Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop Low Budget Kemasukan Air Banjir? Tahan Banting, Nggak?

Pada awal tahun 2023, Semarang dilanda kebanjiran. Di berbagai daerah terkena banjir, bahkan sampai ke kawasan yang sebelumnya tidak pernah terdampak, termasuk tempat tinggalku.

Hulu sungai mengalirkan air lebih banyak dari biasanya dan datanglah banjir bandang itu di perumahan kami. Aku ada di sana menyaksikan dengan mata kepala, bagaimana air datang dengan cepat dan memporak-porandakan kediaman kami.



Rumah dan isinya rusak karena rendaman lumpur dan hantaman air yang sangat deras, juga tak sedikit barang yang hilang karena hanyut. Jumat sore itu, barang yang aku bawa hanya ponsel dan laptop. Dua benda yang aku gunakan untuk bekerja setiap harinya, sehingga menjadi reflek pertama yang muncul di otak.

Namun sayangnya, sekuat aku menjaga tas agar isinya tidak terkena air, ternyata sama saja. Laptop ini terendam air bahkan ada lumpur di bagian dalamnya. Rasanya aku tak lagi punya harapan.

Bagaimana tidak, tas ini benar-benar kemasukan air dan lumpur, bukan hanya cipratan. Aku sempat berpikir bahwa setelah ini tidak lagi bisa melanjutkan kehidupanku sebagai digital nomad.

Hidup Sebagai Digital Nomad, Aku Sangat Bergantung pada Laptop

Digital nomad adalah orang yang umumnya bekerja secara remote untuk sebuah perusahaan atau agency dan bekerja secara lepas. Guna menunjang pekerjaannya ini para digital nomad sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil dan perangkat yang tahan banting.



Sama halnya dengan aku. Sejak 2020 silam, menjadi digital nomad adalah pekerjaan baru yang ku jalani setelah menjadi seorang ibu. Di tahun ini, aku dan suami masih belum punya laptop. Suami bekerja menggunakan laptop kantor dan aku menggunakan PC yang ada di rumah.



Lalu di tahun 2021, dengan menggunakan tabungan, akhirnya terbelilah satu laptop yang sampai hari ini masih kami gunakan secara bergantian sampai hari ini. Namun, sepertinya aku yang paling banyak menggunakannya, karena suami pekerja kantoran dan ada laptop yang bisa dibawa pulang.

Saat itu tabungan kami hanya cukup untuk membeli ASUS X415. Setelah membandingkan beberapa laptop pada range harga yang sama, jatuhlah keputusan untuk membeli laptop ini. Tentu saja kami mempertimbangkan berbagai hal sebelum membelinya.

 

Mampukah ASUS X415 Memenuhi Kebutuhan Pekerjaan Digital Nomad?

Suamiku lebih paham teknologi, sehingga dia mempertimbangkan betul fitur apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan kami. Salah satu alasannya adalah karena apa yang masing-masing kami butuhkan itu berbeda.

Ketika aku kirimkan foto kondisi ketinggian air, dia pun sudah pasrah jika laptop ini tidak bisa diselamatkan lagi. Di hari Sabtu, sehari setelah kebanjiran, kami belum berani menyalakan laptop. Sebab dilihat saja sudah sangat basah dan berlumpur.



Yang pertama suamiku lakukan adalah menganginkannya di depan kipas angin sepanjang waktu selama beberapa hari. Sejujurnya kami pun tidak tahu apa yang harus dilakukan saat itu. Karena membawa ke service center pun rasanya tak mungkin jika melihat kondisi laptop.

Beberapa hari setelahnya, suami mencoba mencoba membongkar dan menyalakan. Alhamdulillah bisa, tapi segera dimatikan lagi, khawatir terjadi konslet di dalamnya.

Tak menunggu lama, dia segera menghubungi salah satu service center ASUS terdekat. Gayung bersambut, suami diminta untuk langsung membawa laptop ini ke sana agar bisa segera dicek.

Kondisi Dapur Pacu ASUS X415 yang Kena Banjir

Jika dilihat, laptop ini memang benar-benar terendam dalam air banjir yang berlumpur dan berada dalam keadaan basah - lembab selama beberapa hari. Namun ternyata masih bisa digunakan sampai saat ini. Masya Allah, ya.

Aku saat ini pun masih takjub, bagaimana bisa laptop ini bertahan dengan kondisi yang seperti itu. Namun setelah mencari tahu lebih banyak tentang laptop ini, aku justru semakin takjub. Karena tidak menyangka, jika laptop ringkas dan ringan ini ternyata sangat handal dan tangguh.


Dukungan Windows 11

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Hadirnya Windows 11 pada ASUS X415 ini memang sangat menguntungkan pekerja kantoran maupun digital nomad yang memang sulit lepas dari laptop. Berbagai fitur yang dibawa sistem operasi ini, tentunya memberikan dukungan maksimal untuk menjaga dan meningkatkan produktivitas.

  • Fitur Snap Layouts Mudahkan Multitasking
Sebagai pekerja digital, aku sangat membuka banyak window saat bekerja. Karena untuk menyelesaikan satu pekerjaan, biasanya aku butuh tampilan untuk dokumen, edit foto video dan data-data penting lain yang dibutuhkan.

Dengan adanya fitur snap layouts ini, sangat memudahkan saat harus mencari window tertentu. Bye-bye atur-atur manual, yaa :D
  • Aplikasi Android Pun tetap Jalan
Berbagai aplikasi Android dapat teman-teman temukan pada Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store.

Setelah diunduh, nantinya aplikasi bisa disematkan pada taskbar untuk disandingkan dengan aplikasi lain.
  • Dukungan Fitur HDR Mode
Auto HDR atau HDR Otomatis adalah teknologi yang secara otomatis meningkatkan visual konten game tanpa user inputs.

Windows 11 akan secara otomatis mengenali monitor yang didukung HDR dan meningkatkan warna game yang dibuat di DirectX 11 atau lebih tinggi dengan peningkatan jangkauan dinamis.

  • Visual Elegan Minimalis
Interface pada Windows 11 memang sangat minimalis dan elegan. Tampilan yang segar dan tidak monoton ini juga cukup memudahkan para pengguna untuk icon bar, task bar, dan tools lainnya.

  • Fitur Direct Storage
Keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari fitur ini adalah gamers akan mendapat kemudahan ketika memainkan game pada laptop.


Prosesor Tangguh, Kerja Maksimal dengan Laptop Ringkas

Begitu laptop ini datang ke rumah, yang aku kagumi pertama kali adalah ukurannya yang ringkas. Namun, ternyata bukan itu saja keunggulannya. Aku bukanlah orang yang begitu mengerti tentang spesifikasi gadget. Sehingga, ketika aku bertanya dan dijelaskan oleh suami, diapun menjelaskan dengan memberikan contoh langsung.

Seperti ketika aku bertanya tentang prosesor laptop ini. Prosesor yang digunakan pada seri ini adalah 11th Gen Intel(R) Core(TM) i3-1115G4 @ 3.00GHz. Apa ini? Hahahaha …

Jadi, intinya, teknologi inilah yang membuat pekerjaan kita bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien. Karena setelah menggunakannya beberapa tahun, laptop ini memang belum menunjukkan tanda-lama lemot yang kacau :D

Core i3-1115G4 ini adalah prosesor untuk laptop dengan arsitektur Tiger Lake-UP3 yang dirancang khusus untuk penggunaan kantoran. Dari segi kompatibilitas, ini adalah prosesor untuk soket FCBGA1449 dengan TDP 28 Watt dan suhu maksimum 72 °C. Ini mendukung memori DDR4.

Performa ini juga didukung dengan kemampuan grafis yang tak kalah mumpuni. Dibekali dengan NVIDIA® GeForce® MX330. NVIDIA sendiri adalah perusahaan teknologi yang secara khusus dibuat untuk memberikan peningkatan pada kemampuan grafis laptop.



Kemampuan grafis ini bisa kita lihat dari seberapa cepat laptop bekerja saat digunakan untuk mengedit foto, mengedit video hingga saat digunakan untuk menjalan gim. Nah, jadi bisa dibayangkan, ya. Bagaimana kualitas performa laptop ini.

Menariknya lagi adalah, bahwa salah satu prosesor yang banyak menggunakan GeForce MX330 ini adalah Intel Core i3-1115G4!

Gimana? Kombinasi yang pas banget, kan? Tidak hanya sat set saat digunakan untuk menyusun artikel, tetapi juga tetap ngebut ketika digunakan membuat konten grafis lainnya.

Kapasitas RAM

Laptop ini memiliki kapasitas RAM mencapai 16 GB DDR4. Nah, apa sih yang dimaksud dengan DDR4? Jadi, DDR4 ini sebenarnya adalah generasi keempat dari teknologi DDR. Selain kapasitas penyimpanan mencapai 16 GB, DDR4 ini juga memiliki tingkat transfer data yang lebih cepat, kapasitas yang lebih besar, dan voltase lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Adanya kapasitas RAM yang besar ini, sangat berpengaruh terhadap kinerja prosesor. Semakin besar, tentu prosesor dapat bekerja lebih optimal. Itulah kenapa, laptop ini sangat bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai jenis pekerjaan.


Luasnya Ruang Penyimpanan, Store More Do More

ASUS X415 memiliki desain penyimpanan ganda yang memberikan kita jaminan performa yang sangat cepat sekaligus ruang penyimpanan yang besar.

SSD membuat response time menjadi lebih singkat. Sedangkan HDD memberikan ruang yang luas untuk menyimpan berbagai data, baik itu konten foto, video bahkan film-film kesayangan.

Hal menarik lainnya adalah, bahwa ASUS X415 ini juga didukung teknologi Intel® Optane™memory sehingga aplikasi dimuat lebih cepat dan multitasking terasa lebih lancar. Meskipun sifatnya opsional, tetapi Intel® Optane™ memory sangat layak dipertimbangkan.

Sebab jika ingin mendapatkan pengalaman performa yang semakin mengagumkan, memang kita harus memperhatikan berbagai bagian dalam satu rangkaian ini, salah satunya adalah storage. Pilihan untuk menggunakan Intel® Optane™ ini memang untuk meningkatkan kemampuan storage ketika dirasa sudah mulai melemah.


Tampilan Layar Luas

Nah ini adalah salah satu bagian yang membuatku merasa sangat nyaman bekerja berjam-jam. ASUS X415 ini memiliki ukuran layar yang luas. Untuk membuat konten grafis, ini menjadi pengalaman yang memuaskan.

Di laptop seri ini pun, ASUS tetap menggunakan layar NanoEdge, yaitu layar dengan bingkai atau bezel yang tipis, jadi ukuran rasio dari layar ke bodi lebih besar. Ukuran rasio layar ke bodi untuk ASUS X415 ini sebesar 82%. Rasio ini memang terbukti memberikan pengalaman visual yang lebih dalam, baik saat digunakan menonton, bermain gim dan tentu saja bekerja.



Panel FHD yang lebar juga telah dilengkapi lapisan anti-silau untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan akibat silau dan pantulan yang mengganggu.

Portabilitas Unggul, tetap Nyaman Kerja Kapan Saja

ASUS X415 ini juga memberikan portabilitas terbaik, sehingga sangat cocok untuk kita dengan mobilitas tinggi. Dengan berat hanya 1.5 kg, laptop ini masih sangat nyaman saat dibawa bepergian.

Yang juga aku rasakan ketika beberapa kali mengungsi dan harus pergi bersama toddler sekaligus laptop ini, memang tidak memberikan beban tambahan ya. Bahkan menurutku juga cukup enteng.



Dukungan lain juga diberikan dari keyboard. Bagiku yang sering bekerja di malam hari dengan pencahayaan ala kadarnya, inovasi backlit keyboard sangat bisa diandalkan. Karena keycaps tetap bisa terlihat dengan jelas. Ini juga akan membantu saat bekerja di tempat lain, seperti cafe, misalnya.

Sedangkan untuk tambahan keamanan, ASUS X415 ini telah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang ada pada touchpad.


Terhubung Kapan Saja

ASUS X415 dilengkapi dengan port USB-C® 3.2 yang dapat dibalik, menampilkan desain apa pun yang membuat menghubungkan perangkat semudah mungkin. Ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dibandingkan koneksi USB yang lama.

Port lainnya adalah USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan pembaca kartu micro SD — sehingga Anda dapat dengan mudah menyambungkan semua periferal, layar, dan proyektor Anda tanpa kerumitan.

Namun, untuk koneksi micro SD, ASUS hanya menyediakan di beberapa tipe tertentu saja. Jadi, mungkin juga tidak ada di semua pasar.



Peningkatan Perlindungan

ASUS X415 ini juga dilengkapi dengan E-A-R® HDD yang berfungsi untuk melindungi data kita dari berbagai benturan. Selain itu, bagian sasis juga diperkuat guna meningkatkan aktivitas pengetikan serta memungkinkan kita untuk membuka dan menutup cover hanya dalam satu gerakan halus. Fitur pelindung ekstra tersebut, adalah :


E-A-R® HDD

Untuk benturan, HDD umumnya memang lebih lemah jika dibandingkan SSD. Hal ini dikarenakan bagian dalam HDD masih menggunakan piringan cakram magnetik, sedangkan SSD telah menggunakan chip flash sehingga SSD jauh lebih tahan benturan atau getaran.

Keuntungan ini juga sangat aku rasakan. Bepergian dengan cukup intens dengan sepeda motor tentu sangat erat dengan guncangan. Apalagi saat kabur dari perumahan ketika air sungai mulai naik hahaha (nggak tau ketiban apa aja tasnya).

Alhamdulillah masih bisa dipakai sampai sekarang, ya.

Reinforced Chassis

Saat dateline sudah di depan mata, pasti kecepatan mengetik akan bertambah ratusan kali lipat dan seketika hafal semua letak huruf - simbol :D

Nah, yang membuat keyboard dan touchpad tetap stabil saat digunakan ngebut adalah karena ada penahan logam yang berada di bawah keyboard. Chassis yang kokoh tentu menguatkan engsel dan melindungi berbagai komponen di dalamnya.

Reinforced Lid

Untuk keamanan ini, logam penahan berada pada bagian belakang layar yang berguna untuk melindungi laptop dari benturan. Keuntungan lain dari adanya logam pelindung ini adalah membuat engsel, cover dan layar menjadi lebih kokoh.

Untuk melihat kinerjanya, teman-teman bisa melihat kestabilan layar saat digunakan mengetik dengan mode ngebut, ya. Karena layar tidak akan goyang.



Yang Terbaik ASUS

Integrasi MyASUS

Integrasi ini menggunakan My ASUS untuk terhubung pada ponsel kita. Mengirim file dari PC ke telepon, menerima atau melakukan panggilan telepon tanpa perlu menggunakan ponsel secara langsung, membaca pemberitahun dari pop-up, dan juga berbalas pesan. Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakan Remote File Access, ketika sedang berada jauh dari tempat kerja, loh.

ASUS Peduli Lingkungan

Ada yang udah tau soal ini? Aku sendiri baru tau sih, hahaha. Jadi, aksesori box ini, bisa kita fungsikan sebagai dudukan laptop yang berguna untuk peningkatan ekologi instan! Selain itu, ASUS juga sudah memastikan jika produknya telah memenuhi persyaratan lingkungan di semua tahap siklus hidup. Energy Star® 7.1 dan dinilai oleh EPEAT™ Gold sebagai sertifikasi bagi ASUS X415 ini hemat energi untuk membantu mengurangi biaya dalam jangka panjang.


Laptop Terbaik Versiku, My Honest Review

Kalau saat ini ditanya apa laptop terbaik versiku? Tentu dengan bangga dan lantang, dia adalah ASUS X415. Tentu saja karena aku menjadi saksi bagaimana tangguhnya dia.

Sejujurnya, di awal aku hanya memiliki gambaran abstrak tentang “laptop tahan banting”. Namun setelah melihat bagaimana laptop ini tetap bertahan sampai saat ini, aku sangat berterima kasih pada ASUS telah membuat laptop sekuat ini.



Setiap dari kita, punya versi yang berbeda. Namun untukku yang dua kali kebanjiran dan selalu membawa laptop ini, rasanya tak ada definisi lain untuk menjelaskannya. Harganya memang cukup terjangkau, tapi bagiku, laptop ini sangat berharga.

Aku merasa cukup bahkan sangat puas dengan apa yang diberikan ASUS X415 ini padaku, selama ini. Ketangguhannya tidak hanya terlihat pada perangkat kerasnya saja, tetapi juga pada berbagai software yang sampai saat ini tidak menunjukkan kemunduran fungsi.



Untukku yang bekerja sebagai digital nomad, ASUS X415 ini memberikan dukungan yang luar biasa, baik untuk kebutuhan dokumen hingga olah grafis.

Easy portability. Effortless productivity

Laptop ini memang memberikan banyak kemudahan. Jadi antara Januari - Maret, aku cukup sering pergi, mulai dari menghindari hujan, ngekost sampai mengungsi dan laptop ini selalu ikut.

Untuk portabilitas tentu tidak perlu diragukan lagi, karena sangat ringkas dan ringan. Sehingga memudahkan aku untuk tetap bisa produktif di mana saja, termasuk saat mengungsi selama seminggu di sebuah sekolah. Benar. Saat mengungsi pun aku masih bekerja, ya.

Banjir memang seolah telah menghentikan sebagian duniaku sebagai seorang digital nomad, tetapi memiliki ASUS X415 ini pun menghidupkan duniaku yang lain.

Terima kasih, ya, sudah bertahan sejauh ini. Mari kita panjangkan mimpi bersama lagi.






https://www.adventurose.com/2023/08/blog-writing-competition-laptop-asus-terbaik-versi-gue.html
https://www.nvidia.com/en-gb/geforce/gaming-laptops/mx-330/
https://www.jagatreview.com/2018/04/intel-optane-dengan-prosesor-generasi-ke-8-kini-akselerasi-semua-drive/
https://www.fortuneidn.com/tech/eko-wahyudi/ada-pembaruan-berikut-7-keunggulan-windows-11-dibanding-windows-10
https://www.adventureinyou.com/gear/best-laptop-for-digital-nomads/
https://technical.city/id/video/GeForce-MX330#:~:text=NVIDIA%20memulai%20penjualan%20GeForce%20MX330,dirancang%20khusus%20untuk%20para%20gamer
https://www.asus.com/laptops/for-home/all-series/asus-x415-11th-gen-intel/techspec/
https://www.asus.com/laptops/for-home/all-series/asus-x415/
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for " Laptop Low Budget Kemasukan Air Banjir? Tahan Banting, Nggak?"