20 PM Delete Comment
Yup, sekarang banyak pekerja kantoran juga yang punya bisnis samping. Apalagi yang masih honorer ya, mengharapkan gaji dari kantor saja pastinya tidak cukup jadi emang perlu banget punya usaha lain. Nah, ide yang disebutkan di atas tentunya sangat membantu sekali buat mereka yang udah kerja kantoran fapi masih pengen punya pekerjaan lain buat nambah penghasilan sekaligus pengalaman.