Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#LengkapiCintadanKebaikan, Astra Life Syariah Adalah Jawaban untuk Keresahan

Ramadan tahun ini, salah satu tujuanku adalah berkunjung ke makam bapak. Ikhtiar menabung sudah ku lakukan sejak beberapa bulan yang lalu. Sebagai seorang anak, kadang pertanyaan “mengapa” masih kerap kali muncul, ketika mengenang bapak.

Tentu saja banyak misteri yang terjadi, sebab Tuhan memiliki kehendak atas semua hal. Namun satu hal yang aku pegang erat dengan kepergian bapak adalah, kehilangan seseorang seharusnya membuat kita menjadi orang yang lebih bijak.



Karena orang tua kami hanya tinggal ibu, maka beliau sangat kami jaga. Terlebih ketika pandemi yang menakutkan itu datang. Aku yang kebetulan sedang tinggal bersama ibu, melarang beliau bepergian ke mana pun.

Bahkan ibu menangis ketika setahun lamanya tidak bertemu dengan cucu-cunya. Terlebih ketika beberapa tetangga meninggal karena Covid 19. Perasaan ibu tentu saja berkecamuk, begitu pula dengan kami. Tentu tidak mudah dan tidak nyaman. Namun, menjaga ibu adalah satu-satunya cara untuk melindungi beliau yang sudah lansia.

Bagi kami, kesehatan orang tua adalah nomor satu. Maka, berbagai cara dan pilihan, dilakukan untuk memberikan sebaik-baiknya penjagaan.

Memilih Asuransi Syariah, Wujud Cinta untuk Ibu 

Di usia ibu yang tidak lagi muda, kondisi tubuhnya pun juga mulai melemah. Tak sekuat dulu. Salah satu pilihan untuk memberikan jaminan adalah dengan menggunakan asuransi. Tentu saja yang kami pilih adalah asuransi kesehatan syariah, untuk beliau yang kami sayangi.

Mengapa memilih menggunakan asuransi syariah? Salah satu alasannya adalah karena prinsip yang digunakan tolong - menolong (tabarru’). Dalam bahasa asuransi, hal ini juga biasa disebut dengan risk sharing.



Menurut kami, memilih Astra Life Syariah Asuransi Syariah Bikin Tenteram. Mengapa? Tentu saja karena #AstraLifeSyariah sudah mendapatkan jaminan hukum dari MUI. Selain itu, asuransi syariah juga tidak mengandung unsur ketidakpastian di dalamnya. Sehingga kita para peserta pu akan tenang.

“Gunakan kesempatan yang masih diberi moga kita takkan menyesal

Masa usia kita jangan disiakan karena ia takkan kembali” - Demi Masa, Raihan


Di atas adalah penggalan lagu religi populer “lima perkara sebelum lima perkara”. Kalimat tersebut tentu saja sangat benar. Waktu dengan orang - orang terdekat tentu sangat berarti. Sakit dan berbagai musibah lainnya bisa datang kapan saja.

Sebagai seseorang yang beragama, berlapang dada atas semua musibah adalah sikap yang harus kita lakukan. Hal ini juga seperti yang pernah disampaikan seorang ustazah dalam pengajian ibu-ibu perumahan.

“Ketika mendapat ujian, kita harus bersyukur. Sebab ujian tersebut akan menaikkan kelas kita di mata Allah” 

Namun, bukankah ketika menghadapi ujian dengan bekal dan tanpa perbekalan, akan memberikan hasil yang berbeda? Inilah yang kemudian coba aku lakukan. Yakni dengan menyiapkan bekal yang mungkin akan berguna ketika ujian tersebut datang.

Melansir dari laman ilovelife.co.id, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebelum memilih asuransi yang tepat sebagai bekal jaminan.



Dari informasi di atas, tentu kita sepakat, jika memilih asuransi memang tidak bisa sembarangan.

Begitu pun dengan kami. Ingin memberikan yang terbaik untuk ibu tanpa meninggalkan keraguan di dalamnya.

Berkaca dari Pengalaman, Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua Adalah Ketenangan

Mungkin ada yang bertanya, haruskah membeli asuransi untuk orang tua? Bagi kami, ini adalah jaminan untuk kesehatan beliau di masa tuanya.



Sebab aku pun melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana pontang-pantingnya anggota keluarga yang harus membiayai biaya pengobatan.

Seorang tetangga menderita diabetes lanjut. Sedangkan beliau single parent. Ketika sakitnya mulai parah, beliau berhenti berdagang lontong sayur. Kemudian mulai menjual rumah yang ditempatinya, lalu menjual rumah lainnya untuk operasi amputasi kaki.

Tak berselang lama, beliau meninggal. Aku pribadi tak bisa membayangkan betapa koyaknya hati anak-anak beliau.

Dari situlah, aku berpikir untuk “mempersiapkan” segala sesuatunya dengan baik. Paling tidak, ketika terjadi sesuatu yang kurang menyenangkan, ada pihak yang membantu menenangkan.

Namun, apakah teman-teman tahu, jika asuransi adalah sebuah “barang” yang cukup penting?

Sejujurnya, aku pun baru mulai banyak mencari tahu tentang asuransi ketika mendengar siaran podcast Mbak Ligwina Hananto (Financial Trainer) dengan Raditya Dika beberapa tahun yang lalu.

Di kesempatan lain, Mbak Ligwina menyampaikan jika kita harus punya banyak uang untuk solusi jaminan kesehatan ketika tidak memiliki asuransi.



Hal serupa juga disampaikan oleh Mbak Annisa Stevani (Certified Financial Planner). Katanya, asuransi itu untuk sesuatu yang tidak direncanakan. Sedangkan investasi adalah untuk sesuatu yang direncanakan.

Menarik sekali.

Mari Semakin Dekat dengan Astra Life Syariah, untuk Keluarga Indonesia

Untuk teman-teman yang belum tahu tentang #AstraLife, yuk kita bahas, ya. Supaya jelas, kenapa kami memilih menggunakan #AstraLifeSyariah untuk #LengkapiCintadanKebahagiaan.

Berdiri sejak tahun 2014 silam, PT. Astra Aviva Life (Astra Life) kini telah memiliki Astra Life Syariah dan tentu saja berada di bawah pengawasan DPS (Dewan Pengawas Syariah).

Nah, tugas DPS ini sendiri adalah untuk memastikan apakah aspek syariah yang sudah ditetapkan dijalankan dengan baik atau tidak.

Astra Life Syariah sendiri, sekarang memiliki beberapa produk unggulannya. Tiga diantaranya adalah Flexi Life Syariah, ASLI Asya Proteksi Syariah dan AVA iFamily Protection Syariah.


Flexi Life Syariah

Asuransi jiwa berbasis syariah ini membantu kita terhadap resiko kematian dengan santunan hingga 2 Miliar. Sedangkan untuk penerima manfaat, akan mendapatkan dana santunan sebesar 200% apabila pemilik asuransi meninggal karena kecelakaan.

Asuransi syariah ini juga mencakup biaya perlindungan atas Covid 19! Tidak hanya itu, kita juga bisa membeli produk Flexi Life Syariah ini dengan mudah tanpa perlu cek medis terlebih dahulu.

Yap. Ini karena kita mendapatkannya secara langsung melalui https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448. Di sana, kita juga akan dibantu untuk menghitung terlebih dahulu besaran premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan dengan menggunakan kalkulator kontribusi.




Selain itu, pada laman tersebut, teman-teman juga akan mengetahui secara detail manfaat Flexi Life Syariah ini.

Jika dilihat, asuransi syariah ini sangat terjangkau, ya. Besaran premi bulanan bahkan tidak lebih dari seratus ribu rupiah!


ASLI Asya Proteksi Syariah

Produk asuransi ini dikaitkan dengan investasi yang sesuai ketentuan syariah. Manfaat perlindungannya pun cukup lengkap, mulai dari jiwa, terminal illness, cacat total dan tetap hingga manfaat mudik lebaran.

Keunggulan lainnya adalah adanya berbagai pilihan investasi berbasis syariah sesuai dengan profil resiko kita dan adanya potensi pembagian dana tabarru’ pada peserta. Adanya perlindungan optimum dengan berbagai pilihan asuransi tambahan (rider).

Tidak hanya itu saja. Pembayaran kontribusi berkalanya pun cukup terjangkau dan ada manfaat nilai dana 100% akhir masa polis, dengan syarat peserta utama yang diasuransikan hidup sampai tanggal berakhirnya polis.

Kemudian, asuransi syariah ini juga memiliki bonus loyalitas tahun ke 11 dan ke 16 sebesar 25%. Tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis. Untuk kedua hal ini, ada syarat dan ketentuan khusus yang mengikutinya.

Untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai ASLI Asya Proteksi Syariah ini, teman-teman bisa mengunjungi https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/asli-asya-syariah-protection/.


AVA iFamily Protection Syariah

Asuransi jiwa berjangka sesuai prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.

Besaran manfaat mencapai 750 juta rupiah. Tambahan manfaat berupa manfaat meninggal dunia saat sedang umroh, haji dan perjalanan mudik lebaran. Biaya kontribusinya pun sangat terjangkau, hanya 90 ribu rupiah/bulan.

Lalu juga ada diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai peserta tambahan yang diasuransikan. Untuk teman-teman yang menggunakan produk asuransi ini, bisa datang langsung ke cabang Permata Bank terdekat, atau membaca https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/ava-ifamily-protection-syariah/ terlebih dahulu.

#LengkapiCintadanKebaikan di Bulan Ramadan dengan Asuransi Syariah

“Karena Aurora gue dipaksa berpikir dewasa, mikir jauh ke depan. Asuransi juga untuk menyelamatkan kehidupan orang yang gue tinggal. Yang terutamanya ya anak” - Namira Monda, Mom Fluencer

Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan / atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.



Di Bulan Ramadan ini, tentu saja kita semua bisa lebih tenang beribadah ketika memiliki “jaminan”, termasuk ketika sedang beribadah di tanah suci.

Memberikan perlindungan terbaik untuk orang-orang tersayang, baik pada orang tua dan anak-anak bisa dilakukan dengan menggunakan Astra Life Syariah.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan Astra Life Syariah. Apa saja?

Keuntungan Menggunakan Astra Life Syariah

Proses Pembelian Mudah

Kemudahan ini tentu saja karena kita bisa membeli produk asuransi Astra Life Syariah secara online. Meskipun semua proses dilakukan dilakukan secara virtual, tapi semua tahapan tentu saja terjamin keamanannya.

 Hal ini juga sama mudahnya dengan mendapatkan berbagai informasi pada kanal media sosial tersebut. @ilovelife.co.id @astralifeid  Jadi, pastikan telah mengikuti kedua akun tersebut, untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru.

Besaran Premi Sesuai dengan Kemampuan

Mengutip pernyataan Mbak Anissa Stevani kembali, bahwa sebaiknya kita membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jangan hanya karena tergiur promo atau bahkan karena dipaksa.

Pada Astra Life Syariah, kita bisa menentukan sendiri besaran biaya yang perlu dibayarkan dengan mengacu pada besaran manfaatnya. Tentu ini akan membantu kita mengelola keuangan dengan lebih teratur.

Dana Santunan Besar

Seperti yang aku sampaikan di awal. Bahwa dana santunan dari asuransi syariah ini mencapai 2 Miliar. Tentu saja ini adalah dana yang sangat besar.

Dana sebesar ini, tentu akan sangat berguna untuk kita dan anggota keluarga yang terdaftar.


Memberikan Jaminan Kenyamanan

Kenyamanan pertama adalah karena Astra Life Syariah di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Sehingga semua ketentuan dalam kegiatan operasional, tentu sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang telah ditetapkan.

Kedua, karena adanya perpanjangan otomatis setiap tahunnya (auto renew) sehingga kita tidak perlu repot melakukan pendaftaran ulang.

Ketiga, proses klaim juga terbilang cepat. Pastkan data diri kita sudah diisi dengan tepat, agar prosesnya lancar.


Tolong Menolong dengan Sesama

Sebagaimana dengan prinsip asuransi syariah. Nantinya sesama peserta asuransi bisa saling tolong menolong dengan akad wakalah bil ujrah. Jangan khawatir, sebab ulama sendiri telah membolehkan melakukan kegiatan tersebut dalam hubungan muamalah.

Dengan banyaknya kemudahan dan keuntungan yang kita dapatkan, rasanya kita menyambut hari yang fitri di depan mata dengan tersenyum lebih lebar dan langkah yang lebih pasti.

Sebab, ada Astra Life Syariah yang siap membantu kita agar #LoveLife dengan orang tersayang lebih bermakna setiap waktunya.






Source :

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/22/kecelakaan-lalu-lintas-meningkat-capai-94-ribu-kasus-sampai-september-2022
https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap-jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr
https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448
https://ilovelife.co.id/blog/tips-memilih-asuransi-kesehatan/

https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE3OTk5MTAwNjA0NDQ3OTk4?story_media_id=2845869642112533394_22011053&igshid=YmMyMTA2M2Y=

https://www.instagram.com/reel/CmtgAKALURY/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

https://glints.com/id/lowongan/dewan-pengawas-syariah/#tugas-dan-fungsi-dps

Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) Umum

Brosur ASLI Asya Proteksi Syariah


Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "#LengkapiCintadanKebaikan, Astra Life Syariah Adalah Jawaban untuk Keresahan "