Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedang Memilih Sekolah untuk Toddler? Sudah Kenal Albata?

Memilih sekolah untuk toddler, memang butuh pertimbangan. Sebab, di masa ini, anak-anak sedang dalam masa penyerapan informasi yang begitu tinggi. Di sinilah saat yang tepat untuk menanamkan dan membiasakan banyak hal baik.

Namun, tentu saja menemukan sekolah untuk toddler yang sesuai dengan tujuan pendidikan keluarga bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satu sekolah yang sedang banyak diperbincangkan beberapa waktu ini adalah kelas montessori.

sekolah untuk toddler



Yang menjadi alasan mengapa sekolah ini “ramai” diperbincangkan adalah karena sistem pengajarannya berbeda dengan sekolah klasikal. Di sekolah atau kelas montessori, anak-anak tidak akan duduk seharian penuh untuk mendapatkan materi.

Anak-anak akan diberi ruang untuk eksplor banyak hal dan mengekspresikan diri beserta emosinya. Di sinilah daya tarik dari kelas montessori.

Jika ayah bunda juga sedang memilih sekolah untuk toddler, yuk kita bahas sedikit tentang bagaimana, sih, cara mendapatkannya?

Tips Memilih Sekolah untuk Toddler

Meskipun kelas-kelas montessori banyak dilirik, tetapi kita sebagai orang tua tetap harus mempertimbangkan banyak hal. Sebab, tak jarang meskipun memiliki label yang sama, sekolah-sekolah tersebut juga memiliki perbedaan, bukan?

Lalu, bagaimana caranya agar memilih sekolah untuk toddler tidak zonk?

Cari Tahu dengan Jelas Kurikulum yang Dibawakan

Jika ayah bunda ingin memilih sekolah montessori, pastikan sekolah tersebut memang menggunakan kurikulum ini. Sebab, tak sedikit temui sekolah dengan label montessori, tetapi dalam perjalanannya ternyata sangat jauh berbeda. Teliti dulu, ya.

Pertimbangkan Lokasi Sekolah

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah lokasi sekolah tujuan. Apakah kita sanggup jika harus pulang pergi dengan jarak tempuh yang jauh? Atau justru sekolah dekat rumah adalah harapan kita?

Namun, untuk mengatasi hal ini, sekarang banyak sekolah yang juga menyediakan kelas daring. Sehingga anak-anak yang rumah berjauhan, tetap bisa mengikuti pembelajaran secara virtual.

kelas montessori toddler yang murah

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung adalah hal yang sangat penting. Tentu kita tahu, bahwa di dalam sekolah, anak-anak tidak hanya duduk manis (apalagi jika itu adalah toddler class atau bahkan baby class).

Sekolah dengan fasilitas yang lengkap, tentu memiliki nilai tambah. Ayah bunda juga bisa mempertimbangkan fasilitas ini dengan kebutuhan kita. Misal, kita ingin anak bisa berolahraga renang, maka memilih sekolah dengan fasilitas kolam renang masuk dalam checklist.

Rincian Biaya

Tahukah ayah bunda, jika biaya pendidikan anak-anak selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya? Dengan mengetahui besaran biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulan atau tahunnya, membantu kita dalam menyisihkan biaya pendidikan.

Sebaiknya memang memilih sekolah dengan biaya yang masuk dalam budget, ya. Karena jika tidak, justru hal ini bisa mengganggu kondisi finansial rumah tangga. Jangan salah. Sekarang banyak sekolah dengan biaya murah tapi kualitasnya jempolan!

Kualitas Tenaga Pengajar

Ketika anak berada di sekolah, tentu dia akan menerima informasi dan melihat apa yang para guru lakukan. Dengan demikian, tentu memilih sekolah dengan kualitas tenaga pengajar yang baik adalah hak setiap orang tua.

Untuk mengetahui hal ini, ayah bunda bisa datang langsung ke sekolah atau menanyakannya pada kerabat yang lebih dulu menyekolahkan anaknya di sana.
 

Albata, Where Sholih & Sholihah Begin

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih sekolah untuk toddler, apakah ayah bunda semakin bingung? Tentu saja ini adalah hal yang normal, sebab kita pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati.



Albata adalah jawaban untuk kebutuhan ayah bunda yang ingin menyekolahkan anak toddler.

Albata sendiri memiliki kelas khusus anak-anak bayi yang berdasarkan Qur'an dan Sunnah. Ditujukan untuk anak usia 1 - 3 tahun, dengan metode pembelajaran Fun Learning (Montessori-Based).

Kurikulum yang menjadi acuan sekolah ini, antara lain : tauhid, adab & akhlak, tartil (mengenal huruf hijaiyah), talaqqi (membiasakan mendengar Alquran), mengasah kemampaun sensorik motorik anak, dan english day.

Seperti yang tadi kita singgung, bahwa penting sekali untuk memilih sekolah yang sesuai dengan tujuan pendidikan keluarga. Jika kita lihat, kurikulum dan materi di Albata ini sangat memenuhi kebutuhan jiwa raga anak-anak.

Di mana tidak hanya mengasah kemampuan lahiriah saja, tetapi anak-anak juga diajarkan bertauhid sejak dini. Penyampaian kelas dengan cara fun learning tentu sangat cocok untuk anak.

sekolah albata

Apa yang dilakukan Albata memang sudah sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pengajarannya, yakni :

  • Membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa & mandiri sejak dini
  • Membangun peradaban Islami yang dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga
  • Mengembangkan mindset bahwa belajar itu menyenangkan

Benar. Albata tidak hanya menyediakan pop up class untuk para toddler, tetapi juga menyediakan baby class. Jangan khawatir, karena semuanya didampingi oleh tenaga pengajar yang berkualitas.

Jika ayah bunda ingin memasukkan si kecil ke Albata, tetapi terhalang jarak, tidak perlu berkecil hati. Sebab, si kecil tetap bisa mengikuti pembelajaran yang menyenangkan ini secara virtual.

Ya. Semua kebutuhan termasuk alat peraga untuk mendukung pop up class akan dikirimkan dengan aman ke rumah kita. Tentu saja juga ini sangat memfasilitasi orang tua yang memiliki keterbatasan waktu, bukan?

Tidak hanya itu, biaya pendidikan yang ditawarkan Albata juga sangat terjangkau. Setiap bulannya, ayah bunda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp299.000 ribu rupiah saja!

Biaya ini bisa digunakan untuk 4 kali pertemuan selama sebulan. Namun, belum termasuk biaya ongkir kirim paket learning kit, ya.



Bagaimana? Bukankah rasanya Albata adalah sekolah yang tepat jika kita bandingkan dengan tips memilih sekolah untuk anak tadi. Baik dari kurikulum hingga kualitas tenaga pendidik, Albata memberikan segala yang terbaik untuk kebutuhan anak.

Nah, jika ayah bunda ingin mencoba baby class, menikmati serunya pop class dengan biaya yang terjangkau dan sesuai dengan tujuan pendidikan keluarga, silakan hubungi kontak Albata yang tertera pada situs resminya.

Mari berikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak. Memilih sekolah untuk anak adalah salah jaminan untuk masa depan bagi si kecil di masa yang akan datang, termasuk ketika kita telah tiada.
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

34 comments for "Sedang Memilih Sekolah untuk Toddler? Sudah Kenal Albata?"

Yonal Regen June 18, 2023 at 10:08 AM Delete Comment
Udah lihat ke situs nya Albata, ternyata lumayan lengkap ya paket pendidikannya, dari toddler sampe remaja untuk yang program ngajinya. Apalagi menggunakan sistem montessori yang sedang banyak digandrungi para orang tua, pasti banyak yang suka nih
Lintang June 18, 2023 at 6:37 PM Delete Comment
Semua orang tua pasti pengen kasih pendidikan terbaik buat anak yah. Apalagi pendampingan ilmu agama. Albata ini komplit banget si menurutku. Apalagi udah based Montessori. Btw kalo baby class ntar emaknya yg online ya?
Phai Yunita S Wijaya June 19, 2023 at 3:16 PM Delete Comment
Biaya pendidikan untuk pop up class cukup terjangkau ya. Ada option kelas virtual pula, eh lengkap juga. Boleh ku share sama temenku ya info ini mbak.
Florensia_p June 19, 2023 at 7:54 PM Delete Comment
Pas banget nih abangku lagi cari referensi sekolah untuk toddler nya.
Ijin share ya mbaa 😇🙏🏻
Heni Hikmayani Fauzia June 20, 2023 at 5:52 AM Delete Comment
Sekolah untuk balita sekarang begitu banyak pilihan terima kasih mba artikelnya bisa untuk referensi memilih sekolah.
hallobia June 22, 2023 at 9:26 PM Delete Comment
Sekolah untuk balita sekarang udah banyak banget dan kurikulumnya juga beda beda. Sebagai orang tua, kita harus bisa menyesuaikan ajaran di sekolah dengan ajaran di rumah. Albata ini komplit banget sih. Keilmuam dapat, stimulus untuk anak agar berkembang juga dapat. Keren deh
Ainun June 24, 2023 at 8:45 AM Delete Comment
memilih sekolah untuk toddler susah-susah gampang, apalagi kalau lokasi kita di daerah. Biasanya ngikut ibu ibu yang lain, anaknya disekolahin kemana, ehh kitanya ikut-ikutan.
Ada yang memang dimasukkan dulu ke sekolah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah dan bersosialisasi
Dyah Kusuma June 24, 2023 at 10:56 AM Delete Comment
Pendidikan anak merupakan tanggung jawab orangtua, sehingga wajar ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk putra putrinya. Albata ini bagus ya, bisa jadi referensi untuk pilihan sekolah anak-anak, pendidikan berbasis Islam dan adop metode montessori juga
http://kakilasak.com/ June 25, 2023 at 7:03 PM Delete Comment
Wah, hebat nih Albata, memang jadi sekolah yang tepat unt anak. Kurikulumnya bgs, kualitas tenaga pendidik juga baik. Albata memberikan segala yang terbaik untuk kebutuhan anak. Setuju bgt
Amir June 29, 2023 at 8:26 AM Delete Comment
Berarti materi diajarkan kebanyakan bermain ya. Seru banget pokoknya. Dan pastinya permainannya pun disetting untuk menstimulais kecerdasan anak.
Bambang Irwanto July 3, 2023 at 6:34 PM Delete Comment
Albata bagus ini, karena pendidikannya sudah sesuai kurikulum. Terus selaras juga pendidikan agamanya. Terus kalau rumahnya jauh dari lokasi sekolah, bisa ikut kelas daring.
Deeva Collection July 3, 2023 at 7:08 PM Delete Comment
Mencari sekolah untuk anak memang tidak mudah meskipun sekolah atau tempat pendidikan banyak bertebaran. Sebagai orang tua perlu mempertimbangkan banyak hal termasuk.kelas yang tersedia. Seperti Albata memang bisa menjadi pilihan nih
Lintang July 4, 2023 at 2:56 PM Delete Comment
Nah iyaaa, di sini juga agak susah pak nyari sekolah yang Montessori tapi juga ada basic islamicnya. Kalopun ada mah jauh dari rumah. Untung Albata ini bisa online yhaa, jadi bisa gabung dari rumah.
Fenni Bungsu July 4, 2023 at 4:30 PM Delete Comment
Rekomen manis ini sekolah todler ini karena di kecil jadi bisa mulai beradaptasi dengan belajar di kelas ya, sehingga saat memasuki masa SD udah terbiasa
Nita July 4, 2023 at 4:36 PM Delete Comment
Wah Albata benar- bandar menjawab kebutuhan orang tua untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah muslim yang berkualitas namun dengan biaya yang tetap terjangkau. Apalagi metode Montessori yg digunakan adalah metode yg SDH sangat terkenal keunggulannya
Shinta Shyntako July 4, 2023 at 4:40 PM Delete Comment
anak saya ikutan les ngaji di Albata nih, lumayan sih fun cara belajarnya walaupun lewat online, jadi anak-anak happy belajarnya, plus tiap belajar dpt hasil progresnya dari gurunya
ANGGITA RAMANI July 4, 2023 at 7:51 PM Delete Comment
Kapan lalu sempat kepo Albata. Sayangnya lokasi agak jauh dari rumah. Padahal kalo dekat mau sekolahin anak TK di situ
Okti Li July 4, 2023 at 9:16 PM Delete Comment
Fasilitas pendukung pembelajaran cukup lengkap ya. Harga yang harus dibayarkan saya kira sepadan dengan hasilnya. Dan saya pikir para orang tua pun akan menempatkan anak belajar di tempat terbaik seperti Albata
Kyndaerim July 4, 2023 at 10:05 PM Delete Comment
Setuju nih, Mbak.. Pilih sekolah buat anak jangan asal, kudu ikutin poin² di atas juga dong. Dan Albata ini bisa jadi pilihan cakep buat toddler belajar pengetahuan dasar terutama agama, yah. Apalagi bisa belajar via virtual, jadi lebih gampil.
Dyah Kusuma July 4, 2023 at 10:41 PM Delete Comment
betul banget Pak, banyak hal yang harus dipertimbangkan selain dana, termasuk kurikulum juga
lendyagassi July 4, 2023 at 11:36 PM Delete Comment
Betul sekali.
Saat memasukkan anak ke sekolah, tentu ada banyak point yang kudu diperhatikan. Seperti lulusan tenaga pengajar. Ini penting karena guru adalah sumber informasi anak, baik dari pembelajaran ilmu hingga karakter. Dengan memilih bersekolah metode kelas montessori di Albata, semoga selain membiasakan karakter yang baik, sholi sholiha sesuai dengan ajaran Qur'an dan Sunnah.
Bunda Saladin July 5, 2023 at 12:18 AM Delete Comment
Semoga makin banyak cabang Albata ya jadi mommy2 yg ada si daerah bisa menyekolahkan anaknya di sana. Konsspnnya menarik banget montessori yg islami.
Didik Purwanto July 5, 2023 at 12:38 AM Delete Comment
Wah gmn caranya ya konsep bljr anak zaman now ini. Penasaran dgn metode pembelajarannya sih. Apakah dgn permainan di dlm CD tersebut? Kyknya si kecil bakal suka tuh kl dikasih permainan2 seru sambil belajar. Apalagi disertai pembelajaran budi bekerti berdasarkan Al Quran. Keren bgt bun.
Irra Octaviany July 5, 2023 at 1:30 AM Delete Comment
Pilih pendidikan dasar itu memang tidak boleh sembarangan, harus yang terbaik karena akan membentuk karakter anak ke depannya..
Eka FL July 5, 2023 at 2:32 AM Delete Comment
Albata ini sekolah online ya? dengan harga under 300k dan kurikulum based on montessory waah worthy it banget ya. mau deh kalau ada buat SD nya
Hastin Pratiwi July 5, 2023 at 3:13 AM Delete Comment
Ternyata ada ya pembelajaran online untuk toddler dan baby bagi mereka yang terkendala jarak untuk sekolah. Apalagi Albata didukung oleh metode fun learning dan tenaga pengajar berkualitas. Bisa coba kurekomendasikan untuk anak kerabat dekat, nih.
PeWe July 5, 2023 at 4:31 AM Delete Comment
Pendidikan sejak dini emang penting banget, seusia balita udah harus diisi otak dan akalnya dg hal yang positif. Apalagi abata ini lengkap sih ya menurutku
Yonal Regen July 5, 2023 at 5:23 AM Delete Comment
Materi pengajaran di Albata sepertinya sudah menyesuaikan dengan tingkatan usianya, ya. Jadi karena kelas toddler, pastinya sistem nya belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar
Luluk Sobari July 5, 2023 at 9:35 AM Delete Comment
Wah Albata ini sekolah Montessori Islam ya? Paket lengkap kalo gitu. Dan sesuai pengalaman saya yang pernah jadi guru, dulu selalu bermimpi bisa jadi guru di sekolah Montessori karena kagum sama kurikulumnya. Apalah daya tidak pernah kesampaian. Hehehe.
Happy July 6, 2023 at 10:29 PM Delete Comment
wah mantep banget ya ini kelas khususnya, pantes ya kualitas anak-anak jaman sekarang tuh makin mantep
Sabrina July 6, 2023 at 10:46 PM Delete Comment
wah mencari sekolah untuk anak-anak memang sangat penting mengetahui detailnya ya agar hasilnya berhasil mendidik anak anak kita, dan pastinya selain kualitas juga ada beebrapa hal lain yang wajib dpertimbangkan
Fera Marentika July 8, 2023 at 11:23 AM Delete Comment
nah pilah pilih sekolah untuk anak ternyata ga semudah itu yaa.. ada banyak pertimbangan, lokasi, biaya, fasilitas, tenaga pengajar, lamanya di sekolah, jemputan, catering dan sebagainya xD masih memikirkan, anakku mau dimasukin ke PG atau nanti langsung TK saja :D
Muhammad Rifqi Saifudin July 10, 2023 at 7:01 PM Delete Comment
Pendidikan untuk anak memang harus dipilih yang terbaik ya kak, apalagi buat toddler yang jadi fondasi untuk nanti pendidikan ke depannya
Nur Asiyah July 24, 2023 at 11:06 PM Delete Comment
Kenapa baru tahu sekarang aku.... Padahal Moenbi kemungkinan bakal cocok dengan Albata. Tapi bagaimana pun pendidikan anak memang yang utama dan banyak faktor yang mempengaruhi.