Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ASUS ROG Phone 8 Siap Ajak Berkelana dalam Dunia Fantasi

Terapisku mengatakan, jika bermain game memiliki sisi positif untuk “pasien rawat jalan” seperti aku :D

Menurut beliau, bermain game bisa meningkatkan konsentrasi, fokus, problem solving, kreativitas dan sebagainya. Namun, dengan catatan selama bermain game ini masih dalam batasan waktu yang tidak berlebihan.

Karena jika “kebablasan”, justru akan berpengaruh pada produktivitas hingga mengganggu stabilisasi emosi. Sedangkan aku sendiri sedang berobat untuk menstabilkan emosi. Itulah kenapa, sebelum bermain game pun aku bertanya terlebih dahulu pada personal therapist. Sebab ternyata bermain game juga memberi ruang untuk beristirahat.



Aku sendiri punya satu game yang sudah dimainkan sejak tahun 2018! Bahkan game ini usianya lebih tua dibandingkan anakku hahahaha. Bermain dengan menggunakan HP kentang seperti ini, seringkali tiba-tiba ngelag di tengah permainan bahkan restart tiba-tiba.


Itulah kenapa, sejak beberapa tahun yang lalu memang sudah terpikirkan untuk menggunakan HP gaming. Karena setauku (yang awam ini), HP gaming biasanya memang memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan HP biasa.




Namun, apakah teman-teman tahu, jika tidak semua perusahaan ponsel itu memproduksi HP gaming? Yap. Aku pun baru tahu tentang hal ini. Jadi, untuk teman-teman yang memang aktif di dunia e-sport, rasanya sudah mengetahui hal ini.

Salah satu alasannya adalah karena HP gaming seharusnya memiliki performa yang berbeda dengan HP flagship pada umumnya. Hal ini dikarenakan pada HP gaming, sebaiknya memang didukung dengan teknologi-teknologi baru nan mumpuni untuk mendukung aktivitas permainan.

Kita tentu akan merasa jengkel ketika di tengah permainan tiba-tiba ngelag, baterai yang cepat panas maupun ponsel restart dengan sendirinya. Nah, hal-hal inilah yang tidak ada pada HP gaming. Oleh karena itu, HP gaming ini biasanya memiliki tampilan bodi yang lebih tebal hingga ukuran ponsel yang lebih berat. Ini juga menjadi salah satu ciri khas dari HP gaming.

Berbicara mengenai HP gaming, baru-baru ini juga ada sebuah acara yang juga menjadi peluncuran salah satu HP gaming ternama di Indonesia.
 

 

For Those Who Dare, ROG Phone 8 Hadir di CES 2024

ASUS sebagai salah satu perusahaan teknologi, pada acara CES 2024 yang diselenggarakan pada bulan Januari lalu mengumumkan sebuah berita baik, yakni keluarnya ROG Phone 8.

Untuk teman-teman yang belum tahu, CES ini adalah singkatan dari Consumers Electronics Show. CES juga telah dikenal sebagai salah satu panggung inovasi global. CES 2024 tahun ini diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

CES menjadi salah satu ajang berkumpulnya berbagai perusahaan teknologi sekaligus memamerkan produk inovasi terbaiknya. ASUS menjadi salah satu peserta pameran diantara ribuan perusahaan teknologi dari berbagai negara. Di kesempatan tersebut pula, ASUS membuktikan dirinya sebagai pemimpin industri HP gaming dengan penggunaan berbagai teknologi, yang tidak hanya memuaskan pada gamer tetapi juga pengguna awam.

Ketika diperlihatkan pertama kali, ASUS ROG Phone 8 sudah mendapatkan atensi publik yang luar biasa. Karena secara visual, HP gaming ini memiliki visual yang sangat mirip dengan HP flagship yang selama ini beredar di pasaran.


Beyond Gaming, ASUS ROG Phone 8 Lebih dari Sekadar Permainan

Selama ini, jika kita perhatikan, ASUS ROG Phone masih terus konsisten dengan berbagai inovasi pada HP gaming. Dari adanya ASUS ROG Phone 8, ASUS secara tidak langsung pun telah memberikan batas standar kecanggihan, kecerdasan buatan hingga performanya. Itulah mengapa, ROG Phone 8 series ini memberikan pengalaman penggunaan yang sangat mengesankan dan tak terlupakan. Untuk ukuran sebuah HP gaming, ASUS memang terlihat memberikan yang terbaik pada ROG Phone 8 series kali ini.

Melihat lagi pada tagline ASUS ROG Phone 8, yaitu Beyond Gaming, maka hal ini bisa teman-teman lihat dari inovasi terbaru ASUS pada seri HP gaming yang satu ini, yaitu hadirnya Mini LED Anime Vision.


Anime Vision

Terobosan ini, rasanya hanya akan teman-teman temukan pada ASUS ROG Phone 8 Series, khususnya ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition. Namun, jangan salah persepsi, teknologi tidak memunculkan tokoh anime dari negara tirai bambu.

LED Anime Vision ini pun akhirnya menjadi ciri khas dari ROG Phone 8. Jika dilihat dengan mata telanjang, bagian bodi ini memang tidak terlihat dan jika ada layar eksklusif berupa Mini LED yang bisa teman-teman sesuaikan secara personal. Bahkan, ketika diraba pun tidak akan terasa adanya lampu-lampu mini di dalamnya. Sangat halus.p

Tampilan LED Anime Vision ini tidak hanya menampilkan logo ikonik kepunyan ASUS ROG. Pada bagian pengaturan, jika teman-teman mengaktifkan pilihan Mini LED ini, maka secara otomatis lampu-lampu cantik tersebut akan menyala.

Misalkan teman-teman sedang mendengarkan musik, maka LED Anime Vision yang muncul adalah animasi grafis nada. Hal serupa juga bisa berlaku untuk notifikasi panggilan masuk, mengisi baterai hingga timer.

Dengan demikian, teknologi Anime Vision yang diusung oleh ASUS ROG Phone 8 Pro dan Pro Edition, sifatnya memang sangat personal. Sebab, grafis yang muncul akan sesuai dengan pilihan-pilihan yang sebelumnya telah teman-teman aktifkan.



Beat the Best, Break All Limit

Performa

Salah satu keunggulan dari HP gaming ini adalah adanya dukungan chipset Snapdragon® 8 Gen 3, CPU menjadi 30% lebih cepat dan GPU 25% lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Adanya RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan ROM UFS 4.0 pun membuatnya memberikan benchmark lebih tinggi dari pesaing-pesaingnya. AnTuTu Benchmark ponsel ini mencapai angka 2 juta. Tentu saja ini sangat tinggi untuk ukuran sebuah HP gaming.

Tidak berhenti di situ. Hadirnya Armoury Create pada ROG Phone 8 juga menjadi daya tarik tersendiri. Teknologi memungkinkan kita untuk mendongkrak performa ponsel. Sehingga, ketika Armoury Create ini diaktifkan, maka secara otomatis ikon-ikon pada ponsel pun berubah. Nah, untuk mengatur LED Anime Vision tadi, teman-teman bisa masuk ke menu Armoury Create ini.

Namun, pada Armoury Create ASUS ROG Phone 8 ini ada satu fitur yang cukup menarik, yaitu Unboxing Mission. Menurutku pribadi, fitur ini sangat keren, bahkan aku baru pertama kali melihat hal seperti ini di sebuah ponsel (maaf kudet banget, ya).



Jadi, ketika fitur ini diklik atau dibuka, kita akan disajikan sebuah video yang isinya seperti berada di sebuah universe yang berbeda dengan kecanggihan kecerdasan buatan. Nantinya, akan ada instruksi untuk menempelkan bodi belakang HP ke bagian tertentu di kardus (ini nanti ada petunjuknya di video), dan setelh itu kita akan diajak bermain game! WOW! Aku takjub banget, sih hahahaha.

Nah, kardus dari ROG Phone 8 ini memang bukan sembarang kardus, sih. Kita sebagai pengguna, disajikan pengalaman yang luar biasa sejak pertama melakukan unboxing. Tidak hanya tebal dan besar, tetapi kardus itu membantu menampilkan visual ROG Phone 8 yang memang melampaui batas imajinasi. Keren banget!

Adanya game mod yang futuristik, juga memudahkan kita untuk bermain karena bisa langsung menggunakan AirTrigger yang berada di samping ponsel (L1 dan R1), sehingga permaian terasa seperti menggunakan konsol.


Thermal

ROG Phone 8 ini juga menggunakan GameCool 8 pada Rapid Cooling System Conductornya. Teknologi canggih ini, membantu HP agar tidak cepat panas. Karena panas akan dialirkan ke bagian penutup belakang, langsung dari prosesornya.

Meskipun HP gaming ini datang dengan dimensi yang terbilang ramping, untuk pengaturan rangkaian thermal tetap presisi. GameCool 8 mengadopsi desain sistem pendingin SoC 360° Gen 2 yang inovatif dan menghasilkan peningkatan efisiensi termal mencapai 22%. Kemudian, untuk AeroActive Cooler X terbaru hadir lebih bertenaga dan tentu saja cocok untuk penggunaan kinerja yang lebih ekstra dan efisiensi termal hingga 20% lagi!



Para teknisi ROG tentu saja merancang dengan baik pemasangan sistem termal ini. Rapid Cooling Conductor diletakkan di antara SoC dan logam yang berada di bagian belakang ponsel. Kemudian, panas tersebut dialirkan secara menyeluruh.

Maka, ketika AeroActive Cooler X dipasang, maka Rapid Cooling Conductor sama persis dengan tempat chip pendingin termoelektrik yang bersentuhan dengan ponsel, sehingga chipset dapat didinginkan secara langsung dan efisien.

 


Perubahan Desain yang Signifikan

ASUS ROG Phone 8 ini memang mengalami perubahan yang signifikan. Karena jika teman lihat saja, secara dimensi HP gaming ini sudah tampak futuristik dan sangat premium. Ponsel ini memiliki desain bodi yang lebih ramping dan bobot ringan, dibandingkan dengan seri pendahulunya. Di bagian layar juga mengalami perubahan, yakni desain bezel yang lebih tipis, sehingga tampilan layar lebih optimal.



Secara keseluruhan, ASUS ROG Phone 8 ini 17% lebih kecil, 15% lebih tipis dan 9% lebih ringan. Dengan adanya perubahan besar tersebut, maka tidak heran jika HP gaming ini menyerupai HP flagship. Hal ini juga sesuai dengan tujuannya, yakni tidak hanya untuk menunjang kegiatan gaming saja, tetapi juga meningkatkan lifestyle sehari-hari untuk beragam aktivitas.

Tidak hanya itu saja, ASUS ROG Phone juga telah mendapatkan sertifikat IP68. Sehingga teman-teman tetap bisa menggunakan ponsel ini kapan saja dan di mana saja, tanpa khawatir air dan kotoran debu yang mengganggu secara fatal.


Ultra Bright Display

Aku sendiri menggunakan game untuk melepaskan penat dan sesekali mengisi waktu luang. Namun, game yang aku pakai tentu sangat berbeda dengan jenis permainan yang biasanya dipakai untuk kompetisi e-sport.

Hanya menggunakan game yang “biasa saja”, ketika ngelag rasanya sudah jengkel, apalagi untuk teman-teman yang secara profesional terjun ke dunia gaming ini. Kemampuan refresh rate tentu sangat berpengaruh.

Kabar baiknya, ASUS ROG Phone 8 ini bisa mencapai 120 Hz, tergantung pada kebutuhan yang diperlukan. Namun, teman-teman juga dapat memilih refresh rate ponsel sampai 165 Hz untuk mendapatkan pengalaman permainan yang sangat lancar. Kemudian, untuk kecepatan samping sentuhan sampai 720 Hz.

Keunggulan berikutnya adalah tingkat kecerahan hingga 2500 nitz. Tingkat kecerahan setinggi itu, tentu akan sangat membantu ketika teman-teman menggunakan ponsel baik di berbagai level pencahayaan, apalagi jika saat memakainya di luar ruangan dengan sinar matahari yang sangat terang.




Tampilan yang optimal juga didukung oleh adanya layar panel AMOLED 6,78 inci yang sangat mendukung kemampuan refresh rate dengan teknologi LTPO (Low Temperature Polycrystalline Oxid). Teknologi ini memang dibuat untuk mengatur level refresh rate sesuai dengan kebutuhan bahkan aktivitas di atas layar ini tidak terdeteksi.

Teknologi akan sangat terasa, ketika kita memainkan permainan dengan gerakan-gerakan yang cepat, seperti Call of Duty Mobile atau PUBG Mobile. Menariknya lagi, layar ponsel ini bisa menerima sentuhan maksimal 10 jari! Main game makin gas!

ASUS tidak berhenti pada teknologi ini. ASUS ROG Phone 8 ini menggandeng Pixelworks®, salah satu perusahaan pemrosesan visual warna yang sangat akurat.
 

Kualitas AI Kamera Tingkat Profesional

Menurutku, salah satu elemen pada ASUS ROG Phone 8 ini yang memiliki daya pikat tersendiri adalah adanya tiga kamera canggih di bodi belakang. Seperti apa yang disampaikan oleh pihak ASUS, bahwa ponsel ini memang didesain untuk meningkatkan kinerja berbagai kegiatan, salah satunya adalah fotografi.

Jadi, meskipun terlahir sebagai sebuah HP gaming, ponsel ini juga memiliki kualitas kamera di tingkat profesional. Hal ini bisa teman-teman lihat pada tiga buah kamera yang berada di bagian bodi belakang. Dengan demikian, untuk para kreator pun akan sangat dipuaskan dengan performa tak terbatas ASUS ROG Phone 8 ini.

Kamera utama memiliki resolusi 50 MP IMX890 yang dapat menghasilkan gambar sangat jernih, bahkan sebening kristal. Menariknya lagi, kamera utama ini juga dilengkapi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang akan membuat konten video kita anti goyang ketika digunakan merekam. Selain itu, teknologi OZO Audio memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

Tangan boleh tremor, tetapi hasil tangkapan layar tetap yang terbaik! Siap ucapkan selamat tinggal pada video yang goyang, gambar yang goyang dan suara tidak penting pada rekaman.

Stabilizer yang digunakan pada kamera ini memungkinkan kita untuk mendapatkan jepretan terbaik meskipun berada pada tingkat pencahayaan yang minim. Kemudian, adanya teknologi OIS yang anti guncangan dan penyempurnaan EIS, menghasilkan gambar yang tetap stabil meskipun kita sedang memotret atau merekam dari dalam kendaraan.



Kemudian ada 3x Telephoto yang mendukung pengambilan foto jarak jauh. Adanya OIS internal juga sangat mendukung ketika kita mengambil foto di malam hari. Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X.

Selanjutnya ada kamera ultrawide 13MP dengan lensa freeform yang dapat mengurangi ketidakakuratan lensa, jadi gambar yang kita ambil akan tampak alami. Sedangkan untuk kamera depan dengan 32MP dan peningkatan Field of View mencapai 90 derajat agar pengalaman swafoto semakin memuaskan.

Pada kamera depan ini menggunakan sensor RGBW yang dapat meminimalisir noise pada gambar, termasuk juga jika digunakan dalam ruangan minim cahaya.

Dukungan Berbagai Kecerdasan Buatan yang Mengagumkan


ROG Phone 8 Pro menggunakan algoritma fotografi komputasional terbaru dan fitur perangkat lunak untuk meningkatkan kualitas gambar lebih profesional. Pada ponsel ini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi kecemasan buatan yang mutakhir.

Untuk meningkatkan pengalaman pengambilan gambar, HP gaming yang luar biasa ini telah didukung dengan AI Subject Sense. Teknologi memungkinkan hasil tangkapan gambar dengan akurat dan mengoptimalkan kontras dan saturasi secara terpisah, sehingga menghasilkan hasil yang jelas namun tampak alami.



Teknologi selanjutnya ada Semantic Search yang dapat membantu menemukan foto dengan menggunakan bahasa asli yang kita gunakan, misal : “Tunjukkan foto matahari terbit yang saya ambil di Gunung Sikunir”.

Kemudian, teknologi kecerdasan buatan ini juga dikembangkan untuk meningkatkan pengalaman gaming yang melampaui batas. Salah satunya adalah Background Mode. Teknologi ini membantu Anda tetap dapat memainkan permainan di latar belakang, sehingga kita pun tetap dapat melakukan aktivitas yang lain.

Lalu ada juga X-Capture yang membantu merekam hal-hal penting ketika bermain game, misal ketika bisa mengalahkan musuh atau ketika mendapatkan gift. Jadi teman-teman bisa tetap merasakan keseruan dan kebanggaan ketika melihat rekaman ulang tersebut.

Ada juga X-Sense yang akan membantu kita untuk mendapatkan petunjuk dalam permainan, misal ketika ada musuh yang akan datang. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, yang menghasilkan gambar fotorealistik unik dari prompt teks dan gambar.





Kapasitas Baterai

Untuk mendukung semua performa yang luar biasa itu, ASUS ROG Phone 8 ini tentunya dibekali dengan baterai monster khas dan pengisi daya USB PD HyperCharge 65 watt yang kuat. Tambahan pengisian daya nirkabel 15 watt juga memberi teman-teman lebih banyak kemudahan ketika sedang bepergian.

ROG Phone 8 Pro adalah pendamping sempurna bagi pengguna tingkat lanjut, baik untuk teman-teman yang menyukai game berat, sosial scrolling, atau streaming film. Apalagi, baterai ASUS ROG Phone 8 ini juga terbilang awet meskipun digunakan untuk berbagai kegiatan.


Produksi Suara

Suara yang dihasilkan oleh ASUS ROG Phone 8 ini pun sangat memuaskan. Seri HP gaming ini menggunakan Dirac Virtuo. Keberadaan Dirac Virtuo jack 3,5 mm for headphone sendiri memungkinkan kita untuk mendapatkan suara dengan kualitas imersif yang alami.



Penggunaan Snapdragon Sound juga membuat suara dari ponsel tetap terdengar jernih meskipun suara di sekitar sangat ramai. Teknologi ini juga akan membuat teman-teman semakin menikmati permainan, karena tidak hanya layarnya yang smooth tetapi juga memiliki kualitas suara yang mengagumkan.

 

Layakkah ASUS ROG Phone 8 Series Menjadi HP Gaming Terbaik 2024?

Dari berbagai teknologi yang digunakan ASUS pada ASUS ROG Phone 8 ini, tentu saja ponsel ini layak dijadikan sebagai HP gaming terbaik di 2024. ASUS ROG Phone 8 ini layak dimiliki siapapun, baik teman-teman adalah gamer profesional maupun konten kreator.

Dari uraian ini, tentu terbayangkan jika ASUS ROG Phone 8 ini memiliki performa yang melebihi standar berbagai HP gaming pendahulunya. Karena ponsel ini memberikan berbagai fitur canggih untuk berbagai lapisan.

Menurutku, orang-orang awam seperti kita akan lebih terkagum-kagum ketika melihat dan merasakan langsung betapa futuristiknya semua elemen yang ada pada ASUS ROG Phone 8. Karena ponsel ini sudah mencuri perhatian sejak pertama kali dikeluarkan dari kardusnya!

Nah, semua seri ROG Phone 8 ini akan resmi diluncurkan pada tanggal 20 Maret.Yes, hari ini! Jadi, kita bisa mendapatkan ROG Phone 8 Basic, Pro dan Pro Edition dengan harga promo! Sangat menarik, bukan?

Dengan mengetahui segala kelebihannya, rasanya aku tidak hanya akan nyaman ketika bermain game tetapi juga dapat melakukan berbagai aktivitas digital hanya dari satu perangkat saja! Siap berburu ASUS ROG Phone 8 series?



Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "ASUS ROG Phone 8 Siap Ajak Berkelana dalam Dunia Fantasi"