Nimas

6 Cara Sederhana Memutihkan Baju Putih

cara sederhana memutihkan baju putih

Siapa yang selalu kebingungan soal memutihkan baju putih? Hahahaha aku banget sih ini. Karena entah bagaimana, rasanya baju putih ini warnanya cepat sekali menguning atau memudar ya. Padahal, dia paling diistimewakan ketika mencuci, menyetrika bahkan sampai masuk lemari sekalipun.

Nah, yuk kita sama-sama coba tips di bawah ini, supaya baju putih kita kembali ke asalnya :D

6 Cara Sederhana Memutihkan Baju Putih

Jemur di bawah Terik Matahari

Hal yang paling sederhana dan murah ini adalah hanya dengan mengandalkan sinar matahari saja. Yakni dengan menjemurnya secara alami tanpa menggunakan pengering. Kenapa? Karena kita butuh pancaran sinar ultraviolet yang ternyata bisa memecah senyawa kimia yang ada pada noda. Jadi, noda pada akan memudar perlahan.

Untuk yang terbiasa menggunakan alat pengering (kayak aku), ayo dicoba ya, biarkan baju putih kita terkena sinar matahari secara langsung dan mendapatkan paparan sinar matahari secara maksimal.

Memisahkan Baju

Cara murah dan sederhana selanjutnya adalah dengan memisahkan baju putih dengan baju berwarna lainnya dalam rangkaian pencucian. Hal ini tentu saja untuk menghindari terkenanya lunturan dari baju lain.

Mengucek Sebelum Mencuci

Aku pribadi, biasanya akan lebih dulu mengucek bagian yang terkena noda sebelum merendam dan mencucinya. Menurutku cara ini juga cukup efektif ya, selama kita langsung menguceknya (jangan nunggu cucian numpuk dulu).

Memilih Sabun Cuci

Yang nggak boleh dilewatkan. Menurutku ini juga kunci keberhasilan proses pencucian ya. Kebetulan di rumah aku pakai sabun cuci cair yang memang nggak pernah ganti merk. Jangan salah loh, nggak semua sabun cuci itu bisa membersihkan dengan maksimal jika digunakan di mesin cuci.

Menggunakan Bahan Alami

Beberapa bahan alami yang dipercaya bisa mengembalikan warna putih baju adalah air perasan lemon. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu memeras jeruk lemon lalu mencampurnya dalam segelas air. Gunakan air tersebut untuk merendam baju putih selama beberapa jam, atau jika perlu tunggu sampai semalaman.

Selain itu ada juga yang menggunakan baking soda dan cuka masak. Pilih saja bahan mana yang mudah didapatkan. Jangan lupa untuk membilasnya dengan bersih ya.

Pewarna Pakaian

Sudah tahu belum, kalau baju putih yang terkena noda ini bisa dibersihkan dengan pewarna pakaian warna biru? Aku sendiri baru tahu, sih. Tapi dengan catatan, kita menggunakannya hanya dalam jumlah yang terbatas ya, jangan terlalu banyak menuangkannya/

Kita bisa menggunakan pewarna kain yang bisa dibeli di warung atau toko tekstil terdekat. Cara menggunakannya juga cukup mudah ya. Tuangkan sedikit pewarna ini (bisa seperempat sendok teh) lalu campur dalam larutan deterjen. Cucilah dengan bersih. Setelahnya, kita akan dapati baju putih kita dengan warna yang lebih cerah.


Nah, bagaimana? Keenam tips sederhana memutihkan baju putih ini sangat mudah dilakukan, bukan? Kita nggak perlu beli bahan kimia atau pemutih yang mengandung klorin dan sejenisnya. Cukup gunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar, dapur atau toko terdekat. Jangan lupa bagikan informasi menarik ini kepada seluruh teman dan anggota keluarga, demi baju putih yang warnanya lebih cerah lagi.

Semoga tips di atas bisa membantu memecahkan kebingungan dan keresahan teman-teman (dan aku juga) ya. Udah pernah coba tips nomor berapa, nih? Coba sharing yuk, atau barangkali ada tips-tips lain yang bisa kita coba.

Terima kasih sudah membaca, selamat mencuci ya semuanya :*


Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

Post a Comment