Nimas

Langkah Mudah Mengatasi Rambut Mengembang

12 comments
cara mengatasi rambut mengembang



Selain rambut rontok, salah satu masalah yang juga dialami sebagian besar perempuan adalah bagaimana mengatasi rambut mengembang. Rambut mengembang ini biasanya memang memiliki kecenderungan rambut kering.

Selain itu, faktor-faktor perawatan seperti meluruskan juga bisa menyebabkan rambut mengembang, jika tidak dirawat dengan baik.

Meskipun tidak terlalu mengganggu, tapi rambut mengembang jika tidak disiasati juga akan mengganggu penampilan, kan? Sebelum berbagi tips, ada baiknya kita ketahui dulu, apa sih, penyebab rambut mengembang ini?

Penyebab Rambut Mengembang

Rambut Kering

Seperti yang sebelumnya, salah satu ciri rambut mengembang biasanya cenderung kering. Analoginya sama dengan tanah kering nan tandus, deh. Rambut kering ini juga bisa terjadi karena terlalu sering meluruskan rambut, asupan vitamin dan perawatan yang kurang memadai.

Suhu Terlalu Panas atau Dingin

Berada di suhu yang ekstrim, juga bisa membuat rambut mengembang, loh! Panas matahari yang terlalu menyengat, bisa membuat rambut lebih kering dan sebaliknya, suhu yang terlalu dingin membuat rambut kusam dan kusut.

Sering Mencuci Rambut

Tau, kan, kalau rambut kita punya pelembab alami? Nah, ketika kita sering keramas, maka minyak alami ini juga akan ikut hilang.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mungkin ini salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan kaum hawa hohoho. Ingat ya ladies, mengikat terlalu kencang itu bisa merusak rambut.



6 Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Setelah mengetahui penyebab rambut mengembang, kini kita ulas solusi untuk mengatasinya, ya. Baca dengan seksama yaaa, supaya prakteknya nanti makan lancar :D

Gunakan Masker Rambut atau Minyak Rambut

Karena rambut kehilangan pelembab alaminya, maka tugas kita adalah kembali melembabkan. Teman-teman bisa menggunakan produk pabrikan atau membuat minyak rambut sendiri.

Selektif Memilih Model Rambut

Tau nggak, sih, kalau nggak semua model potongan rambut itu cocok untuk “si rambut mengembang”? Model yang bisa kita pilih adalah potongan yang pendek atau membiarkannya panjang sekalian.

TIdak perlu memilih potongan yang terlalu berlebihan seperti layer, karena bisa jadi menyebabkan penumpukan rambut.

Gunakan Shampo Yang Melembutkan dan Melembabkan

Banyak produk shampo yang mengandung pelembab, tapi teman-teman juga bisa mempertimbangkan shampo dengan kandungan Hydrolyzed Keratin dan Micro Smoothing Partikel.

Kedua kandungan ini akan membantu melembabkan sampai lapisan rambut kesepuluh, loh!

Rajin Menggunakan Kondisioner

Penggunaan kondisioner akan terasa jika kita menggunakannya secara rutin. Cobalah memilih kondisioner yang mengandung keratin, sebab kandungan ini bisa membantu melapisi rambut yang kusut.

Keringkan Rambut Dengan Benar

Siapa, nih, yang suka menggosok-gosok rambut dengan kuat ketika mengeringkannya? Yuk hindari kebiasaan ini ya. Kita cukup menepuk-nepuknya dengan perlahan, kok.

Ah, untuk handuk, teman-teman juga bisa menggunakan handuk berbahan microfiber ya. Karena serat pada bahan ini, membantu penyerapan air lebih cepat.

Coba Teknik Twisting atau Plopping

Teknik twisting adalah teknik melilit rambut, yang biasanya banyak digunakan pada rambut panjang. Caranya dengan membagi rambut menjadi dua bagian, dan melilitnya secara terpisah lalu menyatukannya kembali.

Sedangkan teknik plopping adalah untuk rambut keriting. Cara plopping adalah dengan membungkus rambut dengan handuk, lalu menggulungnya seperti biasa.

Teknik twisting dan plopping, keduanya adalah cara lain untuk mengeringkan rambut, selain ditepuk-tepuk.

Source : pitapitapit.blogspot.com



Dari semua tips untuk mengatasi rambut mengembang, kalau nggak diikuti dengan perawatan rambut lainnya tentu hasilnya kurang memuaskan ya. Nah, yuk mulai aware sama kondisi rambut kita. Berhijab atau tidak, rambut kita layak dirawat dengan baik.

Cerita yuk, gimana sih, pengalaman teman-teman mengatasi rambut mengembang?
Nimas Achsani
Blogger, content writer dan penulis buku. Tertarik dengan dunia pernikahan, psikologi, pendidikan dan finansial. Menulis bukan sekadar merangkai kata, namun juga menciptakan kenangan dan menebar manfaat.

Related Posts

12 comments

  1. Nah ini anakku rambutnya kering, kusut dan mengembang. Kalo bangun tidur apalagi, jadi kayak rambut singa hehe... makasih ya buat tipsnya

    ReplyDelete
  2. Nah bener bangeett mba
    Apalagi, buat perempuan berhijab.
    PR banget deh buat selalu memastikan rambut dalam kondisi sehat dan paripurna.

    ReplyDelete
  3. Bangun tidur bangga banget pas lihat kaca rambut kita mengembang. Apalagi kalau lagi aktivitas

    ReplyDelete
  4. Wah, aku banget tuh yang kalo abis keramas suka digosok kenceng2 biar cepet kering hahahaha
    Iya nih buat rambut yang suka mengembang harus rajin pake conditioner dan hair mask yaaah

    ReplyDelete
  5. Mba, aku tuh termasuk sering mencuci rambut. Teryata ini bisa juga ya jadi penyebab rambut aku mengembang. Idealnya jeda cuci rambut tuh gimana ya ?

    ReplyDelete
  6. Kalau aku memang rambutnya mengembang dari kecil nih hehe.... tapi malah asyik jadi kelihatan selalu tebal xixixi. Untuk mengurangi memang saya pakai conditioner aja.

    ReplyDelete
  7. Rambut itu mahkota ya mbak, harus dirawat sebaik mungkin agar tetap sehat. Kadang kita suka abai untuk masalah rambut, terutama bagi yang berhijab, termasuk saya. Cuma dikeramas aja tanpa dirawat dengan konditioner atau minyak lainnya, akhirnya sering rontok. Terimakasih tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada Teknik Twisting atau Plopping untuk mengeringkan rambut.
    perlu dicoba nih biar cepet kering :D

    ReplyDelete
  9. Yaaa....rambut aku banget nih. aku coba ah teknik mengeringkan rambut ini. soalnya biasa gosok2 kepala utk keringkan rambut.

    ReplyDelete
  10. Rambutku juga tipe mengembang nih. Makanya tiap habis shampo-an, selalu pake conditioner dan nanti saat setengah kering pake essence untuk rambut. Selain wangi, rambut jadi lembut dan enggak ngembang.

    ReplyDelete
  11. Rambutku tipis, hiiks~
    Tapi iyaya, dengan merawat rambut secara teratur dan baik membuat rambut sehat dan tidak bermasalah.

    Baca teknik plopping, sepertinya cocok diterapkan di rambut anakku.

    ReplyDelete
  12. Wah cocok nih buat rambutku
    Kalau kering langsung mengembang
    Padahal sudah digunting bagian dalam supaya menipis
    Tetap saja mengembang
    Mau coba teknik ini ah

    ReplyDelete

Post a Comment