Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Fitur Ruangkerja : Solusi Profesional Pelatihan Karyawan

Ingin Bisnis Anda Punya Daya Saing Tinggi? Ini Solusinya!

Sebuah perusahaan bisa terus bersaing, jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keinginan terus bertumbuh, dan dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat. Untuk itu, pelatihan-pelatihan pun harus dilakukan, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan.

Terlebih lagi, persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya.

Kenapa? Agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.

Namun, pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan. Tidak diperbolehkannya interaksi secara langsung dan pengetatan untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendalanya. Padahal, anggaran sudah disiapkan.

Pelatihan Saat Pandemi? Kenapa Tidak?

Lantas bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM?
Pelatihan online adalah jawabannya. Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital.

Mungkin teman-teman pernah mendengar Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru.


Ruangkerja by Ruangguru : Solusi Pelatihan Daring Profesional

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.
Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Fitur Ruangkerja 

Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Learning Journey

Tenang, karena kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

Learning Plan


Kemudian terdapat fitur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.

Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar.

Kolaborasi

Oh ya, ada hal menarik juga dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan.

Leaderboard

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.

Kenapa Ruangkerja?

LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan berbagai perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan.
Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan?
Yap. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, menghemat waktu perusahaan, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.


Gimana? Masih ragu buat pakai Ruangkerja? Dengan teknologi yang sesuai dengan era digital ini, rasanya menggunakan Ruangkerja termasuk pilihan yang tepat sasaran ya. Mengingat di pandemi ini, ruang gerak kita masih sangat terbatas.

Pernah pakai Ruangkerja? Share pengalamanmu yuk 
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

21 comments for "Kenali Fitur Ruangkerja : Solusi Profesional Pelatihan Karyawan"

Lulu Khodijah September 2, 2021 at 2:43 PM Delete Comment
Wah seru banget ini, pandemi gini daripada rebahan aja bisa ngikut kelas online. Apalagi udah rapi gitu ada kurikulumnya. Kelar pandemi nambah skill mantapp!
Marita Ningtyas September 2, 2021 at 4:48 PM Delete Comment
Ruangguru emang keren ya, produk-produknya bervariatif. Dari murid, guru, orang umum sampai karyawan difasilitasi dan ada produknya masing-masing.
Atikah September 2, 2021 at 7:30 PM Delete Comment
Makasih kak atas tambahan ilmunya.
Martin Setiawan September 2, 2021 at 10:01 PM Delete Comment
Ruang kerja dari ruang guru bagus sekali dan inovatif. Saat pandemi seperti ini memang harus ada terobosan yang sejalan dengan penanganan covid 19
EDUWELL (Education- Woman- Entertaiment- Learning- Laughing) September 2, 2021 at 10:02 PM Delete Comment
Mantab . . Boleh coba tuh
Sajian Kira September 2, 2021 at 10:18 PM Delete Comment
Sebuah solusi banget kalo ini Kak, harusnya perusahaan-perusahaan pakai ini nih, terima kasih sharingnya Kak :D
Desi's Corner September 3, 2021 at 1:43 PM Delete Comment
Pandemi membuat kreatif di segala bidang. Hambatan menjadi tantangan. Tantangan memjadi kemudahan. Kerenlah pokoknya anak² Indonesia. Ruangguru buktinya.
Yonal Regen September 3, 2021 at 4:15 PM Delete Comment
ruang guru vs ruang kerja, aplikasi kekinian untuk segala lapisan masyarakat. Guru, siswa, dan sekarang karyawan un bisa meningkatkan skill-nya melalui aplikasi-aplikasi yang memudahkan. Keren
Momtraveler September 3, 2021 at 5:05 PM Delete Comment
Ruangguru mantab ya inovasinya. Pandemi gini ga ada alsesan mati gaya deh. Bisa nambah ilmu dengan ikut kelas2 online dr ruang kerja
Mechta September 3, 2021 at 9:44 PM Delete Comment
Wow..ada lagi yg baru dari Ruangguru atau akj saja yg kurang piknik hingga baru tahu ttg Ruangkerja ini ya? Terima kasih infonya ya mba..
Dani Ristyawati September 4, 2021 at 8:07 AM Delete Comment
Baru tau ruang guru menawarkan program prlatihan buat karyawan juga..oke banget nih apalagi pandemi gerak terbatas dengan programn ibikin skill tetap mumpuni meski belajar online
Allaely Hardhiani September 4, 2021 at 9:05 AM Delete Comment
Makin bagus aja nih ruang guru. Dengan adanya ruang kerja jadi bermanfaat banget buat karyawan. Ga ada alasan untuk ttp belajar hny krn terhalang pandemi.
Uniek Kaswarganti September 4, 2021 at 10:06 AM Delete Comment
Ooo baru tau loh kalau perusahaan bisa menggunakan ruangkerja ini untuk pelatihan online karyawannya. Bener juga yaaa... Masa pandemi gini kan masih riskan kalau harus ngumpulin banyak orang untuk pelatihan tatap muka.
Nyi Penengah September 4, 2021 at 11:33 AM Delete Comment
Skill tetap bisa terasah banget ya ini dengan ruangkerja. Aku awalnya nggak ngeh ini masuk nya ruanguru. Keren ada platform begini.
Dewi Rieka September 4, 2021 at 12:38 PM Delete Comment
Inovatif banget ini ya Ruang Guru ada foitur pelatihan untuk karyawan jadi perusahaan bisa menambah akil karyawannya via online, lebih mudah dan murah
Hapsari Adiningrum September 4, 2021 at 1:32 PM Delete Comment
Baru tahu nih ternyata selain buat les online para murid juga ada buat latihan kerja gini ya. Keren banget ya inovasinya. Semoga makin banyak yang meningkat skill nya dan bermanfaat untuk diri sendiri atau untuk perusahaan nantinya
Chela Gurukecil September 4, 2021 at 7:19 PM Delete Comment
Pandemi jg bisa membuat kita tetap dapat ilmu ya mbaa.. Sama seperti perkuliahan PPG, pakainya juga LMS.
Bunda Lillah September 4, 2021 at 10:08 PM Delete Comment
Ini perusahaannya bayar kah ke ruangkerja?
Tapi asyik ya, solutif
Bunda Tami September 5, 2021 at 7:38 PM Delete Comment
Wow asyik banget ya, sesuai kebutuhan. Semakin banyak kemudahan yang didapat.
Pida Alandrian September 5, 2021 at 7:54 PM Delete Comment
Masya Allah Ruangguru emang keren yaa..
Semakin ke sini yang ditawarkan nggak hanya untuk dunia pendidikan saja, tapi juga sudah meluas ke ruangkerja..
Aku baru tahu ada fitur ruangkerja..
Febrina September 5, 2021 at 8:38 PM Delete Comment
Produk ruangguru makin kreatif. Bahkan udah ada aplikasi pelatihan karyawan juga