Cermin Antara Anak dan Orang Tua

You have those small little eyes who keeps watching you.

****

Saya yakin, orang tua jaman sekarang sudah lebih tau dan lebih maju dibandingkan orang tua jan dulu. Namun, nyatanya orang tua jaman dulu yang kurang dalam pendidikan bisa mengasuh anaknya dengan baik, dibandingkan dengan orang tua jaman sekarang yang memiliki deretan gelar pendidikan. Karena dari orang tualah anak dididik dan dibentuk karakternya, bukan malah menyerahkan tugas tersebut pada pihak lain.

Anak-anak, adalah manusia kecil yang sangat pandai meniru, termasuk apa yang ia lihat dan dengar.
Tak jarang, kita jumpai anak-anak dalam lingkungan terdekatnya, menggunakan kata-kata kasar bahkan umpatan sebagai bahasa komunimasi. Lalu, darimana mereka mendapatkan kosakata tersebut? Keluarha dan lingkungan adalah kunci utamanya.

Pada awalnya, anak-anak mungkin hanya meniru atas dasar rasa ingin tahu. Kemudian dia akan mencari perhatian dengan mengeluarkan kata kasar atau umpatan, berdasarkan reaksi orang sekitarnya. Lalu, pada akhirnya anak akan terbiasa mengucapkannya, tidak pandang dimana dan siapa pun lawan bicaranya.

Disinilah peran orang tuan sangat dibutuhkan. Orang tualah yang harus menyaring hasil "belajar" anak. Setidaknya dengan melakukan beberapa hal, anak-anak menyadari perbuatannya, seperti:

1. Mendisiplinkan anak
Sampaikan pada anak batasan yang jelas dalam penggunaan bahas komunikasi. Bersikap tegas pada anak, akan membiatnya paham bahwa kita sebagai orang tua konsisten terhadap peraturan yang kita buat. Ingat ya, tegas bukan dengan bentakan.

2. Menumbuhkan rasa hormat
Ajarkan pada anak untuk berempati. Tentu tidak akan datang dalam waktu singkat. Namun, seiring dengan kesabaran yang kita pupuk  apa yang kita tanam akan tumbuh pada diri anak. Perlu ditekankan pada anak, rasa hormat tidak terbatas pada orang tua atau keluarga terdekat, tapi juga pada orang lain di sekitar anak- termasuk temannya.

4. Jadilah panutannya
Menjadi modek yang nyata untuk anak, akan mengajarkan pada mereka mana perilaki yang baik atau tidak. Karena tidak mungkin kita mengajarkan sesuatu pada anak-anak, namun tidak pernah kita lakukan.

Perilaku anak adalah cerminan perilaku orang tua. Sebuah video pendidikan perkembangan anak, menuliskan "children see, children do". Perlihatkan segala kebaikan pada anak selama proses pembentukan karakternya.
Selamat mencerdaskan generasi.


#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Posting Komentar

0 Komentar