Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sudah Tahu Proses Pembentukan Tulang?

Adakah yang pernah mendengar tentang proses pembentukan tulang? Proses pembentukan tulang disebut juga dengan osifikasi. Saat kita lahir, memang sudah lengkap dengan susunan tulang. Namun ternyata, proses pembentukan tulang ini masih terus berlanjut sampai kita dewasa.

Hal ini dikarenakan, saat lahir tulang-tulang manusia adalah tulang rawan. Dalam kandungan, sepenuhnya tulang kita adalah tulang rawan. Begitu lahir, proses pembentukan tulang dimulai dan terus berlangsung sampai matang.

proses pembentukan tulang

Apakah teman-teman tahu, jika jumlah tulang kita berkurang seiring bertambahnya usia? Ya, saat tumbuh dari anak-anak ke dewasa, tulang kita mengalami perkembangan dan pertambahan jumlah. Namun semakin tua, tulang-tulang ini berkurang.

Nah, yuk kita cari tau bersama-sama tentang proses pembentukan tulang atau osifikasi!

Proses Pembentukan Tulang

Proses pembentukan tulang atau osifikasi ini tidak serta merta memunculkan tulang baru. Proses ini membutuhkan peranan penting dari berbagai sel untuk membentuk tulang. Lalu, apakah yang dimaksud dengan osifikasi?

Osifikasi adalah pertumbuhan tulang bagian tengah terlebih dahulu, baru kemudian disusul dengan pertumbuhan tulang di bagian ujung. Pada akhirnya nanti, osifikasi ini akan menghasilkan susunan tulang yang kokoh.

Mengapa demikian? Dalam osifikasi sendiri, tulang yang lebih dulu terbentuk adalah bagian tengah yang mana memiliki banyak kandungan sel tulang atau osteosit, lalu tumbuh menjadi tulang sejati.

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan pada tulang ini akan memunculkan sebuah rongga sumsum tulang yang di dalamnya akan tumbuh banyak pembuluh darah. Proses osifikasi ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu osifikasi intramembran dan osifikasi endokondral.

Jenis Proses Osifikasi

Osifikasi Intramembran

Osifikasi intramembran adalah proses di mana membran yang berbentuk serabut berubah menjadi jaringan tulang. Namun, ternyata proses pembentukan tulang di jenis ini, menyebabkan tulang lebih mudah keropos.

Tahap Pembentukan Tulang pada Osifikasi Intramembran

  • Pembentukan pusat osifikasi
  • Pembentukan matriks
  • Periosteum dan Weaving
  • Pembentukan Tulang Keras


gambar proses pembentukan tulang

Osifikasi Endokondral

Osifikasi Endokondral adalah proses perubahan tulang rawan menjadi jaringan tulang dan terjadi hampir di semua bagian tulang. Itulah kenapa, tulang-tulang yang terbentuk dari proses ini juga disebut dengan tulang endokondral.

Tahap Pembentukan Tulang pada Osifikasi Endokondral

  • Pembentukan Periosteum Collar
Tahap ini, periosteum akan terbentuk di sekitar tulang rawan hialin. Kemudian terbentuklah bonne collar di luar tulang rawan.

  • Pembentukan Rongga
Saat bone collar sudah terbentuk, tulang rawan akan mengalami osifikasi atau pembentukan tulang. Pada saat pengerasan tulang terjadi, tulang rawan akan memburuk dan terbentuklah rongga-rongga di dalam tulang.

  • Invasi Vaskular
Pada tahapan ini, tulang keras yang terbentuk dari bone collar akan dilewati oleh pembuluh darah yang berada di periosteum. Pembuluh darah tersebut juga akan masuk dalam rongga tulang rawan.

  • Elongasi
Di tahap ini, beberapa bagian tulang akan mengalami pemanjangan.

  • Osifikasi Epifisis
Tahapan ini serupa dengan invasi vaskular. Yang membedakan adalah proses ini membentuk tulang spongiosa, bukan tulang keras.

Mengawal Proses Pembentukan Tulang

Jika dibayangkan, proses pembentukan tulang memang cukup rumit, terlebih banyak istilah yang asing di telinga. Namun, pengetahuan terhadap proses pembentukan tulang ini memang sangat penting.

Mengingat tulang memiliki peran penting dalam tubuh, maka kewajiban kita adalah tetap menjaga kesehatannya. Tentu kita tahu, jika tulang juga bisa mengalami berbagai masalah kesehatan.

Beberapa jenis gangguan pada tulang yang umum terjadi, seperti osteoporosis, osteofit, spondilosis, hingga tumor tulang. Itulah mengapa, semakin usia bertambah kita juga perlu meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan tulang.

Salah satu satu untuk mendukung proses pembentukan tulang adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Menjaga asupan nutrisi pada tubuh, juga merupakan langkah positif untuk menjaga kepadatan dan kekuatannya.


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

12 comments for "Sudah Tahu Proses Pembentukan Tulang? "

Bambang Irwanto September 15, 2022 at 8:47 AM Delete Comment
Bagus sekali ulasannya seputar tulang, Mbak Nimas. makanya terus dihimbau ya, agar terus menjaga kesehatan tulang. Pastinya dengan makan makanan bernutrisi, juga dianjurkan minum susu tulang. karena semakin bertambah usia, maka tulang harus terus dijaga.
HendraDigital September 15, 2022 at 3:13 PM Delete Comment
Memang penting banget menjaga kesehatan tulang sejak dini. Agar saat usia tua nanti, tulang tidak mudah rapuh atau terhindar dari osteoporosis. Makasih banyak infonya yah... Nice share 😊
Lintang September 15, 2022 at 3:37 PM Delete Comment
Yang paling sering kejadian nih osteoporosis, apalagi kalau sampe tumor tulang. Wah emang penting banget mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Rajin olahraga juga.
Fenni Bungsu September 15, 2022 at 4:12 PM Delete Comment
Kondisi tulang yang baik harus kita jaga selalu ya. Karena ini sebagai investasi masa mendatang juga agar selalu sehat dan jaga dengan pola hidup yang sehat
Dyah (Author roemahaura.com) September 15, 2022 at 5:52 PM Delete Comment
Banyak banget sekarang gangguan tulang ini ya mbak ada osteoporosis, osteofit, spondilosis, sampe tumor tulang. Serem juga.
Marita Ningtyas September 15, 2022 at 7:23 PM Delete Comment
Selama ini jarang diperhatikan ya mbak, ternyata efeknya kalau nggak memperhatikan kesehatan tulang bisa sampai ke mana-mana.
Witri Prasetyo Aji September 15, 2022 at 9:04 PM Delete Comment
Noted nih, makanya yaa menjaga kesehatan tulang itu penting banget. Tapi sayang, masih banyak yang abai.
Dee_Arif September 15, 2022 at 9:38 PM Delete Comment
Wah iya, jadi makin aware buat menjaga kesehatan tulang
Dengan cara rajin olahraga dan memenuhi nutrisi yang baik
Gusti yeni September 15, 2022 at 10:13 PM Delete Comment
Kesehatan tulang penting apalagi perempuan sudah berumur rawan pengeroposan tulang. Bicara tulang aku lupaa mau cek up termasuk tulang krn suka kadang2 cenut2 libu bunn kakiku.
wulan September 15, 2022 at 10:57 PM Delete Comment
aku aja di usia kepala tiga udah ngerasa suka sakit punggung huhu, gaya kerja sehari-hari juga berpengaruh banget sih ya sama postur tulang. wajib olahraga dan asupan nutrisi seimbang
lendyagassi September 15, 2022 at 11:53 PM Delete Comment
Aku jadi teringat pesan Ibu bahwa ketika wanita hamil, ada yang harus dikorbankan kalau asupan nutrisinya kurang. Salah satunya yaa..tulang ini.
Jadi sebagai wanita, perlu banget menambah asupan untuk kesehatan tulang dengan suplemen dan jangan lupa tetap berolahraga agar tulang dan sendi yang satu paket ini tetap terjaga kekuatannya.
Happy September 16, 2022 at 1:05 AM Delete Comment
makasih kak, jadi ilmu baru nih. masalah tulang nih fundamental banget juga ya, tapi kadang gak begitu dirisauin padahal perlu dicek juga ya kalau merasa ada yang salah