Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cabai Hiyung Bikin Makanan Makin Pedas Makin Nikmat!





Ada yang sama kayak aku, nggak? Kalau badan lagi kurang sehat atau pikiran lagi suntuk, pasti larinya ke makanan pedas? Meskipun bukan penyuka makanan pedas, tapi aku suka makan makanan yang “enak”.

Menurutku, beberapa makanan justru cuma menonjolkan pedas tapi kurang soal rasanya. Ada yang setuju? Oleh karena itu, untuk pilihan sambal aku selalu cari opsi terbaik. Nah kemarin pas lagi searching di internet aku menemukan info tentang Cabai Hiyung.

Adakah yang pernah mendengar nama Cabai Hiyung? Belum? Maka ini saat yang tepat untuk sedikit mengenal cabai yang jadi primadona olahan sambal.

Cabai Hiyung ini, merupakan cabai asli Indonesia! Cabai berkualitas ini berasal dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. Cabai Hiyung ini, mulanya hanya ditanam untuk kebutuhan rumah tangga saja.

Namun siapa sangka, jika ternyata Cabai Hiyung memiliki rasa yang unik dan membuat sambal menjadi lebih nikmat. Kemudian, Cabai Hiyung ini mulai ditanam secara masal di daerah asalnya.

Menariknya kawasan gambut desa setempat justru menjadi lahan yang cocok untuk pertumbuhan Cabai Hiyung yang subur. Hingga pada tahun 2014, warga setempat mulai membudidayakan Cabai Hiyung.

Yuk, mari kita lihat hal apa saja yang menjadikan Cabai Hiyung ini disebut-sebut sebagai cabai berkualitas untuk pembuatan sambal!


● Sensasi Rasa yang Unik

Rasa unik yang dimiliki Cabai Hiyung berasal dari kandungan zat capsaicin. Zat ini membuat rasa pedas yang unik ketika menyentuh lidah. Selain itu, Cabai Hiyung juga memiliki tingkat kepedasan dan sensasi hingga 94.500 ppm.

Tenang. Karena kadar capsaicin tersebut masih terbilang aman untuk dikonsumsi kok.

● Dibudidayakan dengan Cara Unik

Fakta unik selanjutnya adalah, Cabai Hiyung dibudidayakan dengan cara yang berbeda. Jika yang biasa teman-teman lihat, cabai dibudidayakan dengan cara ditanam pada tanah dan dipupuk saja, maka berbeda dengan Cabai Hiyung.

Sebab, Cabai Hiyung ini ditanam dengan menggunakan rumput mulsa. Untuk yang belum tahu, rumput mulsa ini merupakan rumput rawa.

Manfaat dari penggunaan rumput mulsa adalah mengurangi paparan sinar matahari berlebih pada tanaman Cabai Hiyung, membantu evaporasi tanah, menyuburkan tanaman dan menekan pertumbuhan gulma.

● Sudah Didaftarkan di Kementerian Pertanian

Jangan salah! Cabai Hiyung ini ternyata sudah terdaftar di Kementerian Pertanian Indonesia. Ya. Cabai berkualitas ini didaftarkan sebagai tanaman lokal Tapin, Kalimantan Selatan sejak 11 tahun yang lalu.

Untuk teman-teman yang ingin tahu, cabai ini terdaftar dengan nomor 09/PLV/2012.

Jadikan Sambal ABC Bukan Sambal Biasa




Dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan, menjadikan Cabai Hiyung cabai berkualitas asli Indonesia yang siap memanjakan lidah, dan ternyata Cabai Hiyung inilah salah satu rahasia kelezatan Sambal ABC!

Selain soal rasanya, Sambal ABC ini cocok dengan makanan apapun. Itulah mengapa, sambal kesukaanku ini jadi salah satu barang wajib tiap belanja bulanan :D. Karena cocok banget buat kuliner Indonesia kesukaanku

Apakah teman-teman sudah pernah mencoba kelima varian Sambal ABC? Banyaknya pilihan tersebut juga memudahkan kita memilih sambal sesuai selera. Seperti Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Pantas saja, Sambal ABC ini jadi pilihan nomor 1 keluarga Indonesia. Kalau penasaran lebih lengkapnya tentang Sambal ABC, cek link ini ya!

Sambal ABC bisa dibeli di toko terdekat kesayangan teman-teman. Jika kebetulan habis, maka teman-teman juga bisa dengan mudah mendapatkannya di Official Store Heinz Indonesia yang tersedia di berbagai marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada serta Blibli. Tunggu apalagi? Yuk, beli Sambal ABC dan rasakan nikmat pedasnya Cabai Hiyung yang khas tersebut!
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Cabai Hiyung Bikin Makanan Makin Pedas Makin Nikmat!"