Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Adakah Manfaat Bermain Puzzle untuk Orang Dewasa?

Pernah bertanya atau mencari tahu tentang manfaat bermain puzzle untuk orang dewasa? Jangan salah. Orang dewasa pun butuh space untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar rutinitas dan lilitan masalah hidup.

Aku sendiri sangat menyukai permainan puzzle ini. Meskipun tidak semua tipe permainannya ku mainkan. Namun, jika itu puzzle, sangat besar kemungkinannya untuk ku mainkan hingga berulang kali.



Adakah yang juga menyukai permainan ini seperti aku? Tak sedikit yang menganggap jika bermain puzzle itu seperti anak-anak. Hal ini dikarenakan, belum banyak orang yang tahu, jika bermain puzzle juga memberikan manfaat bagi kita -di usia dewasa-.


Bagiku sendiri, bermain puzzle seperti melepaskan beban pikiran. Mengapa? Sebab, aku punya jeda untuk tidak memikirkan masalah tersebut ketika menyelesaikan puzzle. Fokusku sepenuhnya untuk tiap keping puzzle.

Nah, dari sinilah aku pun mencari tahu, adakah manfaat bermain puzzle untuk orang dewasa? Mari kita lihat, apa saja yang bisa kita peroleh ketika bermain puzzle.


Benarkan Ada Manfaat Bermain Puzzle untuk Orang Dewasa?

Nyatanya, banyak yang masih beranggapan jika bermain game hanyalah buang-buang waktu saja. Bahkan, bermain game dianggap sebagai salah satu kegiatan yang tidak produktif.

Namun, sebagai orang dewasa tentu seharusnya kita memiliki batasan tentang hal tersebut dan bijak dalam memilih permainan. Karena tak sedikit game online yang memang didesain untuk mengasah kemampuan berpikir penggunanya.

Melatih Otak Menyelesaikan Masalah

Jangan salah. Ketika sedang menggunakan game logic puzzle, kita akan dipaksa untuk menyelesaikan masalah dengan mencari berbagai alternatif solusi.

Bahkan, tak jarang kita harus mengalami kegagalan terlebih dahulu sebelum akhirnya mengetahui cara terbaik untuk menyelesaikan dan memenangkannya.

Mengasah Daya Ingat

Manfaat bermain puzzle untuk orang dewasa selanjutnya adalah mengasah daya ingat. Kok bisa?

Begini, ketika sedang menggunakan logic puzzle (contoh : puzzle jigsaw), tak jarang kita diminta untuk mengingat berbagai bentuk, warna dan berbagai gambar lain. Kegiatan seperti inilah yang kemudian bisa meningkatkan kinerja memori jangka panjang pendek serta kecepatan berpikir.

Membantu Mengurangi Rusaknya Otak

Pernahkah mendengar tentang Demensia? Atau Alzheimer? Ya, ini adalah dua dari kondisi yang menunjukkan adanya penurunan kualitas sel otak.

Informasi menariknya adalah bahwa dengan memainkan puzzle, membantu kita mencegah atau mengurangi kemungkinan terkena kerusakan sel otak tadi. Ini dikarenakan, ketika sedang menyelesaikan puzzle, banyak sel otak sehat yang tumbuh.

Karena termasuk sebagai kegiatan preventif, memang seharusnya dilakukan sebelum kondisi kinerja otak mengalami penurunan. Yuk, bermain puzzle!

Mengurangi Stress

Bukan hanya anak-anak yang merasakan dampak baik bermain puzzle. Namun, kita orang dewasa juga ikut merasakan manfaatnya. Benar, bukan?

Informasi baiknya, saat ini ada banyak akses yang bisa kita gunakan untuk menikmati permainan asah otak tersebut. Adalah dengan menggunakan game virtual.

Kehadiran game-game online seperti ini, tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat (termasuk aku). Sebab, kehadiran berbagai inovasi teknologi, telah membuat akses digital begitu cepat.

Begitu juga dengan game online. Ada banyak aplikasi game yang bisa kita unduh untuk smartphone. Namun, jika menggunakan aplikasi, tentu kita juga butuh ruang yang cukup untuk bisa menyimpan dan memainkannya tanpa macet.

Tenang. Untuk hal ini, teman-teman bisa memainkan game puzzle dari website saja.

Logic Puzzles Terbaik, Terlengkap dan User Friendly

Tetra Blocks

Yuhuu! Tetra Blocks ini adalah logic puzzle pertama yang aku coba. Kenapa? Karena ku sangat suka dengan permainan yang berbentuk Tetra ini. Rasanya seperti kembali ke masa kecil.

Pertama kali melihat penampakannya aku, sih, sudah suka, ya. Karena warnanya terlihat kekinian. Selain itu, tersedia berbagai pilihan level juga. Adanya petunjuk model balok yang akan turun, sangat memudahkan kita untuk mengatur strategi agar balok tersusun sempurna.

Selain itu, semakin papan akan terisi penuh, kecepatan balok turun juga semakin cepat. Jadi, sebaiknya memang mengatur strategi di awal agar ketika waktu sudah selesai, poin kita pun cukup tinggi.

Jangan lupa untuk menggunakan tampilan full, agar pengalaman bermain semakin menyenangkan.


Daily Same Game

Adakah yang pernah menggunakan permainan Daily Same Game? Logic puzzle yang satu ini memang terlihat mirip dengan Tetra Block tadi. Namun, cara bermainnya sedikit berbeda.

Pada logic puzzle ini, kita diminta untuk menghancurkan beberapa balok dengan warna yang sama. Meskipun terlihat sederhana, jika kita asal-asalan memilih, bisa jadi nanti akan tertinggal beberapa balok, padahal seharusnya semua balok habis.

Tenang. Ada pilihan level dengan ukuran papan yang berbeda. Teman-teman bisa memulainya dengan yang paling mudah, lalu meningkatkan level sesuai dengan kemampuan.


Letter Scramble

Nah, ini salah satu game online yang cukup menantang ya untukku. Dibanding dua lainnya, memainkan Letter Scramble ini membutuhkan lebih banyak pengetahuan dan logika yang cepat.

Cara bermainnya adalah dengan memilih huruf sampai menjadi sebuah kata dalam Bahasa Inggris. Huruf-huruf yang tidak ada pada kata tersebut, maka tidak bisa kita pilih ke dalam kotak.

Game ini juga cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa yang ingin mengasah perbendaharaan vocabular mereka.

Kehidupan Orang Dewasa Layaknya Permainan Logic Puzzle

Takut tambah dewasa
Takut aku kecewa
Takut tak seindah yang kukira
Takut tambah dewasa
Takut aku kecewa
Takut tak sekuat yang kukira


Pernah dengar potongan lirik lagu di atas? Rasanya itu sangat relate dengan kehidupan para orang dewasa, ya.

Karena semakin dewasa, tentu setiap manusia memiliki masalah dan kemampuan berpikir yang berkembang. Itulah mengapa, kita butuh pelepas penat untuk menjaga keseimbangan hidup.

Salah satunya adalah dengan memainkan logic puzzle. Manfaat bermain puzzle untuk orang dewasa, meskipun terlihat sederhana, tapi juga sangat membantu kita menjaga kesehatan mental hingga kesehatan otak.

Jadi, adakah permainan puzzle yang teman-teman sukai? Seperti aku yang menyukai Tetra Blocks maupun puzzle jigsaw.
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Adakah Manfaat Bermain Puzzle untuk Orang Dewasa?"