Laporkan Penyalahgunaan

Pengikut


About

Hidup bukan tentang seberapa panjang usia kita, namun seberapa bermanfaatnya hidup kita di dunia. Karena perjalanan setelah kehidupan dunia, jauh lebih panjang dan abadi.

Taman Indonesia Kaya: Ruang Publik Asri di Tengah Kota

8 komentar

estetiknya taman indonesia kaya


8 tahun di Semarang, rasanya cukup puas melihat ruang-ruang publik yang kini semakin mudah ditemui. Taman Indonesia Kaya salah satunya. Taman ini, bukanlah taman yang baru dibuat oleh pemkot Semarang. Tapi, tempat ini adalah pemugaran dari taman yang sebelumnya, orang-orang menyebutnya Taman KB (ikonnya adalahpatung seorang ibu dengan dua anak).

Direnovasi sedemikian rupa dan dalam waktu yang cukup lama, kini Taman Indonesia Kaya menjadi salah satu ruang publik yang ramai dikunjungi. Jangan salah, meskipun tempatnya berada di tengah kota Semarang, taman ini jauh dari kata panas.

Menurut saya, taman ini selain ramah anak, ramah kantong, desain arsitektur yang kekinian tapi juga instagramable loh! Yes, apalagi kalau bukan karena spot fotonya yang keren-keren. Penasaran? Cek ulasan lengkapnya yuk!

rindangnya taman indonesia kaya

Rindangnya Taman Indonesia Kaya

Salah satu yang saya suka ketika berkunjung ke sini siang hari adalah, mendengar suara kicau burung. Betul. Di sini kita bisa mendengar kicau burung di tengah ramainya lalu lalang jalanan kota Semarang.

Ditanami pohon-pohon besar di sekeliling dan dalam taman, menjadikan taman ini juga nyaman untuk burung-burung.

Tidak hanya itu, dinding kamar mandi yang biasanya hanya dicat polos tidak berlaku di taman ini. Sebab, dindingnya pun dihiasai dengan tanaman gantung yang menjuntai sampai ke lantai. Selain menyenangkan untuk dipandang, tentu saja ini juga menambah segarnya udara di sini.

Di beberapa tempat (di sisi jalan-jalan setapak), akan kita jumpai pagar-pagar pendek yang gunanya untuk melindungi tanaman-tanaman kecil dari injakkan kaki para pengunjung. Tidak hanya pohon, tapi taman ini juga memiliki bunga-bunga yang cantik.

Buat info aja, taman ini kalau malam lebih cantik ya penampakannya. Karena ada lampu-lampu di sekeliling taman yang diletakkan secara estetik. Ada yang di bawah pohon, di sekeliling air kancur, bawah patung, bahkan ada juga yang dibuat memenjang di atas kepala sepanjang jalan setapak.

Tak hanya itu, di sela-sela pohon tanaman, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka lukisan anak-anak. Dipajang seperti mading sekolah, membuat pengunjung juga nyaman ketika melihatnya.

Kemudian, ada juga hiasan wayang yang dilengkapi dengan lampu (tentu saja, jika malam akan semakin cantik). Wayang yanh dijadikan hiasana adalah seri Pandawa Lima.

wayang di taman indonesia kaya

Fasilitas Umum

Sebagai seorang ibu, salah satu hal yang sangat saya perhatikan ketika bepergian bersama bayi adalah keberadaan toilet umum. Selain salah satu fasilitas wajib, kebersihannya juga menjadi pertimbangan nomor dua. Terlebih di saat pandemi seperti ini.

Beruntungnya, Taman Indonesia Kaya ini juga punya toilet dan cukup bersih (untuk ukuran ruang terbuka). Petugas kebersihan akan membersihkannya secara berkala dalam waktu tertentu.

Nah, selain itu, disediakan juga wastafel air minum. Yes. Taman ini sudah dilengkapi akses air minum bersih ya. Jadi, bisa isi ulang botol minum kita tanpa perlu membeli lagi minuman kemasan. Karena selain menambah biaya, tentu saja hal ini akan menambah jumlah sampah plastik. Biasakan bawa botol minum sendiri ketika bepergian ya.

contoh fasilitas umum di taman indonesia kaya

Yang tidak kalah penting, tentu saja keberadaan tempat cuci tangan. Di taman ini sendiri, tersedia beberapa titik, jadi tidak perlu mengantre lama-lama dan berkerumun.

Di sekeliling taman, kursi-kursi bisa kita jumpa dengan mudah. Berada di bawah pohon-pohon, menjadikan kursi-kursi tersebut nyaman untuk diduduki meskipun pada siang hari.

Sama halnya dengan kursi, tempat sampah pun bisa kita jumpai dengan mudah. Seharusnya, sudah tak ada lagi pengunjung yang tega membuang sampah sembarangan ya.

Salah satu spot berikutnya, yang tak kalah menarik adalah keberadaan air mancur di depan taman. Dilengkapi dengan dancing fountain, menjadikan air mancur ini salah satu tempat yang juga digandrungi anak-anak. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang kemudian bermain di dalamnya (meskipun sudah dilarang, karena memang bukan untuk kolam renang).

Panggung. Adalah ikon besar yang dimiliki Taman Indonesia Kaya. Desainnya yang cukup besar dan luas, serta dengan teknologi yang canggih menjadikan atapnya sebagai pemantul suara, menjadikan arena ini sering digunakan untuk acara-acara pagelaran budaya dan kesenian.

Untuk yang membawa bekal, biasanya tempat ini juga dijadikan spot makan bersama. Karena selain luas, tempatnya juga bersih dan jarak pandang mengawasi anaknya tidak terhalang oleh apapun.

panggung utama taman indonesia kaya

Mudahnya Akses Jalan

Berada di tengah kota Semarang, menjadikan Taman Indonesia kaya menjadi salah satu tempat yang mudah sekali diakses. Baik menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor) atau kendaraan umum.

Berada di Jalan Menteri Supeno, menjadikan taman ini sangat strategis. Bayangkan saja, tempat ini berseberangan dengan gedung Gubernur Jawa Tengah, SMA Negeri 1 Semarang, dan juga STM Pembangunan (SMK 7 Semarang). 

akses menuju taman
diapit oleh dua jalan besar


Jika menggunakan Trans Semarang, maka kita langsung berhenti di shelter yang berada tepat di SMA Negeri 1 Semarang (atau tepat di seberang taman). Tapi jika menggunakan angkutan umum (angkot), kita harus jalan kaki beberapa meter dari Jalan Pahlawan, dengan pilihan pemberhentian terdekat Gedung Pramuka atau Gedung Telkomsel.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, tentu saja lebih mudah ya. Akses parkir terbuka 24 jam di sekeliling taman. Tarif parkir berkisar antara 3.000 sampai 5.000 (untuk mobil dan motor) dengan durasi parkir sepuasnya ya. Sistemnya bayar di awal, jadi ketika pulang tidak perlu ribet cari uang recehan.

Taman ini memang tidak dilengkapi dengan permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan dan lain-lain (a.k.a playground). Tapi sebagai ruang publik, taman ini sudah cukup mengakomodir kebutuhan keluarga untuk sekadar mencari udara segar. Terlebih lagi, untuk anak-anak yang suka sekali dengan kegiatan outdoor (seperti bayi saya), ini bisa jadi salah satu rekomendasi.

Nah, untuk pengunjung yang juga ingin wisata kuliner, jejeran warung-warung ada di seberang taman ini. Harganya pun bervariasi, jangan lupa untuk selalu tanyakan harga ke penjualnya ya. Karena meski masuk ke taman ini tidak dipungut biaya, jangan sampai justru kita tekor ketika harus mengisi perut.

salah satu spot foto di taman indonesia kaya
salah satu spot foto instagramable


Gimana? Mau ke Taman Indonesia Kaya nggak? Sini ke Semarang, nanti kita pergi bareng, makan bareng, ketawa bareng dan punya kenangan bareng-bareng. See you soon ya! Jangan lupa jaga kesehatan, jaga jarak dan jangan lupa tetap mencintai diri sendiri.

Have a nice day!




Related Posts

8 komentar

  1. Jadi penasaran dancing fountain nya kayak apa

    BalasHapus
  2. Mau mau, saya mau pergi bareng, makan bareng, ketawa bareng. Momong bayi bareng juga mau. Semarang, I'm coming :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaah momong bayik bareng adalah keriwehan yang hakiki :D

      Hapus
  3. Waaa rindu CFD an di Taman Indonesia Kaya, semoga corona segera berakhir 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. CFD nya dah rame mbak hahaha cuzz beli jajanan :D

      Hapus
  4. Mau dong ke taman Indonesia kaya.. Ajak saya he

    BalasHapus

Posting Komentar

Pengikut