Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Manfaat Aplikasi Absensi Online Hingga Rekomendasi Software Absensi

Masuk di era digital, manfaat aplikasi absensi online tentu dirasakan oleh berbagai pihak. Baik dari para karyawan maupun manajemen perusahaan, akan mendapatkan manfaat masing-masing.

Saat ini, sudah mulai banyak lembaga pemerintahan maupun swasta yang juga telah beralih ke aplikasi absensi online. Tentu kita semua juga paham, jika dengan menggunakan absensi manual cenderung menyebabkan terjadinya banyak kesalahan.

aplikasi absensi
 
Karena, aku sendiri pun sempat merasakan hal ini. Dulu ketika masih jadi karyawan, tempat kerjaku masih menggunakan kertas absensi manual :’) Padahal, hampir sebagian besar dari kami sudah merasakan imbas dari hal ini.

Aku pernah memberi saran ke pemilik usaha, untuk beralih ke aplikasi absensi online sebab ini tentu lebih akurat dan menguntungkan bagi kedua pihak. Namun gayung tidak bersambut. Saran itu ditolak dan hanya berakhir menjadi candaan disebabkan “biaya” yang dikhawatirkan akan membengkak.

Lalu, apakah seharusnya para pegiat usaha juga perlu beralih menggunakan aplikasi absensi online? Sebelum pertanyaan ini terjawab, yuk kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat aplikasi absensi online, ini!

manfaat aplikasi absensi online

9 Manfaat Aplikasi Absensi Online

Akses Mudah

Manfaat aplikasi absensi online yang pertama adalah dari segi karyawan terlebih dahulu. Karena absensi online ini umumnya bisa diakses menggunakan ponsel, maka karyawan akan lebih mudah dalam proses pengisian data.

Tidak perlu lagi berdesak-desakan!

Proses Administrasi Lebih Cepat

Sedangkan untuk pihak perusahaan, manfaat aplikasi absensi online adalah membantu dalam penyusunan rekap data kerja karyawan. Hal ini dikarenakan, di dalam aplikasi absensi online, sudah dilengkapi dengan data-data yang dibutuhkan, seperti jum;ah cuti hingga durasi jam lembur.

Menekan Praktek Kecurangan

Mengisi daftar kehadiran dengan kertas manual, tentu potensi kecurangan sangat besar. Bahkan, di tempat kerjaku dulu, ada yang terang-terangan memalsukan jam kedatangan dan jam pulangnya :’)

Dengan adanya aplikasi absensi online, data yang dimasukkan karyawan akan langsung diolah dan disimpan oleh software.Tentu saja ini manfaat aplikasi online yang paling utama dan paling penting :D

Pedoman Penggajian

Karena software absensi sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk jam lembur, seperti yang disebutkan tadi. Maka manfaat aplikasi online bagi pihak perusahaan adalah, juga bisa menjadikan aplikasi absensi tersebut sebagai pedoman penggajian bulanan karyawan.

Biaya Terjangkau

Jika dibayangkan, harga aplikasi atau software absensi ini memang cukup mahal. Namun, ternyata biaya yang mungkin akan kita butuhkan untuk perawatan, terbilang jauh lebih murah. Selain itu, perangkat yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi absensi online juga lebih sederhana.

Keunggulan Aplikasi GajiHub, Aplikasi Absensi Terbaik Milik Anak Bangsa

keunggulan aplikasi gajihub

Sertifikasi Kominfo dan ISO 270001

Keunggulan aplikasi GajiHub yang pertama adalah adanya Sertifikasi ISO 270001. Ini menunjukkan jika software GajiHub sudah sesuai dengan standar internasional, khususnya berkaitan dengan sistem manajemen keamanan data pengguna.

Tentu teman-teman juga pernah mengikuti, berbagai situs yang diblokir oleh pemerintah karena tidak terdaftar sebagai penyelenggara elektronik. Lain halnya dengan GajiHub, karena dia sudah terdaftar sebagai perusahaan penyelenggara sistem elektronik!

Data Real Time

Ketika tahu GajiHub ini bisa menyajikan data secara real time, aku salut, banget! Bagaimana tidak, sebab aplikasi absensi online GajiHub ini menggunakan titik koordinat GPS sebagai lokasi, kemudian juga ada fitur foto diri untuk dilakukan pendeteksian wajah!

Hayoo, siapa yang suka isi data kehadiran dengan nakal? :D

Integrasi Sistem Payroll

Siapa yang suka pusing menjelang hari gajian?

Dengan adanya integrasi payroll GajiHub ini, teman-teman akan dibantu mengurangi beban pekerjaan. Karena data yang dibutuhkan untuk penggajian, sudah disajikan dengan lengkap, baik data lembur, kehadiran kerja dan hingga cuti.

Dilengkapi Abuse Detection

Adakah yang tahu tentang teknologi abuse detection? Abuse detection adalah sebuah teknologi yang mampu mendeteksi penggunaan fake IP hingga fake GPS! Dengan demikian, aplikasi GajiHub juga turut aktif dalam menekan tindak kecurangan dalam lingkungan kerja.

Fitur Lembur dan Jam Kerja

Bekerja di perusahaan, tentu sangat sensitif jika berurusan dengan jam lembur dan kehadiran kerja, karena keduanya sangat mempengaruhi besaran gaji yang didapat.

Melalui fitur jam lembur dan kehadiran, GajiHub akan memberikan kemudahan pemantauan kehadiran yang langsung terintegrasi dengan sistem payroll GajiHub. Sedangkan fitur jam lembur sendiri, akan sangat membantu jika teman-teman adalah manajemen dalam mengatur jam kerja dengan cara shifting.

Mengingat sudah lebih dari 5000 pengguna aplikasi GajiHub ini, rasanya kita juga tidak perlu ragu untuk menggukanannya sebagai software absensi di tempat usaha teman-teman. Ada nomor layanan pelanggan maupun alamat surel yang bisa dihubungi untuk mendapat informasi lebih lengkap.

Saatnya Gunakan Aplikasi Absensi Online untuk Iklim Kerja yang Sehat

Dari apa yang pernah aku rasakan terkait dengan sistem absensi yang masih menggunakan cara manual (isi daftar dengan tulisan), ini bukanlah metode yang tepat dan tentu saja memiliki banyak kelemahannya.

Dengan menggunakan aplikasi online, khususnya dari GajiHub ini, kita sebagai karyawan juga akan mendapatkan hak sesuai dengan porsi kerja kita. Jadi, tidak ada karyawan atau pekerja yang merasa dicederai haknya oleh petinggi perusahaan maupun pihak HR.


aplikasi absensi oline gajihub

Kemudian dari sisi manajemen usaha sendiri, juga akan merasakan manfaatnya. Karena mulai dari proses rekap administrasi kehadiran, upah dan sebagainya tentu lebih mudah dan cepat. Karena data sudah tersaji dengan lengkap dan detail.

Kemudian, adanya integrasi data juga memberikan petunjuk bagaimana kinerja kehadiran karyawan tersebut setiap bulannya. Selain itu, secara budget, tentu menggunakan aplikasi online lebih terjangkau.

Sebab, ketika menggunakan software absensi, kita hanya butuh membeli perangkat (PC) dan menggunakan jaringan internet yang stabil. Ya, karena pembelian software ini hanya dilakukan sekali, dan biaya perawatan jika terjadi kendala pun, tidak semahal jika menggunakan mesin tertentu.

Baiklah, rasanya cukup sampai di sini informasi mengenai manfaat aplikasi absensi online hingga rekomendasi software absensi yang bisa teman-teman coba. Selamat mencoba dan merasakan mudahnya cara hitung PPh 21 dengan GajiHub, ya!
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Ini Manfaat Aplikasi Absensi Online Hingga Rekomendasi Software Absensi"