Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Game Edukasi Keuangan untuk Anak. Apa Manfaatnya?


Dunia anak-anak memang masanya untuk bermain sepuasnya, ya. Namun jangan salah, di usia mereka yang terbilang masih sangat belia, nyatanya juga bisa kita sisipkan edukasi-edukasi. 


Tentu saja dengan cara yang menyenangkan, agar anak-anak tetap nyaman mengikuti semua instruksi dan memahami apa yang kita ajarkan.


Hal ini juga yang aku alami ketika dulu mengajar. Anak-anak ternyata lebih mudah untuk menerima informasi atau edukasi ketika disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Maka hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengajarkan anak tentang uang.


Edukasi tentang ini tentu saja cukup penting. Sebab ini adalah bagian dari kehidupan sosial kita sebagai manusia. Namun sebagai orang tua, kita juga harus mengingat, bahwa edukasi keuangan tidak hanya terkait jual beli saja, tetapi juga menyangkut pengelolaan uang dengan baik dan bijak.


Jadi harapannya, ketika dewasa nanti mereka sudah tahu bagaimana harus mengelola keuangannya secara mandiri, baik dan bijak. Mampu mengelola keuangan dengan baik, juga menghindarkan anak-anak dari sikap boros.


Nah, untuk ayah bunda, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan edukasi keuangan pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan tentu saja disukai anak-anak. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.


Cara Seru Ajarkan Edukasi Keuangan untuk Anak-Anak, Mudah Dilakukan!


Menyimpan Uang Sendiri

Berpikir Sebelum Membeli

Mencoba Menghasilkan Uang Sendiri

Manfaatkan Game Edukasi


Nah untuk orang tua yang hidup di era digital, tentu sangat akrab dengan gadget, bukan? Menariknya, hal ini juga diadaptasi oleh anak-anak yang cenderung mudah meniru kebiasaan kita.


Untuk hal ini, kita bisa mengajak anak-anak memanfaatkan gadget dan teknologi untuk belajar mengenal nilai uang, loh. Salah satunya tentu saja dengan menggunakan game. Ya. Game atau gim, kini tidak hanya menjadi sarana rekreasi saja tetapi juga bisa disulap menjadi media edukasi.


Beberapa game edukasi keuangan yang bisa kita kenalkan ke anak-anak, ada di bawah ini. Simak, ya!


Game Edukasi, Kenalkan Nilai Uang dengan Menyenangkan


The Casagrandes Mercado Mayhem

The Casagrandes Mercado ini adalah simulasi bagaimana melayani pembeli di sebuah grocery. Nanti anak-anak bermain sebagai pelayan toko yang mengambilkan barang-barang kebutuhan pembeli. Selain itu, anak-anak juga akan belajar menghitung jumlah barang atau jenis belanjaan dan total uang yang dihabiskan.


Tidak itu saja, anak juga akan bermain peran membersihkan toko agar tetap bersih dan merapikan barang-barang sesuai dengan jenisnya di masing-masing rak.


Game ini memiliki tampilan yang menarik dan sangat mudah digunakan. Jadi, teman-teman bisa memberikan permainan ini untuk mengisi waktu luang mereka.


Ice Cream Bar



Permainan Ice Cream Bar ini sangat cocok untuk anak-anak dengan usia yang lebih kecil. Pasalnya, cara memainkannya cukup mudah.


Anak-anak akan berperan sebagai penjual es krim. Nanti, setiap pembeli akan memberikan pilihannya masing-masing, baik topping maupun kemasan yang digunakan. Anak hanya perlu mengklik gambar sesuai dengan pesanan.


Nanti, uang dari pembeli akan otomatis masuk dan terakumulasi. Namun, semakin tinggi level, jumlah pembeli pun semakin banyak, sehingga anak juga dituntut untuk bergerak dengan lebih cepat agar tidak rugi dan bisa lanjut ke level selanjutnya.


Idle Minning Empire



 Game edukasi untuk anak yang selanjutnya adalah Idle Minning Empire. Salah satu yang menarik dari gim ini adalah tidak hanya mengenalkan anak pada nilai uang saja, tetapi juga strategi.


Idle Minning Empire adalah sebuamainan simulasi di pertambangan. Uang dan bonus hanya bisa didapatkan jika pekerja berhasil mengambil hasil tambang lalu mengirimnya ke operator, kemudian diolah dan menjadi barang jadi di warehouse mereka.


Semakin banyak hasil tambang yang didapat dan dikirim, maka semakin banyak uang yang didapatkan dan semakin cepat pula untuk naik level. Menariknya lagi, anak-anak bisa memilih upgrade skill masing-masing pekerja : baik penggali, operator hingga manajernya.


Bagaimana? Menarik, kan? Kini kita pun bisa turut andil memilihkan mainan di gadget anak-anak. Permain-permainan edukasi keuangan di atas juga bisa kita dapatkan dengan mudah di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/.


Semua permainan yang tersedia di dalamnya, bisa dimainkan di berbagai device kita. Karena aku pernah mencoba memainkannya di laptop dan di ponsel pun tetap bisa berjalan dengan baik.


Nah jika teman-teman penasaran dengan permainan di atas, atau bahkan ingin eksplor game edukasi keuangan lainnya, bisa langsung berkunjung ke situs di atas.


Sebagai orang tua, tentu kita perlu tau bagaimana cara memberikan edukasi yang tepat pada anak-anak sesuai dengan jamannya.


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Game Edukasi Keuangan untuk Anak. Apa Manfaatnya?"