Nimas

Kelas Blogging : Blogspedia Coaching Batch 1

2 comments
Kelas blogging


Kelas blogging gratis? Blogspedia Coaching Batch 1, jawabannya! Jadi, selama beberapa waktu bermain-main di beberapa komunitas menulis, kelas blogging memang biasanya selalu memasang tarif tertentu yang disertai iming-iming menjanjikan di setiap iklannya. Sebagai seorang blogger amatir, sudah tentu ingin sekali bergabung dengan para mentor yang sudah malang-melintang di dunia blogging selama bertahun-tahun. Namun, salah satu yang selalu menjadi pertimbangan adalah biaya. Biaya yang ditarik untuk satu kelas blogging intensif, biasanya berkisar antara 100 ribu sampai 500 ribu. Ini harga pasar, sih. 

Nah, terkait Blogspedia Coaching sendiri, merupakan kelas blogging pertama yang didirikan dan dimentori langsung oleh Mbak Marita Ningtyas. Jangan salah, beliau ini satu-satunya Coach di kelas blogging ini, loh! 

Materi kelas

Mengintip Blogspedia Coaching Batch 1

Kalau tidak salah, ketika pertama kali membuat iklan pembukaan pendaftaran, Mbak Marita ini tidak menjanjikan kenaikan angka DA/PA atau membuat kita menjadikan blogger yang kaya raya. Ketika itu, Mbak Marita cuma mau membagi ilmu bagaimana ngeblog yang baik dan benar, meskipun kita adalah "blogger cupu" yang jauh dari parameter SEO On Page. 

Seleksinya pun dilakukan sendirian, loh! Tangguh memang Coach, satu ini. Setelah pengumuman, kami dikumpulkan dalam sebuah WhatsApp Group, yang dihuni sekitar 60 peserta. Jadwal materi pun dibagikan, dan seleksi alam di mulai. 

Satu persatu peserta mulai berguguran. Kenapa? Karena kesalahan yang dilakukan tidak bisa ditolerir oleh Coach kita. Menurut Mbak Marita, seorang blogger harus mampu membaca instruksi dengan baik. Jadi, beliau ingin ketika kami mengerjakan tugas pun, paling tidak minimal sekali resiko kesalahannya dengan memperhatikan perintah-perintah yang disebutkan.

Materi-materi, yang menurut saya banyak membuat para peserta kelimpungan adalah SEO On Page dan edit template. Karena meski telah mendapat materi sebelumnya, tetap saja ketika praktek banyak detail yang harus diperhatikan. Terlebih, ketika memasukkan kode html. Pengalaman yang sangat berkesan.

Meski kelas ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis, tapi materi-materi yang diberikan tal kalah bersaing dengan kelas berbayar, loh! Setiap materi disampaikan dengan sangat detail, bahkan Mbak Marita selalu mengecek artikel semua peserta secara bergantian. 

No baper, no ngeluh

Bukan Kelasnya Tukang Mengeluh

Sejak dimulainya kelas, Mbak Marita seringkali mengulang kata-kata jika di dalam kelas ini, tidak boleh ada yang mengeluh atau bahkan baper. Mengingat materi yang begitu padat, tidak dipungkiri jika para peserta yang notabenenya adalah para amatir, dibuat pontang-panting menyelesaikan tugasnya. Tapi satu hal, dilarang mengeluh dan silakan saling menyemangati.

Secara pribadi, saya menikmati atmosfer seperti ini. Karena ketika ada yang mengeluh, biasanya ini akan menular, dan semangat berjuang di dalam kelas perlahan akan memudar. Pengalaman di beberapa kelas menulis, seperti ini adanya. 

Tidak boleh baper. Meskipun sebagian ada yang sudah mengenal dekat atau pernah bertemu secara langsung, tapi di kelas ini juga haram hukumnya baper. Semua harus profesional ketika mencari ilmu. Bahkan, ketika Coach kesayangan kita mengomentari tugas kita yang berulang kali salah, sangat tidak disarankan bagi kita untuk mengeluh, baper apalagi "ngambek". Big No!

Semua Sibuk, Semua Belajar

Ternyata, sebagian besar peserta di kelas ini adalah ibu. Ibu rumah tangga, ibu pekerja, ibu dengan bayi, toddler, remaja bahkan dewasa pun ada. Jangan salah, ada para bapak dan suami juga, meskipun hanya dua orang. 

Melihat latar belakang para peserta, menjadikan Blogspedia Coaching Batch 1 ini juga seperti wadah untuk berbagi para ibu. Mulai dari hal sederhana seperti mengatur waktu, cerita pengalaman masa muda hingga diskusi berat tentang pernikahan. Semua mengalir begitu saja. Tentu saja, obrolan-obrolan ini menjadi selingan di antara tugas-tugas yang menunggu diselesaikan.

Salah satu yang memang terbangun di dalam kelas ini adalah empati. Benar saja. Empati begitu tumbuh subur di Blogspedia. Mungkin, karena isinya mayoritas perempuan, ya?

Tapi meski begitu, para ibu ini tidak mau ketinggalan mengerjakan tugas-tugasnya. Kata ya, usia boleh tua tapi semangat belajar selalu muda! Mantap!

Bahkan, ketika menulis ini, saya sedang di rumah sakit. Karena qadarullah anak bayi harus opname. Bahkan, tugas di tantangan terakhir juga masih belum lengkap. Tapi saya sudah berjanji pada diri sendiri, jika akan menyelesaikan tugas terakhir ini dengan semampu saya. Biarlah hasil, menjadi kejutan nantinya. 


Manfaat kelas blogging

Buah dari Kelas Blogspedia

Blogspedia Coaching Batch 1 memang memberikan banyak insight pada pesertanya. Beberapa diantaranya: kerja keras, mengatur waktu dan attitude.

Kerja Keras dan Mengatur Waktu

Tidak bisa dipungkiri, semua peserta datang dengan segala kesibukannya. Itulah mengapa kita juga diwajibkan mau berusaha keras dan mengelola waktu. Terlebih sebagai seorang ibu dan istri, harus pandai menyisihkan dan memanfaatkan waktu dengan baik. Karena menulis juga kegiatan yang membutuhkan waktu dan kerja otak.

Di Blogspedia, kita akan bertemu dengan banyak peserta yang memiliki segudang kesibukan namun bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Dari merekalah, semangat untuk terus belajar dan memaksimalkan waktu sering datang. Meski demikian, tak jarang juga ada beberapa peserta yang mengirim tugas mendekati batas waktu yang ditentukan -seperti saya-.

Attitude

Di awal kelas, kita juga dapat materi berkenaan tentang Adab Blogger yang baik. Sedikit banyak, kita juga mengadopsi apa yang disampaikan Coach di kelas Blogspedia. 

How to be a good blogger. Bagi saya, kelas ini juga membentuk karakter setiap pesertanya agar menjadi blogger yang baik dan berakhlak.

Blogspedia Coaching Batch 1 sudah di penghujung masa belajarnya. Semua materi, sudah disampaikan oleh Mbak Marita selaku Coach tunggal dengan begitu memukau. Rasanya ingin sekali menuliskan semua notula dari materinya. Tapi, supaya teman-teman juga bisa merasakan sensasi "tendangan Marita", silakan gabung dengan kelas di batch selanjutnya, ya. 

Sampai jumpa di kelas, entah sebagai sesama alumni atau coach dengan peserta, apapun itu semoga kita siap menjadi blogger yang baik.
Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

2 comments

  1. Alhamdulillah kita jadi bnyak wawasan ya bund😁

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, sampai dititik ini. Semoga dedek bayinya segera sembuh. Ibu yang kuat, dan jaga kesehatan. Tetap semangat ya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email