Nimas

Yogyakarta Independent School : Sekolah Internasional di Yogyakarta



Hallo ayah ibu pembelajar

Di kesempatan kali ini, aku mau berbagi informasi sedikit nih tentang sebuah sekolah yang menurutku layak dijadikan pertimbangan orang tua. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum IB (International Baccalaureate). Sudah tahu? Yap, Yogyakarta Independent School.

Sebelum mengupas tentang Yogyakarta Independent School, ada baiknya kita cari tahu dulu apa itu International Baccalaureate, mengingat ini adalah kurikulum yang digunakan. Selain itu, supaya ke depannya kita juga tahu apa visi yang diusung sekolah ini ketika menerapkan kurikulum ini. Oke? Selamat membaca yaa :)

Aim high. Be relevant. Make a difference - YIS Official

Apa Itu International Baccalaureate

International Baccalaureate atau IB, secara sederhana adalah sebuah kurikulum yang lebih menekankan pada praktek dan riset. Jadi, anak-anak akan lebih banyak belajar dengan uji coba yang nyata. Salah satu yang menjadi sasaran kurikulum ini adalah anak-anak diharapkan memiliki kemandirian dan pola pikir yang kritis.

Satu hal yang sangat menarik dari penerapan kurikulum ini adalah diakuinya sertifikat pada jenjang diploma IB ini sudah diakui di beberapa universitas besar dunia, seperti Melbourne University.

Kenapa Harus Memilih International Baccalaureate?

Kesan pertama yang terlihat dalam penerapan kurikulum International Baccalaureate ini adalah suasana kelas yang sangat menyenangkan. Di mana anak-anak berperan aktif dalam setiap pembelajaran dan guru pun mendampingi mereka dalam melakukan penelitian atau praktek. Tidak banyak menggunakan teori seperti sekolah yang pada umumnya kita ketahui.

Nah, dengan sistem belajar seperti ini, ternyata ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh anak maupun orang tua.

Kelebihan Kurikulum IB (International Baccalaureate)

  • Pemahaman dan penggunaan bahasa yang sangat bervariasi
  • Merangsang kemampuan berpikir kritis
  • Paham dan mampu mengaplikasikan ilmu ilmiah dalam kehidupan
  • Mampu menganalisis konsep matematika secara kritis
  • Mengembangkan potensi dan kepercayaan diri melalui seni
Let us help you to achieve your dreams! - YIS Official

Mengenal Sekolah Internasional di Yogyakarta : Yogyakarta Independent School Lebih Dekat

Napak Tilas Yogyakarta Independent School

Setelah membahas sedikit tentang kurikulum yang digunakan, kini saatnya kita berkenalan dengan sekolah yang berada di Jl. Tlaga Melati No. 1, Jombor Lor, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Sekolah ini ternyata sudah berdiri sejak 20 Mei 1989 sesuai dengan akta notaris! Tidak seperti yang kita kenal sekarang, mulanya nama sekolah ini adalah Yogyakarta International School. Tapi pada tahun 2014, sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, maka “internasional” tidak lagi disematkan pada nama sekolah ini, dan diganti dengan “independent”.



Mengingat saat itu keberadaan sekolah internasional masih terbilang jarang, cukup diacungi jempol keberanian yayasan ini (Yogyakarta Pendidikan Internasional Yogyakarta/YPIY) untuk mendirikan sekolah ini. Pembina pertama sekolah ini adalah rektor Universitas Gadjah Mada pada saat itu, yakni bapak Prof. Koesnadi. Sudah lebih dari 30 tahun sekolah ini berdiri, sekolah ini juga mengalami banyak perkembangan.

Sebagai sekolah internasional, YIS menerima beragam murid dari berbagai etnis, agama dan kewarganegaraan! Dan ketika aku memperhatikan berbagai macam kegiatan di sekolah ini, aku seneng aja gitu melihat anak-anak ini membaur dengan temannya yang notabene berbeda kewarganegaraan, warna kulit, agama bahkan ras. Rasanya, salah satu manfaat dari kurikulum IB ini telah terlaksana dengan baik. Keren, kan!

Ada satu fun fact yang menurutku teman-teman harus tahu. Meskipun sekolah ini termasuk sekolah internasional, tapi juga tetap menggunakan kurikulum nasional untuk siswa yang kedua orang tuanya berkewarganegaraan Indonesia, loh! Artinya, anak-anak ini tetap mendapatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan juga kewarganegaraan.

Jadi, pada 29 Juli 2021 lalu, kebetulan dapat kesempatan untuk YIS Virtual Seminar dengan kepala sekolah YIS (Ibu Kimberly Kingry). Dari beliau, banyak sekali dijelaskan tentang sekolah ini. Tentu hal ini berkaitan dengan visi misi. Bukankah mengetahui visi misi sekolah adalah suatu hal yang penting, sebelum mempercayakan anak kita di sana?

Nah, untuk itu kita akan kupas mengenai visi misi satu-satunya sekolah di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum International Baccalaureate ini.

Mengapa Yogyakarta Independent School

Salah satu yang menjadi tujuan YIS adalah mencetak generasi yang mandiri, mampu berpikir kritis dan memiliki kepedulian pada sesama.

Karenanya, banyak kegiatan sekolah yang melibatkan siswa sebagai project leader. Hal ini bisa kita lihat pada kegiatan seperti bazar kewirausahaan (entrepreneurship) atau stand pameran ilmu pengetahuan. Hal-hal seperti ini memang membantu perkembangan kepribadian anak sesuai dengan apa yang diharapkan sekolah ini.

Tidak hanya siswa, namun keterlibatan para orang tua juga turut memegang peran dalam pembelajaran di YIS. Karena YIS paham betul, jika orang tualah yang memegang pondasi para anak-anak ini untuk keberhasilan mereka suatu saat nanti.


Program IB pada Yogyakarta Independent School

Primary Years Programme (PYP)

Pada jenjang pendidikan ini, anak-anak (mulia usia 3 - 12 tahun), akan lebih banyak diajarkan bagaimana mengembangkan emosi, pola pikir yang kritis dan tentu saja jiwa sosialnya.

Hal ini terlihat bagaimana YIS memantik anak-anak untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar dan menikmati proses belajar yang menyenangkan (praktek atau riset). Pada akhirnya, anak-anak ini akan kreatif, solutif dan memahami resiko dari yang mereka lakukan.

Middle Years Programme (MYP)

Masa ini tak kalah pentingnya bagi anak-anak. Yang mana mereka mulai memasuki dunia remaja yang begitu kompleks. Pada jenjang ini, anak-anak akan diajak untuk fokus pada pengembangan kemampuan dan pemahamannya.

Ada 8 subject pembelajaran di tahap ini, antara lain : penguasaan bhasa, bahasa dan sastra, seni, sains, individu dan masyarakat, matematika, teknologi desain dan pendidikan jasmani dan kesehatan. Pada tahap ini juga, anak bersiap untuk memasuki program DYP (Diploma Programme).

Diploma Years Programme (DYP)

Seperti yang kita tahu, bahwa program diploma (setara SMA) ini sudah diakui di banyak negara. Setelah lulus dari program ini, anak-anak akan melanjutkan ke berbagai universitas. Karenanya, yang menjadi fokus subjek pembelajarannya juga mengerucut. 6 Subjek pelajaran DYP : studi tentang bahasa dan sastra, pemahaman bahasa, individu dan masyarakat, sains, matematika dan seni.

Salah satu keunggulan DP di IB adalah anak-anak bisa berjejaring langsung dengan organisasi-organisasi yang sudah diakui secara global. Dengan pengalaman inilah diharapkan anak-anak mampu memiliki pemahaman yang nyata baik secara lokal maupun global.

Hal yang menguntungkan lainnya adalah anak-anak lulusan YIS-IBDP (Yogyakarta Independent School - International Baccalaureate Diploma Programme) ini juga mendapatkan kemudahan ketika proses pendaftaran di beberapa universitas. Contohnya : lebih sedikit berkas yang harus dilampirkan dan tidak perlu melampirkan hasil beberapa tes. Benar, ini karena ijazah dari YIS sudah diterima. Keren, kan?

Saat ini, banyak alumni YIS yang tersebar di berbagai universitas terkemuka, seperti : Melbourne University, Leiden University, Amsterdam University, Delft University dan masih banyak lagi. Jangan salah, lulusan YIS juga banyak yang masuk ke universitas besar di Indonesia kok :)

Rasanya informasi mengenai Yogyakarta Independent School sebagai satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta, yang menggunakan kurikulum IB cukup sampai di sini ya. Apakah ayah ibu tertarik? Aku sendiri pengen banget daftar ke sekolah semacam ini, sayang anak masih 20 bulan (hahahaha). Untuk dapat informasi lebih lengkap, silakan kunjungi website resmi dan akun media sosial YIS yaa.

Instagram : @yogyakartaindependentschool

Website : https://yis-edu.org

Whatsapp : +628112632442


Punya pengalaman belajar atau menjadi wali di sekolah internasional juga? Sharing yuk …

Selamat beraktivitas dan semangat selalu menambah pengetahuan yaa




Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangaki kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

13 comments

  1. keren memang YIS ini ya mba..memadukan kurikulum nasional dan IB. kampusnya pun cakeeep..

    ReplyDelete
  2. Menarik banget sekolahnya, coba deket kayanya Affan bakal kumasukkin ke YIS deh, hehe. Secara doi udah cas cis cus banget bahasa Inggrisnya, kayanya kalau disekolahin ke international school seperti ini bisa lebih optimal perkembangannya.

    ReplyDelete
  3. Waah udah ada sekolah kurikulum IB ya ternyata di Jogja. Kirain selama ini masih sebatas di Jakarta aja. Kurikulum IB ini kalo aku baca ngga menggunakan hafalan sprti sekolah negeri saat ini ya mba?

    ReplyDelete
  4. Bagus banget ya mbak kurikulun Internasional Baccalaureate ni. Sayangnya di indonesia masih jarang yg menerapkan beruntung deh yg berkesempatan sekolah di YIS. Invetasi masa depan banget

    ReplyDelete
  5. Menarik banget kayaknya kalo bisa sekolah di sini ya. Coba anakku bisa sekolah di sini ya

    ReplyDelete
  6. Menarik banget ya program kurikulumnya jadi pengen masukin anak-anak buat sekolah disana...coba deket ya...

    ReplyDelete
  7. Keren nih kurikulumnya.... Pembelajarannya terlihat menyenang dan bagus buat anak. Jadi tertarik menyekolahkan anak di sana. Tapi kok sayangnya jauh euy...

    ReplyDelete
  8. Wah bagus ini semoga segera ada di semarang biar anakku aku masukin sini

    ReplyDelete
  9. Nah, menerapkan aplikasi pelajaran sekolah ke kehidupan nyata tuh yang selama ini masih kurang porsinya. Jadinya anak kurang kritis ketika menghadapi permasalahan. Bagus juga ya IB yang digunakan oleh YIS ini, membekali generasi muda dengan cara berpikir yang lebih kritis.

    ReplyDelete
  10. Keren banget, soalnya banyak praktiknya, bikin anak-anak nggak mudah jenuh. Pemahaman materi juga lebih menyeluruh. Ternyata ada juga, ya kurikulum IB di Jogja. Kupikir hanya di Jakarta aja :D

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu tentang kurikulum IB ini loh, selama ini tahu nya ya kurikulum berbasis kompetensi lainnya. Seperti sekolah internasional yang Islam terpadu misalnya

    ReplyDelete
  12. Serunya berinteraksi di sekolah internasional seperti YIS ini, setiap anak berhak mengutarakan pendapatnya dan penghargaan yang setara buat masing-masing mereka.
    Satu kondisi yang sangat pantas untuk bisa diciptakan juga di sekolah negeri.
    Semoga, amin

    ReplyDelete
  13. Kurikulumnya lengkap dan lulusannya juga bisa lanjut ke mancanegara, wah keren yak. Makasih banget infonya mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment